HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

Mengapa Wajah Orang yang Rajin Sholat Tahajud Paling Bagus? Ini Penjelasannya

Allah telah berfirman, “lambung mereka jauh dari tempat tidurnya. ” (as - sajdah: 16)

nabi saw bersabda, “laksanakanlah shalat malam, karna shalat malam itu menggambarkan kerutinan orang - orang shalih saat sebelum kamu, menggambarkan qurbah (mendekatkan diri) kepada rabb kamu, menggambarkan ampunan untuk kesalahan - kesalahan dan juga pencegah dari dosa. ” (diriwayatkan at - tirmidzi)

hadist - hadist yang membicarakan tentang keutaman shalat malam amat banyak. al - hasan al - bashri mengatakan, “saya tidak memperoleh sedikit juga dari ibadah yang lebih berat daripada shalat di tengah malam. ”

terdapat seorang bertanya kepadanya, “mengapa muka orang - orang yang giat shalat tahajjud amat bagus? ” ia menanggapi, “karena mereka suka menyendiri dengan ar - rahman (allah) , kemudian ia membagikan sebagian dari cahaya - nya kepada mereka. ”

faktor - faktor yang dapat menolong bangun malam
benar bangun di tengah malam itu tidaklah masalah yang gampang, kecuali orang yang telah diberi taufiq buat bangun malam sekalipun dengan cara - cara yang sangat simpel. faktor - faktor yang dapat menolong buat bangun malam ini terdapat yang zhahir dan juga terdapat yang batin. faktor - faktor yang zhahir merupakan:

jangan sangat banyak makan. sebagian ulama mengatakan, “hai orang - orang yang menghendaki jalur kepada allah, janganlah kamu makan banyak, sampai - sampai minum banyak dan juga tidur banyak, kemudian penyesalan kamu juga banyak. ”
jangan membebani diri dengan pekerjaan - pekerjaan yang berat lagi banyak.
jangan meninggalkan kerutinan tidur siang, karna tidur siang dapat menolong bangun malam.
jangan berselimut.

ada juga faktor - faktor batin yang dapat menolong buat bangun malam merupakan:

mensterilkan hati buat tidak menganggu sesama orang muslim, mensterilkan hati dari bid’ah dan juga berpaling dari urusan - urusan keduniaan yang sifatnya cuma aksesoris.
ketakutan di dalam hati karna terasa harapannya hendak pupus.
mengenali keutamaan shalat malam.
yang amat berarti merupakan kecintaan kepada allah dan juga ketakutan iman, dengan sesuatu kepercayaan kalau apabila ia shalat malam, berarti ia bermunajat kepada allah, merasakan kehadiran - nya, sampai - sampai buatnya buat selalu bermunajat kepada - nya sejauh shalat malam.

abu sulaiman rahimahullah mengatakan, “orang - orang yang mendirikan shalat malam lebih aman pada malam harinya daripada orang - orang yang bercanda ria di tempatnya bercanda. andaikan tidak terdapat waktu shalat malam, mereka terasa tidak terdapat manfaatnya hidup di dunia. ”

di dalam “shahih muslim” disebutkan dari nabi saw, dia bersabda,

“sesungguhnya pada malam hari itu terdapat dikala yang tidak dilalui orang muslim yang meminta sesuatu kebaikan kepada allah pada dikala itu, melainkan ia membagikan kebaikan itu kepadanya, dan juga yang demikian itu berlaku tiap malam. ” (diriwayatkan muslim)

menghidupkan waktu malam itu terdapat sebagian tingkatan:

menghidupkan segala malam. yang demikian itu sempat diriwayatkan dan juga sebagian orang - orang salaf.
menghidupkan separoh malam. yang demikian itu pula diriwayatkan dari sebagian orang - orang salaf. trik yang amat baik yakni tidur pada sepertiga malam yang kesatu dan juga seperenam terakhir.
bangun pada sebagian malam. triknya tidur separoh malam yang kesatu dan juga seperenam yang terakhir. ini menggambarkan trik yang dicoba daud a. s. di dalam “ash - shahihain” disebutkan,

“shalat yang amat dicintai allah merupakan shalatnya daud. dia tidur pada setengah malam (yang kesatu) , bangun pada sepertiganya dan juga tidur seperenamnya (yang terakhir). ” (diriwayatkan al - bukhari dan juga muslim).

tidur pada dikala akhir malam amat bagus buat menyirnakan sisa kerasa kantuk pada keesokan hairnya dan juga supaya muka tidak nampak pucat.
bangun pada seperenam ataupun seperlimanya. yang baik merupakan pada paroh yang terakhir.
tidak membenarkan kapan waktunya, karna bisa jadi seorang hendak hadapi kesusahan buat membenarkan kapan bangunnya. terdapat 2 trik buat tingkatan ini:
mendirikan shalat pada dini malam. bila kerasa kantuk sudah melanda, hingga ia tidur. bila pada tengah malam bangun, ia juga dapat shalat lagi, ataupun bila benar masih mengantuk ia meneruskan tidurnya.

trik serupa ini pula dicoba segolongann orang - orang salaf. di dalam “ash - shahihain” disebutkan dari hadits anas, ia mengatakan, “selagi kami menginginkan memandang rasulullah mendirikan sebagian malam, tentu kami dapat memandang dia dan juga selagi kami menginginkan memandang dia tidur, tentu kami dapat memandang dia. ”

umar bin al - khathab biasa mendirikan shalat malam kapan juga waktu yang dikehendakinya. namun apabila bangunnya pada akhir malam, hingga ia membangunkan keluarganya, dan mengatakan, “shalat, shalat…! ”
tidur pada dini malam, kemudian apabila terbangun dan juga dirasa tidurnya sudah cukup, ia shalat malam pada sisa malamnya itu.
mendirikan shalat malam kapan juga waktunya, cukup 4 rakat ataupun 2 rakaat aja. diriwayatkan dari nabi saw, dia bersabda, “shalatlah dari sebagian waktu malam, shalatlah 4 rakaat, shalatlah 2 rakaat. ” (diriwayatkan al - baihaqi).

dalam hadist lain disebutkan, “barangsiapa bangun dari sebagian waktu malam dan juga membangukan istrinya kemudian keduanya shalat 2 rakaat bersama - sama, hingga keduanya dimasukkan pada malam itu dalam kalangan orang - orang yang banyak berdzikir kepada allah, pria ataupun wanita. ” (diriwayatkan abu dawud, ibnu majah dan juga ibnu hibban).

thalhah bin musharrif biasa membangunkan keluarganya buat shalat malam, dengan mengatakan, “shalatlah 2 rakaat, karna shalat di tengah malam itu dapat menghilangkan dosa. ”

inilah sebagian trik membagi waktu malam. hingga hendaklah seseorang hamba memilah buat pribadinya mana yang lebih gampang ia jalani, bila susah bangun pada tengah malam. namun setidak - tidaknya ia jangan hingga kurang ingat menghidupkan waktu antara shalat maghrib dan juga shalat isya’ dan waktu sahur.






( sumber: syahida. com )
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait