HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

๐Ÿ’— Waspada Ayah & Bunda!!! Hidung Anak Kemasukan Manik-Manik Gelang๐Ÿ˜ฑ ๐Ÿ’—



Hati-hati ya ayah bunda, jaga anak kita kalau sedang bermain. Ini kejadian nyata anteu nya Celil hidungnya kemasukan manik-manik gelang. Hingga papah bunda Celil turun tangan untuk ngambil dihidungnya dengan berbagai alat. Sempet hopeless, namun Alhamdulillah Allah memberikan kemudahan dalam pengambilan manik-manik yang masuk kedalam hidung anak

Rasa keingintahuan yang tinggi bisa membuat anak-anak memasukkan berbagai benda ke hidung, mulai dari gumpalan kertas hingga kerikil. Benda asing di hidung bisa berbahaya bila masuk ke saluran pernapasan bawah atau menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, hal ini perlu segera diatasi.

Baca Juga :

Benda asing di hidung yang sering ditemukan antara lain penghapus, manik-manik, kacang-kacangan, plastisin, dan peniti. Masuknya benda-benda ini pada hidung anak tidak bisa disepelekan. Pasalnya, benda tersebut bisa saja terhirup lebih dalam atau terdorong tangan anak ketika ia berusaha mengeluarkannya.

Jangan Panik, Lakukan ini Saat Anak Kemasukan Benda Asing di Hidung 

Bila masuk ke saluran pernapasan bagian bawah, benda asing bisa menghambat masuknya udara ke paru-paru dan ini bisa berakibat fatal. Selain itu, benda asing di hidung juga bisa saja merupakan sumber bakteri penyebab penyakit yang berbahaya, misalnya difteri.

Kenali Tanda-Tanda Adanya Benda Asing di Hidung Anak
Kasus benda asing di hidung bisa saja tidak membahayakan bila benda tersebut dapat keluar dengan mudah, baik melalui hidung maupun mulut. Namun, tak jarang pula kasus ini membahayakan kesehatan anak sehingga perlu ditangani dengan cepat. Untuk itu, Anda perlu mengenali tanda-tandanya.

Tanda-tanda hidung anak kemasukkan benda asing adalah:
  • Gelisah atau menangis dan mengeluhkan hidungnya sakit
  • Sulit bernapas lewat hidung
  • Keluar suara seperti bersiul saat anak menarik napas, meski ia tidak sedang pilek
  • Keluar ingus berwarna bening, abu-abu, atau bercampur darah, dan bisa berbau busuk jika terjadi infeksi
  • Mimisan
  • Pertolongan Pertama untuk Mengeluarkan Benda Asing di Hidung Anak
  • Sebelum membawa Si Kecil ke dokter, Anda bisa melakukan pertolongan pertama di rumah. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Tetap tenang
Hal pertama yang harus Anda lakukan saat mendapati adanya benda asing di hidung Si Kecil adalah jangan panik. Bila Anda terlihat panik, Si Kecil bisa menjadi takut dan tambah menangis. Ini bisa berbahaya, karena menangis dapat meningkatkan risiko benda asing terhirup lebih dalam dan masuk ke saluran pernapasan atas.

Usahakan Si Kecil tenang dan tidak menangis sebelum Anda mencoba melakukan apa pun. Jelaskan kepadanya bahwa Anda akan mencoba mengeluarkan benda asing di hidungnya.

Berikut Video Hidung Anak Kemasukkan Manik-Manik


2. Minta anak mendengus
Jika Si Kecil sudah tenang, minta ia untuk mendengus atau mengembuskan napas kuat-kuat lewat hidung. Bila benda asing di hidung tidak juga keluar, barulah Anda coba untuk mengeluarkannya. Namun, jangan mencungkil atau mencomotnya dengan jari karena benda asing tersebut bisa terdorong semakin dalam hingga jatuh ke saluran pernapasan bawah.

Baca Juga :

3. Keluarkan dengan pinset kecil
Untuk mempermudah Anda mengeluarkan benda asing di hidung Si Kecil, mintalah ia untuk bernapas melalui mulutnya dan gunakan pinset kecil yang bisa masuk ke lubang hidung Si Kecil. Masukkan pinset ke dalam lubang hidung secara hati-hati agar tidak menyenggol dinding dalam hidung.

Jepit benda asing tersebut dengan pinset dan tarik keluar pelan-pelan. Namun, bila pinset tidak bisa menjepit benda asing di dalam hidung atau malah mendorongnya lebih dalam, jangan diteruskan dan segera bawa Si Kecil ke dokter.

Segera Bawa Anak ke Dokter
Jika pertolongan pertama di atas tidak berjalan lancar, benda asing perlu dikeluarkan dengan peralatan khusus yang dimiliki dokter. Oleh karena itu, Anda harus segera membawa Si Kecil ke dokter umum atau dokter spesialis THT.

Sebelum mengeluarkan benda asing dari hidung anak, dokter akan meneteskan atau menyemprotkan obat bius lokal ke dalam hidung anak. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit, sehingga anak akan lebih tenang saat dokter melakukan tindakan pengeluaran benda asing di hidungnya.

Selain bius lokal, dokter mungkin juga akan memberikan obat untuk mencegah perdarahan. Setelah tindakan medis dilakukan dan benda asing sudah keluar, dokter biasanya akan meneteskan antibiotik ke dalam hidung anak untuk mencegah infeksi dan peradangan.

Baca Juga :

Benda asing di hidung anak merupakan kasus yang lumayan sering terjadi dan kadang dapat dikeluarkan sendiri. Namun, karena komplikasinya bisa berbahaya, sebisa mungkin cegah agar jangan sampai hidung Si Kecil kemasukan benda asing.

Jauhkan benda kecil dari jangkauan anak-anak dan hindari memberikan makanan berukuran kecil kepada anak yang usianya di bawah 3 tahun. Selain itu, ajari anak untuk tidak memasukkan benda kecil ke dalam hidung atau mulut karena bisa membahayakan dirinya.

Bila Anda menemukan benda asing di hidung Si Kecil, tetap tenang dan lakukan pertolongan pertama untuk mengeluarkannya. Namun, bila benda asing ternyata ada di kedua lubang hidung Si Kecil atau sudah menyebabkannya sulit untuk bernapas, segera bawa ia ke dokter agar benda asing tersebut dapat dikeluarkan secepatnya.

Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait

Tidak ada artikel lain dengan kategori serupa.