HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

πŸƒ SUBHANALLAH, Ibu di India Melahirkan Bayi 6,7 kg Lewat Persalinan Normal πŸƒ




Seorang ibu di India bernama Firdous Khatun melahirkan bayi dengan berat 6,7 kg pada awal November lalu. Yang mengejutkan, Firdous melahirkan bayi ini lewat persalinan normal hanya selama 15 menit! Wow! Peristiwa ini mengejutkan petugas medis di Raja Ram Hospital Kalawati, Orai, Uttar Pradesh, India.

Baca Juga :

Dokter Anjana Gupta yang membantu persalinan menyebutkan bahwa ini merupakan pengalaman unik, karena ia tidak pernah melihat bayi sebesar ini sebelumnya. Diperkirakan pula, bayi ini merupakan newborn terberat di India. Dokter tak habis pikir Firdous bisa melahirkan dengan lancar dan mudah meski bayinya berukuran sangat besar.

Bayi ini sebetulnya adalah anak ke-9 dari Firdous. Sebelumnya, ia selalu melahirkan di rumah. Namun kali ini, Sang Suami, Kadir Raza, 40, memutuskan untuk membawa istrinya ke rumah sakit. Anak-anak Firdous sebelumnya pun dilahirkan dengan berat normal, hanya sekitar 3,6 kg saja.

Baca Juga :

Berat lahir normal bayi adalah 2,5 – 4 kg. Jika dilahirkan dengan berat berlebih, salah satu penyebabnya adalah diabetes gestasional yang dialami ibu selama hamil. Namun, Firdous tidak mengalaminya. Bayi Firdous memecahkan rekor melahirkan bayi terbesar di India setelah Goga Bai dari Rajasthan yang melahirkan bayi dengan berat lahir 6 kg di tahun ini juga. Goga Bai melahirkan lewat operasi Caesar dan menurut dokter, bobot bayi yang besar disebabkan oleh diabetes yang diidap Sang Ibu selama hamil. (OCH/Dok. Caters News Agency)

Bagaimana Mengetahui Kemungkinan Bayi Lahir Besar?

Sangat sulit menentukan apakah bayi akan lahir dengan macrosomik saat masih berada dalam kandungan. Hanya berat badan setelah dilahirkan yang bisa menegaskan hal ini. Dokter umum atau bidan bahkan mungkin menduga bayi akan lahir besar saat ditimbang. Dengan pemindaian ultrasound bisa memberikan gambaran seberapa besar bayi sebenarnya. Akan tetapi, proses ini tidak selalu akurat di masa kehamilan. Ada perbedaan sekitar 10% antara prediksi berat bayi dengan ultrasound dan berat sesungguhnya saat lahir.

Jika pemindaian menunjukkan adanya kemungkinan bayi lahir besar, bidan atau dokter kandungan mungkin memantau kadar gula darah Moms. Hal tersebut untuk memastikan apakah Moms memiliki risiko diabetes gestasional.

Baca Juga :

Penyebab Bayi Lahir Besar

Beberapa faktor penyebab bayi lahir besar antara lain:
  • Memiliki indeks massa tubuh (BMI) di awal masa kehamilan
  • Berat badan bertambah selama masa kehamilan
  • Bepergian lebih dari dua minggu melewati tanggal jatuh tempo
  • Berat badan naik drastis sebelum hamil atau tidak turun setelah kehamilan sebelumnya
  • Bahkan etinisitas dan hubungan seks berperan mempengaruhi bayi lahir besar. Selain itu, bayi laki-laki memiliki risiko lebih besar lahir besar dibandingkan bayi perempuan. Jika sebelumnya Moms pernah melahirkan bayi besar, maka kehamilan berikutnya juga cenderung memiliki bayi lahir besar.
Apa Risiko Bayi Besar Terhadap Proses Melahirkan?

Melakukan proses melahirkan vaginal untuk bayi lahir besar cukup sulit dilakukan. Dibutuhkan waktu yang sedikit lebih lama saat melahirkan. Umumnya komplikasi umum lainnya termasuk kehilangan darah parah setelah melahirkan.

Selain itu, bayi lahir di atas berat 4,5 kg juga memiliki kemungkinan mengalami distosia bahu di saat lahir. Risiko juga semakin meningkat jika bayi lahir dengan berat lebih dari 5 kg.

Proses melahirkan secara caesar bisa membantu mengurangi risiko yang muncul pada kelahiran bayi dengan berat di atas rata-rata. Jika bidan atau dokter kandungan menduga Moms mungkin akan melahirkan bayi besar dan merekomendasikan induksi atau operasi caesar, minta mereka untuk menjelaskan potensi risiko dibandingkan melahirkan secara vaginal. Termasuk juga untuk membahas mengenai harapan, ketahukan dan pilihan yang bisa membantu.

Baca Juga :

Pengaruh Lahir Besar Bagi Kesehatan Bayi

Sebagian bayi besar memiliki kesehatan yang baik-baik saja, kecuali jika dinyatakan menderita distosia bahu. Karena bayi lahir besar dengan distosia bahu kemungkinan mengalami berbagai masalah setelahnya. Jika bahu si kecil terjepit selama tahap dorongan, hal tersebut justru bisa menyebabkan kerusakan saraf pada bahu dan lengannya.

Kerusakan saraf terjadi pada 2%-16% bayi yang mengalami distosia bahu. Ini memang sangat mungkin terjadi jika bayi membutuhkan banyak bantuan saat dilahirkan atau berbobot sangat besar. Namun, hal tersebut juga bisa disebabkan tekanan kontraksi terlalu kuat. Jika si kecil mengalami kerusakan saraf, kemungkinan besar bisa pulih sepenuhnya. Jika tulang kerah bayi rusak saat lahir, juga masih bisa sembuh tanpa adanya masalah.
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait

Tidak ada artikel lain dengan kategori serupa.