HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

🔵 Tips Pola Mengasuh Anak, Jangan Labeli si Kecil dengan Sebutan Anak Nakal 🔵





Kebanyakan orangtua mendidik anaknya dengan harapan agar ia dapat tumbuh menjadi anak yang baik, penurut, dan hormat kepada orangtua. Namun sayangnya, tidak semua anak gampang diatur. Beberapa anak, lebih suka menuruti keinginannya yang terkadang melanggar aturan atau di luar kebiasaan. Nah, anak seperti inilah yang dicap dengan label anak nakal.

Banyak orangtua atau sanak keluarga yang merasa kewalahan saat harus menghadapi anak yang dianggap nakal. Pada dasarnya, pelabelan anak nakal kurang tepat. Dalam istilah psikologi, lebih tepat disebut sebagai anak yang tidak patuh atau tidak taat pada peraturan.

Menghadapi pola tingkah anak-anak semacam ini memang susah-susah gampang. Bukan hanya dirasakan oleh para orangtua, tetapi juga oleh sanak-keluarga, misalnya para om dan tante.

Baca juga :

Kemudian, apa sih tips dalam menghadapi anak yang tidak patuh ini? Dijawab oleh psikolog anak dan remaja, Sani Hermawan, cara pertama dalam menghadapi anak yang sedang tidak taat atau tak patuh ini adalah memberitahu bahwa tindakan yang mereka lalukan merupakan sesuatu yang salah. Namun, Sani mengingatkan di sisi lain kita sebagai orang dewasa jangan sampai langsung menghakimi anak dengan melabeli dia dengan sebutan nakal.

“Kasih tahu saja kalau tindakannya salah, kasih taunya tanpa nge-judge alias melabeli kalau dia anak nakal. Anak dengar yang negatif, nanti anaknya bisa condong jadi negatif juga,” ujar Sani, kala dihubungi via sambungan telefon baru-baru ini.

Momen memberitahu anak bahwa tindakan yang dilakukan adalah tindakan yang salah, tidak bisa sembarangan dilakukan. Sebab, momen menjelaskan kepada anak ini juga sekaligus memberitahu mereka bahwa ada konsekuensi yang harus diterima jika tetap tidak patuh.

“Komunikasi sama anak. Kenapa hal itu enggak boleh dilakukan, kasih tahu dari awal konsekuensi yang ia terima jika nekat melakukan kesalahan itu. Jadi anak enggak bingung dan kaget. Kalau masih diulang padahal sudah dikasih tahu, ya mau enggak mau harus kasih tahu lagi berulang-ulang. Kuncinya ya sabar dan tetap enggak boleh nyakitin fisik dan batin anak,” imbuhnya.

Kemudian bagaimana posisinya, jika kita hanya sebagai om, tante atau sepupu? Berhak kah kita memberikan konsekuensi pada anak yang dinilai tak patuh dan melakukan kesalahan tersebut?

Baca Juga :

Jawabannya tentu saja tidak, sebab yang berhak untuk memberikan konsekuensi pada anak hanyalah orangtuanya.

“Kalau jadi tante atau om, ya anak itu sebatas kita peringatkan kita kasih tahu. Misalnya, “Jangan loncat-loncat di kursi ya, karena kursi bukan untuk diloncati”. Selebihnya, langsung beritahu orangtuanya saja,” tutup Sani.

 Mendidik anak memang tidak mudah dan butuh kesabaran. Namun, orantua juga tidak dianjurkan menggunakan kekerasan untuk mendidik anak yang nakal. Berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi anak nakal.

1. Tidak Mencap-nya Dengan Sebutan Anak Nakal

Setiap Si Kecil susah dinasihati atau susah diatur, kamu sebaiknya tidak langsung memarahinya. Apa lagi sampai memberinya cap ‘anak nakal’, ‘anak bandel’, dan sebagainya. Tahukah kamu, label ‘anak nakal’ yang orangtua berikan, tanpa sadar bisa melukai hati Si Kecil dan membuatnya menjadi patah semangat.

