Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Kisah Nabi Musa Paling Banyak Dibahas dalam Al-Quran?

Musa ‘alaihis salam merupakan nabi amat mulia di golongan bani israil. dia bergelar kalimullah – orang yang diajak bicara langsung oleh allah di dunia –. dan juga dia tercantum salah satu nabi ulul azmi. dalam al - quran, ekspedisi dia amat banyak disebutkan oleh allah, sehabis nabi muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. sebagian yang menghitung, nama dia disebutkan sebanyak 136 kali dalam al - quran.

cerita musa allah sebutkan secara terperinci terdapat di 4 tulisan: al - baqarah, al - a’raf, thaha, dan juga al - qashas. umat dia, bani israil, merupakan umat yang amat afdhal di zamannya. allah berfirman,
يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ اذْكُرُوا نِعْمَتِيَ الَّتِي أَنْعَمْتُ عَلَيْكُمْ وَأَنِّي فَضَّلْتُكُمْ عَلَى الْعَالَمِينَ
hai bani israil, ingatlah hendak nikmat - ku yang telah saya anugerahkan kepadamu dan juga (ingatlah pula) bahwasanya saya telah melebihkan kalian atas seluruh umat. (qs. al - baqarah: 47)
dan juga butuh dimengerti, umat muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih baik dari mereka. karna allah sebut umat muhammad bagaikan khoiru ummah. allah berfirman,
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ
“kalian merupakan sebaik - baik umat yang dikeluarkan buat manusia. ” (qs. ali imran: 110).
supaya direnungkan

kisah - nabi - harun - dan - musa

kala cerita musa banyak disebutkan dalam al - quran, menampilkan kalau allah menghendaki supaya kita banyak merenungkan ekspedisi hidupnya. mengambil pelajaran tentang gimana tes berat yang dirasakan musa. dari mulai mengalami firaun, sampai mengalami bani israil yang keras kepala.

allah sebut musa dalam al - quran, bagaikan nabi yang memperoleh banyak tes,
وَفَتَنَّاكَ فُتُونًا
“aku hendak mengujimu dengan bermacam berbagai tes. ” (qs. thaha: 40)
tes yang dirasakan musa merupakan tes menempuh hidup di tengah warga. bukan tes kemiskinan, tes sakit, ataupun bencana musibah alam. yang tes ini, amat mirip dengan apa yang hendak dirasakan nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan juga kalangan muslimin yang jadi umatnya.
said bin jubair sempat bertanya kepada ibnu abbas radhiyallahu ‘anhuma, apa yang diartikan futun (banyak tes).

kemudian ibnu abbas membaca ayat - ayat yang menggambarkan musa dari dini. dia sebutkan cerita firaun, upaya pembantaian yang ia jalani terhadap balita lelaki, setelah itu cerita musa dilempar di sungai dan juga ditemu oleh keluarga firaun. setelah itu cerita musa menarik jenggotnya firaun, sampai musa diberi opsi antara kurma dan juga bara. tercantum cerita ia menewaskan orang mesir, kemudian ia lari ke madyan dan juga menikah dengan salah satu gadis orang tua di madyan. setelah itu musa berulang ke mesir, dan juga dia salah jalur di kegelapan malam, sampai dia memandang api dan juga menemukan wahyu dari allah.

kata ibnu zubair,
وكان عند تمام كل واحدة منها يقول هذا من الفتون يا ابن جبير
sehabis ibnu abbas mengatakan seluruhnya, ia berkata, “inilah fitnah - fitnah itu wahai ibnu jubair. ” (tafsir ibn katsir, 5/285).
allahu a’lam.






( sumber : http: //wowmuslim. blogspot. com/2017/08/mengapa - kisah - nabi - musa - paling - banyak. html )