Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ya Tuhan, Tolong Pilihkan Agama Yang Baik Buat Saya, Kalau Bisa Jangan Islam

El manik: " aku inginnya kristen, banyak umat islam butuh di - islamkan lagi "
iman emmanuel manik terkenal dengan nama el manik (lahir di bahorok, sumatera utara, 17 november 1949; usia 66 tahun) merupakan pemain film dan juga sinetron. sepanjang kira - kira 35 tahun berkarya, lebih dari 30 judul film telah dibintanginya.

gimana cerita ayah masuk islam?
aku siuman tuhan itu terdapat. tetapi aku bimbang karna banyak agama yang ditawarkan. aku sesungguhnya kristen, tetapi aku tidak sreg dengan sebagian ajarannya. sebagian tahun kemudian aku tertarik pada islam. kala itu aku cemas mati. istri aku islam dan juga ia melakukannya dengan baik. anak kedua aku, wanita, pula islam. anak lelaki aku inginnya kristen taat kemudian masuk islam. lha aku? bila mati, mati aku tidak jelas.

aku bimbang, aku berdoa sembari menangis. tolong pilihkan agama yg baik buat aku ya tuhan, bahwa dapat jangan islam (tersenyum) islamkan berat. lagi enak - enak tidur mesti bangun, sholat. 5 kali lagi sholatnya. belum lagi puasa. aku jam sebelas sudah gemeter bahwa belum makan. lagi pula, banyak yang tidak aku suka dengan islam.

kok umat islam banyak yang jadi pengemis? banyak yang minta - minta dijalanan buat pembangunan mesjid? begitulah dahulu aku memandang islam.

alhamdulillah, aku memiliki teman. ia tidak sempat ngomong, manik mari masuk islam, bahwa tidak kalian masuk neraka. tidak. ia hanya menampilkan ia muslim yang baik. ia puasa, ia sholat. satu hari ia ngajak aku buka puasa. aku tanya ia apa enaknya puasa. ia tidak menarangkan pake dalil agama. ia pake pendekatan kesehatan. dikala itu kelesterol aku besar. ia suruh aku puasa. aku nolak. mana kokoh? jam sebelas aja udah gemeteran. trus ia menganjurkan puasa senin - kamis aja.

kesimpulannya aku coba. istri aku heran. eh,
nyatanya aku kokoh. pelan - pelan aku tertarik. aku kerap dengar ceramah di televisi, radio, kerap baca novel. kesimpulannya masuk islam.

sepanjang jadi muslim, terdapat tidak ajaran islam yang tidak masuk ide?
malah banyak ajaran islam yang masuk ide aku. berat benar, tetapi benar. banyak ajaran islam yang memegang perasaan aku. bayangkan, senyum aja berpahala. aku banyak berbeda sehabis berislam. aku menyudahi merokok, minum dan juga berjudi. sahabat aku heran.
perbandingan amat dasar dalam diri ayah semenjak masuk islam?

banyak. aku berupaya melangsungkan seluruh perintahnya dan juga menghindari larangannya. saat sebelum ini aku pelit pada orang. bahwa terdapat orang sulit, aku bilang usaha dong. saat ini aku siuman rezeki itu yang aku peroleh tidak absolut kepunyaan aku. terdapat hak orang berbentuk zakat. saat ini bahwa dapat melaksanakan suatu buat orang, aku merasakan kenikmatan.

gimana ayah melindungi keislaman ayah?
itu yang amat berat. aku berprinsip mengalahkan hawa nafsu itu kemenangan terbanyak. aku mulai dari diri seorang diri dan juga keluarga. bahwa anak wanita aku malas sholat, aku bilang ke ia, dahulu kalian nangis - nangis memohon aku masuk islam. kalian sholatnya malas. mari, berangkat sholat situ. aku boleh nyiram dengan air bahwa mereka malas sholat.

bagi ayah, apa yg wajib diganti dari umat islam?
aku bisa jadi agak pedes dalam perihal ini, aku mohon maaf. aku memandang banyak umat islam yang butuh di islamkan lagi. iktikad aku bukan bersyahadat lagi, tetapi berislamlah dengan mengenakan ilmu dan juga nalar, jangan cuma ikut - ikutan ataupun karna terlanjur islam. semisal aku kerap sholat jumat diluar. banyak orang tidak paham tata tertib sholat. ingin rapat aja segan sementara itu rapat dan juga lurusnya shaf merupakan ketentuan absolut diterimanya sholat. disuruh mengisi shaf didepan sulit sekali. shaf kesatu itukan pahalanya amat besar. bahwa ia paham dan juga ketahui tentu hendak berlomba - lomba. ini karna mereka berislam tanpa ilmu. kadangkala aku pengen sekali berceramah, tetapi aku ketahui keahlian aku terbatas dan juga saat ini belum dapat.






( sumber : vivamuslim. com )