Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Harus Istighfar Setelah Shalat? Ini Jawabannya

Pertanyaan:
kenapa wajib istighfar sehabis shalat?

jawaban:
dilansir dari konsultasisyariah. com, terdapat banyak wujud ibadah yang allah perintahkan kepada kita. dan juga kita amat percaya, kala kita melakukan sekian banyak ibadah itu, masih banyak ketiadaan dan juga kesalahan.

inilah yang jadi sebab terbanyak, kenapa kita meminta ampun kepada allah, sesudah ibadah. memohon ampun karna kita menyadari, ibadah yang kita jalani barangkali tidak setimpal yang dikehendaki oleh allah. menyadari terdapatnya banyak ketiadaan dari ibadah yang kita jalani.

karna seperti itu, ada banyak perintah baik dalam al - quran ataupun hadis, supaya kita mengakhiri amal kita dengan istighfar.

dari uraian di atas, kita dapat mengerti, kenapa kita wajib beristighfar sehabis shalat. bukankah shalat itu ibadah? kenapa kita istighfar setimpal ibadah?

karna kita amat percaya, dalam ibadah shalat yang kita jalani amat rentan dengan ketiadaan. dan juga kita mohon ampun atas seluruh ketiadaan yang kita jalani kala shalat. hadirkan perasaan semacam ini kala kamu membaca istighfar sehabis shalat. supaya perkataan istighfar kita lebih berarti.

dari tsauban radhiyallahu ‘anhu, dia menggambarkan, rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kala tuntas shalat, dia membaca istighfar 3 kali.

setelah itu membaca, “allahumma antas salam wa minkas salam tabarakta dzal jalali wal ikram, ” (hr. muslim 1362 dan juga nasai 1345).

imam ibnu utsaimin sempat ditanya tentang kaitan teks istighfar sehabis shalat?

jawaban dia, “keterkaitannya amat jelas. kalau manusia kala shalat tidak hendak lepas dari ketiadaan. kala shalat timbul waspadai, gangguang - gangguan, ataupun rukuk sujudnya tidak sempurna.

ataupun kala berdiri, ataupun duduk. dalam shalat, tidak lepas dari ketiadaan. sampai - sampai layak buat langsung membaca istighfar sehabis salam. supaya allah menghapus kesalahan yang kita jalani kala shalat dengan teks istighfar kita. ”






( sumber: islampos. com )