Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

💥 Ampo.......??????, Makanan Unik dari Tanah Liat , Camilan Khas Kota Cirebon 💥





Perenakah kalian mendengar camilan khas dari kota cirebin yang bernama Ampo, santapan istimewa khas Cirebon, Jawa Barat yang dibuat dari tanah liat? Ampo diyakini mempunyai khasiat buat kesehatan walaupun pula terdapat resikonya.

Tiap wilayah di Indonesia tentu mempunyai santapan khas. Sedemikian itu pula di Cirebon. Tempat yang diketahui bagaikan kota udang itu mempunyai santapan khas yang dibuat dari tanah liat yang bernama Ampo.

Bisa jadi untuk orang di luar Cirebon, Ampo ditaksir bagaikan santapan abnormal sebab terbuat dari materi yang tidak lazim. Tetapi, di sisi itu Ampo sudah jadi bukti diri adat tertentu untuk warga Cirebon. Selanjutnya sebagian kenyataan mengenai Ampo yang dikutip dari detikcom serta bermacam pangkal lain.


1. Bertambah Langka

Tentu kalian tidak sempat berpikir kalau tanah liat nyatanya bisa dijadikan santapan.

Umumnya tanah liat dipakai buat membuat sebagian kerajinan keramik semacam bocong, cawan, piring, cobek, serta yang lain.


Tetapi, di wilayah Cirebon, Jawa Barat, tanah liat itu malah diolah jadi santapan. Santapan khas Cirebon yang dibuat dari tanah liat itu diketahui bernama ampo. Bisa jadi untuk orang lain, santapan itu terkesan memuakkan sebab dibuat dari tanah liat.

Tetapi, untuk orang Cirebon santapan itu dirasa lezat apalagi diucap bagaikan santapan konvensional khas wilayah itu. Sayangnya, saat ini santapan ini amat susah buat ditemui serta jadi sangat jarang. Untuk orang Cirebon, ampo bisa terbuat dengan gampang.

2. Metode Membuat

Gampang buat membuat santapan yang dibuat dari tanah liat ini. Materi- materi yang dipakai pasti saja berbentuk tanah liat. Tetapi, bukan tanah liat asal- asalan yang diseleksi buat membuat santapan enteng ini. Tanah liat didapat dari tanah yang terdapat di persawahan.


Tidak hanya itu, didapat tanah yang terletak di bagian dalam. Dengan sedemikian itu, hendak menemukan tanah yang bersih dari batu ataupun kotoran yang lain. Buat buatnya tanah liat itu ditumbuk serta dipadatkan membuat bidang 4.

Sehabis itu, tanah liat itu dikikis memakai perlengkapan khusus sampai berupa gulungan- gulungan yang pipih. Tanah liat yang telah berupa lilitan pipih kemudian dimasak dengan metode dipanggang dekat 4 jam. Kemudian tanah liat itu jadi ampo serta bisa langsung dikonsumsi.

Baca juga :



3. Bukti diri Adat Cirebon

Saat ini, ampo yang dibuat dari tanah liat telah sangat jarang. Tetapi, terdapat sebagian orang Cirebon yang sedang menjaga buat membuat santapan istimewa ini. Perihal itu sebab ampo ditaksir bagaikan bukti diri adat Cirebon.


Ampo diucap bagaikan peninggalan kakek moyang, karenanya tidak oleh musnah sedemikian itu saja. Umumnya santapan i dihidangkan dikala keramaian adat- istiadat ataupun ritual adat untuk warga Cirebon. Misalnya pada kegiatan amal dunia yang kerap diadakan bagaikan rasa terima kasih pada Tuhan.

Dalam kegiatan amal dunia itu, ampo hendak dihidangkan bagaikan aksesoris sajen yang diletakkan di bagian puncak tumpeng. Setelah itu, diberi bonus dengan cabe, bawang serta ikan payau yang ditusuk- tusuk.

4. Disebut Dapat buat Penyembuhan Tradisional

Walaupun dibuat dari tanah liat, ampo pula mempunyai khasiat kala disantap. Ampo bisa digunakan bagaikan penyembuhan konvensional. Dengan komsumsi santapan istimewa ini, orang Cirebon yakin bisa memulihkan bermacam penyakit.

Baca Juga :


Bermacam penyakit itu terdapat mulai dari permasalahan pencernaan, berak air, gatal- gatal serta panas pada badan. Bagi riset, tanah liat memanglah teruji bisa membuat perut terasa lebih aman.

Lebih lanjut, santapan yang dibuat dari tanah liat itu bisa mencegah badan dari virus serta kuman. Itu sebab tanah liat bisa mengikat kuman serta virus. Dikala disantap, tanah liat dapat jadi penjaga usus.


5. Rasanya Semacam Keripik

Sebab ampo terbuat dari materi berbentuk tanah liat, tentu banyak orang yang bingung mengenai gimana rasa dari santapan itu. Dikala awal kali dikonsumsi, aroma yang dikeluarkan dari ampo merupakan sangit.

Sedangkan buat teksturnya, ampo amat renyah mendekati semacam jajanan berbentuk keripik. Dikala dikunyah rasanya terhitung getir, namun pula lezat. Mayoritas orang Cirebon telah terbiasa dengan rasa santapan ini.

Nyatanya, tidak hanya Cirebon, ampo pula ialah santapan khas dari Tuban, Jawa Timur. Sebab teksturnya yang renyah, banyak pula yang jadi ampo bagaikan kemilan.

6. Terdapat Resiko Terkontaminasi

Semacam dikutip wikipedia, terdapat resiko yang nyata dalam mengkonsumsi tanah liat yang terinfeksi oleh kotoran binatang ataupun orang. Resiko itu spesialnya dari telur benalu, semacam cacing gelang yang bisa bermukim sepanjang bertahun- tahun di dalam tanah serta bisa memunculkan permasalahan.

Baca Juga :


Pula bisa tingkatkan resiko terkena Tetanus. Tetapi, resiko ini biasanya telah dimengerti oleh beberapa besar warga ataupun kaum yang komsumsi tanah liat.

Kesenangan kanak- kanak buat ikut serta dalam komsumsi ampo membuat mereka lebih rentan kepada peradangan cacing. Ancaman lain yang terpaut dengan komsumsi tanah liat melingkupi kehancuran enamel gigi, memakan bermacam kuman, bermacam wujud kontaminasi tanah, serta hambatan usus. Tetapi cara pengerjaan tanah liat yang lumayan baik dengan metode memasak ataupun dipanggang bisa kurangi resiko itu.