HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

πŸ’— Begini Perjuangan Hidup, Sulami 'Manusia Kayu' Asal Sragen πŸ’—



Perempuan asal Sragen Sulami (35) menderita penyakit langka, berubah kaku secara bertahap pada seluruh tubuhnya dengan rentan waktu 25 tahun lamanya di desa Selorejo Wetan, RT 31, Desa Mojokerto, Kedawung, Sragen, Jawa Tengah, 18 Januari  

Tubuh Sulami, yang kurus kering, terbujur kaku di atas dipan yang sederhana. Tubuhnya nyaris tidak bergerak, hanya matanya yang terlihat masih terbuka dan berusaha melihat ke sekelilingnya. Meski masih bisa berbicara, suaranya tidak begitu jelas lantaran gerak rahangnya tidak begitu bebas.
Baca Juga :
Selama belasan tahun, wanita berusia 35 tahun ini menjalani kehidupannya dengan tubuh kaku, yang dikenal sebagai penyakit punggung kayu, tanpa bisa bergerak. Tubuhnya hanya bisa lurus tanpa bisa ditekuk untuk membungkuk maupun duduk. Meski masih bisa berjalan—dengan bantuan orang lain—Sulami lebih banyak menghabiskan hidupnya di atas tempat tidur.

Penyakit yang tidak lazim itu dirasakan oleh Sulami sejak masih berusia sekolah dasar. Saat itu, dia merasakan sebuah benjolan di lehernya. “Benjolan itu lama-lama menjadi luka karena sering digaruk,” kata Sulami, Jumat, 20.

Bersamaan dengan itu, tubuhnya satu per satu menjadi kaku. “Pada awalnya hanya bagian jari,” katanya. Lama-kelamaan, anggota tubuh yang lain mengalami hal yang sama, seperti tangan, kaki, punggung, dan leher.


Penyakit itu mencapai puncaknya sejak 12 tahun silam. Hampir semua tubuhnya kaku dalam kondisi membujur lurus tanpa bisa ditekuk. Selain itu, terdapat luka di kedua kakinya yang tidak kunjung sembuh selama bertahun-tahun.

Baca Juga :

Untuk bisa berdiri, Sulami harus diangkat dan diturunkan dalam posisi berdiri. Sebenarnya, dia masih bisa sedikit berjalan dengan bantuan tongkat. Namun luka di kaki mengganggu aktivitasnya itu. Kondisi itu membuat warga Desa Mojokerto, Kecamatan Kedawung, Sragen, itu lebih banyak berdiam di kamar.

Dari keterangan dokter yang diperolehnya, Sulami mengatakan penyakit yang dideritanya merupakan pengapuran sendi dan tulang. Penyakit itu membuat semua tulang dan sendinya menyatu sehingga tidak bisa ditekuk.

Sudah lebih dari 10 tahun, Sulami, perempuan berusia 35 tahun asal Dukuh Selorejo, Desa Mojokerto, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, tak dapat duduk dan membungkuk. Tubuhnya kaku tak bisa bergerak. Saking kakunya, tubuh Sulami jadi mirip papan. Penyakit itu, kata Sulami, sudah dirasakan sejak ia duduk di bangku sekolah dasar.

Awalnya, Sulami merasakan ada sebuah benjolan di lehernya, lama-lama menjadi luka karena sering digaruk. Kemudian, tubuhnya satu per satu menjadi kaku. Mulai dari jari, tangan, kaki, punggung, dan leher.

Sejak itu, tubuh Sulami kaku, lurus, tanpa bisa ditekuk. Kaki Sulami juga mengalami luka, sampai warnanya menghitam, dan tak kunjung sembuh.

Baac Juga :

Sulami masih bisa berjalan dengan memegang tongkat dan dibantu orang lain. Meski demikian, kehidupannya lebih banyak dihabiskan di atas tempat tidur.

Penyakit yang diderita Sulami tak hanya menghebohkan media lokal, bahkan media internasional seperti DailyMail pun memuat berita soal Sulami.

Apa sebenarnya penyakit yang diderita Sulami? Di dunia kedokteran, apa yang dialami Sulami itu dikenal dengan sebutan Ankylosing Spondylitis.

Seperti dilansir WebMd, Ankylosing Spondylitis (AS) adalah penyakit jenis arthritis (bersifat kronis) yang memengaruhi tulang belakang. Gejalanya termasuk rasa sakit dan kaku dari leher ke punggung bawah.

"Ankylosing Spondylitis adalah masalah sendi-sendi di tulang belakang yang mengalami kekakuan. Dalam kasus yang lebih berat, penderitanya bisa kaku sampai ke pangkal paha dan lutut," ujar Dr. dr. Rahyussalim, Sp.OT(K), Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dan Traumatologi - Spine kepada Beritagar.id.

Menurut Rahyussalim, yang juga menjadi staf pengajar di FKUI RSCM, AS ini sebenarnya masalah sendi yang terkunci.

"Sendi itu kan mulai dari leher sampai kaki. Kalau semua sendi itu terkunci, maka jadilah kaku. Kenapa bisa terjadi? Ini karena adanya peradangan yang dipicu kelainan leukosit atau sel darah putih."

Baca Juga :

Penjelasan mengenai AS dari situs Meetdoctor adalah peradangan tulang punggung akibat tulang punggung yang membesar atau menyatu. Dampaknya, tulang punggung menjadi kaku dan bungkuk.

AS parah dapat menyebabkan penderitanya kesulitan melihat ke depan atau mendongakkan kepala. Peradangan tulang punggung juga dapat mengenai bagian tubuh lainnya, seperti mata dan usus.

Bagian tubuh yang biasanya terkena AS adalah sendi di antara tulang punggung dan panggul, tulang belakang, tempat tendon dan ligamen melekat pada tulang, terkadang sampai ke tumit, tulang rawan di antara tulang dada dan iga, sendi punggung atau pinggul

Gejala awal AS antara lain demam, mual dan muntah, serta kondisi tubuh terasa kurang nyaman. Gejala terjadi terutama saat bangun tidur pada pagi hari atau setelah lama tidak beraktivitas.

Penyebab penyakit ini, diduga karena turunan, seseorang yang memiliki gen yang disebut dengan HLA-B27, beresiko lebih tinggi terkena penyakit ini.

Rahyussalim juga mengatakan bahwa penyakit yang diderita Sulami bukanlah penyakit langka, apalagi tak bisa disembuhkan. Pun penyakit ini tak ada hubungannya dengan persoalan gizi.

"Secara teknologi dan ilmu kedokteran, penyakit itu tidak termasuk penyakit langka. Tentu saja bisa disembuhkan dengan operasi. Hanya memang biayanya mahal."

Baca Juga :

Rahyussalim menyarankan untuk mendeteksi gejala AS sejak dini agar tak semakin parah. Proses pengecekan bisa melalui rontgen dan MRI.
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait