HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

πŸ’₯ 5 Ventilator Buatan Anak Bangsa yang Jadi Solusi Penanganan COVID-19 di Indonesia πŸ’₯




Pada masa pandemi COVID-19, kebutuhan ventilator di Indonesia meningkat. Hanya saja, ventilator yang dimiliki Indonesia bergantung pada pengadaan impor, sedangkan pasokan dari luar negeri juga sedang diburu negara lain yang membuat harganya semakin mahal.

Kondisi ini mendorong anak bangsa untuk berinovasi. Mereka coba merancang dan mengembangkan ventilator lokal. Dalam waktu lebih kurang 3 bulan, Indonesia sudah punya 5 ventilator buatan anak bangsa yang lolos uji dan siap diproduksi.

Indonesia kekurangan ventilator untuk penanganan COVID-19
ventilator covid-19 indonesia
Organisasi kesehatan dunia (WHO) mengatakan sebagian pasien COVID-19 hanya menimbulkan gejala ringan. Namun, bagi sebagian lainnya infeksi ini bisa menyebabkan kerusakan paru dan gangguan pernapasan parah.



Bagi pasien yang memiliki gejala parah, ventilator bisa menyelamatkan nyawa mereka. Terutama pasien yang memiliki penyakit penyerta atau yang sudah berusia lanjut. 

Ventilator adalah mesin yang membantu pasien bernafas. Ketika pasien membutuhkan bantuan ventilator untuk bernafas, dokter akan melakukan intubasi, yakni memasukkan semacam selang (tabung endotrakeal) dari mulut ke tenggorokan.

Kemudian selang tersebut akan dihubungkan ke ventilator. Ventilator akan mengatur proses menarik dan menghembuskan napas pada pasien. Mesin ini akan memompa udara dan menyalurkan oksigen ke paru-paru pasien.

Ventilator adalah mesin yang pembuatannya tidak bisa dilakukan dengan cepat. Saat ini ventilator sangat dibutuhkan di seluruh dunia dan ketersediaannya sangat terbatas. 


Belum ada data terbuka mengenai ketersediaan ventilator di Indonesia saat ini, khususnya untuk penanganan pasien COVID-19. 

Dari data yang dihimpun Katadata, tercatat ketersediaan ventilator di Indonesia baru sebanyak 8,4 ribu unit per Maret 2020. Sementara itu, Gugus Tugas COVID-19 memproyeksikan kebutuhan ventilator untuk penanganan COVID-19 di Indonesia mencapai 29,9 ribu unit. 

Baca Juga :


Selama ini ventilator yang dimiliki Indonesia bergantung pada produk impor. Sedangkan pasokan dari luar negeri saat ini juga sedang diburu semua negara, membuat harganya semakin tinggi.

Anak bangsa terdoronguntuk berinovasi dengan merancang dan mengembangkan ventilator lokal. Dalam waktu sekitar 3 bulan, Indonesia sudah punya 5 ventilator buatan anak bangsa yang lolos uji dan siap diproduksi. 

“Bayangkan, riset dan inovasi yang biasanya di proposal dilakukan minimal dalam satu tahun anggaran, ini hanya dalam hitungan tiga bulan, sudah menghasilkan produk-produk inovasi yang berkualitas, luar biasa dan sangat dibutuhkan bangsa Indonesia, yang pada saat yang sama, bangsa lain juga sedang berlomba-lomba membuatnya,” kata Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro, Sabtu (20/6).

Berikut 5 ventilator buatan anak bangsa yang sudah lulus uji dan mendapatkan sertifikasi dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

1. COVENT-20, ventilator buatan Universitas Indonesia untuk penanganan COVID-19

ventilator buatan universitas indonesia anak bangsa covid-19
COVENT-20 adalah ventilator hasil kolaborasi peneliti Universitas Indonesia Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teknik. Ini adalah jenis Ventilator Transport Lokal yang mudah dibawa dan bisa digunakan dalam keadaan darurat.

Ventilator ini memiliki dua kegunaan, yakni mode Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) dan Continuous Mandatory Ventilation (CMV). 