Si Kecil juga akan merasa usahanya untuk berbuat baik akan sia-sia, karena ia sudah diberi cap nakal tersebut. Jadi, daripada menghakimi dan mencapnya demikian, ada baiknya jika setiap anak melakukan kesalahan, kamu mendekati Si Kecil dan pelan-pelan berikan pengertian padanya bahwa perbuatannya itu tidak baik. Duduklah di sisinya, tatap matanya, dan tanyalah apa alasan Si Kecil melakukan hal kamu anggap tidak baik. Jika kamu mengetahui alasannya, kamu lebih bisa memberi nasihat yang tepat. Dengan begitu, anak juga bisa lebih memahami kenapa ia tak boleh melakukan hal serupa di kemudian hari.

Baca Juga :

2. Berikan Contoh yang Baik

Ketika orangtua mengharapkan anak mempunyai perilaku yang baik dan sopan, ada baiknya orangtua memulainya dari memperbaiki diri sendiri terlebih dahulu agar bisa menjadi contoh yang baik untuk mereka. Cara mendidik anak yang paling efektif adalah dengan memberinya teladan lewat perilaku sehari-hari, bukan cuma lewat banyak nasihat. Bila orangtua berperilaku tidak sesuai dengan nasihat yang mereka berikan pada anak, maka jangan heran bila anak tidak akan mendengarkan nasihat tersebut.

3. Hindari Membentak Anak di Depan Umum

Saat Si Kecil melakukan kesalahan di depan umum, tahan keinginan untuk memarahi dan membentaknya saat itu juga. Karena memerahi anak di depan umum bukanlah cara mendidik yang bijaksana. Si Kecil mungkin saja tidak sengaja melakukan kesalahan tersebut.

Jadi, berusahalah kendalikan emosi dan bawalah Si Kecil ke ruangan yang lebih sepi. Lalu tanyakan baik-baik pada Si Kecil mengapa mereka melakukan hal tersebut. Setelah itu, baru kamu dapat menasihatinya dengan lembut. Cara ini lebih efektif untuk membuat Si Kecil dapat menyadari dan menyesali kesalahannya, daripada caci maki yang akan membuat ia semakin tertekan.

4. Buat Aturan dan Beri Sanksi yang Tegas

Bila anak masih nakal dan bandel meskipun kamu sudah seringkali menasihatinya dan memberi contoh, maka cara yang sebaiknya kamu lakukan adalah tetapkan aturan. Kemudian beri anak sanksi bila ia melanggar aturan tersebut. Misalnya, kamu membuat aturan bahwa Si Kecil hanya boleh bermain playstation portable (PSP) sampai jam 8 malam. Nah, bila ia masih nakal dan tidak mau berhenti bermain ketika sudah jam 8 malam, maka kamu bisa menghukumnya dengan menarik PSPnya dan tidak mengizinkannya bermain lagi sampai jangka waktu tertentu. Tentu saja orangtua tidak dianjurkan menggunakan kekerasan untuk mendisiplinkan anak, karena cara tersebut hanya akan menyakiti dan membuat ia semakin liar.

Baca Juga :

5. Jangan Terlalu Sering Memberi Toleransi

Bila kamu sudah membuat aturan dan menetapkan sanksi, maka lakukanlah sesuai dengan ketentuan yang dibuat. Jangan terlalu sering memberi anak toleransi ketika ia melanggar peraturan. Semakin sering kamu memberinya toleransi, semakin Si Kecil akan menganggap remeh aturan dan menjadi makin sulit diatur.

Bila kamu masih bingung menghadapi anak yang sangat nakal, coba bicarakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa mendiskusikan masalah perilaku Si Kecil kepada dokter dan minta saran melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait

Tidak ada artikel lain dengan kategori serupa.