HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

🔵 Perlu Diketahui Penyebab Kamu Bisa Terkena Usus Buntu, Tolong Jangan Diabaikan! 🔵





Beberapa Hal Sepele Penyebab Radang Usus Buntu

Apendisitis bisa menyerang 1 dari setiap 500 orang setiap tahun. Risiko radang usus buntu pun bisa meningkat dengan bertambahnya usia, dan memuncak antara usia 15 dan 30 tahun.

Melansir dari Harvard Health Publishing, radang usus buntu merupakan alasan utama dilakukannya tindakan pembedahan perut pada anak-anak, dengan empat dari setiap 1.000 anak mengharuskan untuk mengangkat usus buntu mereka sebelum usia 14 tahun.

Maka dari itu, penting untuk segera periksa ke dokter jika gejalanya kamu alami. 

Usus buntu juga kerap disebut sebagai penyakit akibat gaya hidup yang kurang sehat saat mengonsumsi makanan. Berikut ini kebiasaan sepele yang dapat sebabkan radang usus buntu, antara lain: 

Sering Menahan Kentut. Kebiasaan yang sepele ini dapat memicu radang usus buntu. Hal ini karena saat gas berada dalam saluran pencernaan menjadi tertahan. Akibatnya membuat dinding usus menjadi tipis sehingga risiko peradangan usus buntu menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, usahakan untuk segera mengeluarkan kentut.

Gemar Mengonsumsi Makanan yang Dibakar. Faktanya, makanan yang diolah menggunakan arang dan membuat bagian makanan tersebut tampak hitam adalah hal yang berbahaya. Makanan yang dibakar mengandung zat karsinogen yang bisa memicu kanker serta gejala usus buntu. Beberapa jenis makanan tersebut adalah satai, ayam bakar, atau ikan bakar.

Baca Juga :


Sering Makan Gorengan. Tidak hanya makanan yang dibakar, makanan yang digoreng juga  memiliki kandungan zat karsinogen yang berbahaya. Oleh karena itu, kamu wajib mengurangi makan gorengan atau menghentikannya. Alternatif yang lebih sehat adalah mengonsumsi makanan yang direbus atau dikukus.

Mengonsumsi Daging Kalengan. Faktanya bermacam jenis daging instan di supermarket juga merupakan pilihan yang buruk untuk dikonsumsi setiap hari. Daging instan diduga memiliki kandungan zat karsinogen yang memicu radang usus buntu.

Jajan Sembarangan. Radang usus buntu bisa disebabkan karena adanya infeksi bakteri, misalnya bakteri jenis salmonella dan E. Coli bisa hidup di makanan yang kurang higienis. Oleh sebab itu, jika kamu terbiasa jajan sembarangan, radang usus buntu jadi lebih mudah menyerang.  


Pencegahan dan Pengobatan Radang Usus Buntu

Sayangnya para ahli berpendapat bahwa tidak ada langkah yang bisa mencegahnya. Mungkin kamu bisa mencoba melakukan gaya hidup sehat seperti tidak jajan sembarangan, lebih banyak makan dan sayuran yang diolah dengan baik, serta rajin olahraga. 

Sementara untuk mengobati radang usus buntu, dokter menyarankan dilakukannya operasi untuk menghilangkan usus buntu. Operasi disarankan untuk dilakukan sesegera mungkin untuk mengurangi kemungkinan pecahnya usus buntu. Terdapat dua metode yang bisa dijalankan, antara lain: 


Baca Juga :

Operasi Laparoskopi. Selama operasi laparoskopi, ahli bedah menggunakan beberapa sayatan yang lebih kecil dan alat bedah khusus yang mereka makan melalui sayatan untuk menghapus usus buntu. Operasi laparoskopi menyebabkan komplikasi yang lebih sedikit, seperti infeksi terkait rumah sakit, dan memiliki waktu pemulihan yang lebih singkat.
Laparotomi. Ahli bedah menggunakan laparotomi untuk menghilangkan usus buntu melalui sayatan tunggal di daerah kanan bawah perut.

Makanan Pemicu Usus Buntu

1. Makanan Pedas
Makanan pedas bisa menjadi pemicu usus buntu. Hal ini dikarenakan biji cabai yang tidak hancur bisa menyumbat usus dalam jangka waktu panjang dan menyebabkan radang usus buntu. Namun, yang perlu dipahami adalah, makanan pedas bukanlah penyebab utama usus buntu. Makanan pedas seperti cabai, paprika pedas, atau saus sambal bisa memicu kondisi lain yang menyebabkan pencernaan mengalami gangguan, misalnya rasa sakit parah di daerah antara tulang dada dan pusar, disertai dengan mual dan menjadi gejala awal penyakit usus buntu.

2. Makanan Rendah Serat
Misalnya, makanan cepat saji yang tinggi karbohidrat namun rendah serat. Terlalu banyak konsumsi makanan cepat saji bisa meningkatkan risiko radang usus buntu. Selain itu, mengonsumsi  gula dan makanan manis dalam jumlah banyak juga bisa menyebabkan sembelit dan meningkatkan risiko infeksi, termasuk infeksi yang menyebabkan usus buntu.

3. Makanan yang Mengandung Garam Tinggi
Makanan yang mengandung penyedap rasa serta bumbu instan lainnya, seperti mi instan bisa memicu usus buntu. Ini karena makanan bergaram tinggi bisa menyebabkan iritasi pada usus.

Selain tiga makanan di atas, usus buntu juga bisa disebabkan oleh makanan yang tidak terolah dengan baik (masih berbentuk kasar). Ini karena potongan kecil makanan tersebut bisa memblokir permukaan rongga yang membentang di sepanjang usus buntu dan bisa mengakibatkan pembengkakan dan pembentukan nanah.

Baca Juga :

Perlu diketahui, jika potongan kecil makanan yang menyumbat permukaan bisa memicu bakteri terbentuk di dalam usus buntu. Bila tidak diobati, usus buntu bisa pecah dan menyebarkan bakteri ke seluruh tubuh. Namun, yang dimaksud makanan yang menyumbat di sini adalah makanan yang tidak hancur dan sudah menumpuk banyak di usus, barulah bisa terjadi peradangan usus buntu. Maka dari itu, sekali makan saja tidak akan menyebabkan kamu langsung mengidap usus buntu.

Tips Mencegah Usus Buntu

Perbanyak konsumsi makanan berserat. Makanan ini bisa membantu melancarkan pencernaan, sehingga menurunkan risiko masalah pencernaan (termasuk radang usus buntu).
Jangan menahan buang air besar (BAB). Kebiasaan menahan BAB akan membuat terjadinya penumpukan feses di usus, sehingga membuat usus membengkak. Selain itu, feses juga akan mengeras ketika kamu menahan BAB dalam jangka waktu yang cukup lama.
Perbanyak minum air putih. Idealnya, orang dewasa dianjurkan untuk minuman 8 gelas air putih atau disesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Selain menghindari makanan-makanan pemicu usus buntu, kamu perlu juga secara rutin mengecek kondisi kesehatan untuk bisa mendeteksi secara dini bila kamu mengalami keluhan kesehatan
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait

Tidak ada artikel lain dengan kategori serupa.