Baca Juga :

Mode CPAP dioperasikan pada pasien yang masih sadar untuk membantu membawa oksigen ke paru-paru dan mengurangi kebutuhan untuk dirawat di ruang intensif ICU. Mode CMV dioperasikan pada pasien tidak sadar untuk memberikan dukungan pernapasan penuh (mengambil alih fungsi pernafasan pasien).

Saat menjalani tahap uji coba, UI bekerjasama dengan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta II Jurusan Teknik Elektromedik, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dan Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Jakarta.

COVENT-20 telah lulus uji klinis manusia pada 15 Juni 2020 lalu dan siap diproduksi secara masal. Untuk tahap awal, Universitas Indonesia berencana memproduksi 300 unit ventilator COVENT-20 untuk didistribusikan ke rumah sakit rujukan COVID-19.

2. Vent-I, ventilator buatan ITB
Ventilator Vent-I adalah hasil kerjasama Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (UNPAD) dan Yayasan Pembina Masjid Salman ITB. 

Vent-I merupakan ventilator yang memiliki fungsi utama CPAP yakni alat bantu pernapasan bagi pasien yang masih sadar dan dapat bernapas sendiri, bukan diperuntukkan bagi pasien ICU.

Ventilator ini telah dinyatakan lolos uji pada 21 April 2020 dan siap untuk diproduksi untuk dibagikan gratis ke rumah sakit rujukan COVID-19 di seluruh Indonesia. Total target produksi ventilator antara 800-900 unit. 

Produksi Vent-I dilakukan bekerjasama dengan perusahaan industri pesawat terbang PT. Dirgantara Indonesia.

3. Alat terapi oksigen GERLIP HFNC-01
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia bekerjasama dengan PT. Gerlink Utama Mandiri berhasil mengembangkan alat terapi oksigen beraliran tinggi atau high flow nasal cannula/HFNC. 

“Alat ini (HFNC) untuk pasien COVID-19 pada tahap awal jika pasien masih dalam kondisi dapat bernafas sendiri. Alat ini mencegah pasien tidak sampai gagal nafas dan tidak harus diintubasi menggunakan ventilator invasif,” jelas Ketua Kelompok Penelitian Otomasi Industri Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (Telimek) LIPI Hendri Maja Saputra.

GLP HFNC-01 sudah lulus uji dan mengantongi izin edar alat kesehatan dari Kementerian Kesehatan dari 17 Juni 2020.

Baca Juga

4. BPPT3S-LEN, ventilator buatan BPPT
BPPT membuat alat bantu pernapasan gawat darurat (emergency) berbasis Ambu-Bag (kantong udara) dan CAM yang diberi nama BPPT3S-LEN. Mesin ini adalah hasil kolaborasi dengan PT. LEN Industri, yakni perusahaan peralatan elektronik industri milik pemerintah.

5. DHARCOV-23S, ventilator buatan BPPT
BPPT juga membuat ventilator jenis lain yang dinamai DHARCOV23S. Ini adalah ventilator dengan mode operasi Continuous Mandatory Ventilation (CMV) berbasis pneumatik. Yakni ventilator berguna pada pasien tidak sadar untuk memberikan dukungan pernapasan penuh. 

DHARCOV23S inovasi hasil kerjasama BPPT dengan PT. Dharma Precision Tools, perusahaan yang memproduksi berbagai jenis alat pemotong.

Target produksi DHARCOV-23S sebanyak 200 unit yang akan diselesaikan hingga akhir bulan Juni 2020.  Harga kelima ventilator buatan anak bangsa ini dipastikan lebih rendah dari harga ventilator impor. Harga jualnya berkisar Rp 10 sampai 100 juta.

Siap Hadapi COVID-19!

Kami akan mengirim Anda informasi terkait pandemi COVID-19, termasuk data terbaru mengenai jumlah kasus dan informasi pengobatan.
Ketik email Anda
Dengan berlangganan, Anda telah setuju dengan syarat dan ketentuan kami, dan Anda telah membaca kebijakan privasi dan cookies yang kami sampaikan.
Bantu dokter dan tenaga medis lain mendapatkan alat pelindung diri (APD) dan ventilator untuk melawan COVID-19 dengan berdonasi melalui tautan berikut.



Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait

Tidak ada artikel lain dengan kategori serupa.