HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

💗 Jangan Heran, Di Vietnam Daging Tikus Dijadikan Makanan Sehari Hari Bahkan Harganya Lebih Mahal dari Daging Ayam 💗




Sekilas saja melihat hewan pengerat muncul, Anda bisa langsung merasa jijik dan mengajukan komplain ke pemerintah daerah - New York contohnya, yang tengah berupaya mengatasi ‘krisis tikus’ di kota tersebut.

Baca Juga ;

Namun tikus tak selalu dibenci. Bahkan, di beberapa negara di dunia, tikus malah tergolong makanan lezat.


Setiap tahun pada 7 Maret, di sebuah desa terpencil di perbukitan di timur laut India, suku Adi merayakan Unying-Aran, festival unik yang manjadikan daging tikus sebagai bintangnya. Salah satu makanan favorit Adi adalah sup bernama bule-bulak oying, yang terbuat dari perut, usus, hati, testikel, dan janin tikus; semua direbus jadi satu bersama dengan ekor dan kaki tikus, ditambah garam, cabai, dan jahe.


Semua jenis tikus diterima oleh komunitas ini, dari tikus rumahan yang sering terlihat di permukiman sampai tikus hutan. Kaki dan buntut tikus sangat dihargai karena rasanya yang enak, kata Victor Benno 

Baca Juga :

Meyer-Rochow, di Universitas Oulu, Finlandia, yang mewawancarai beberapa anggota suku Adi untuk sebuah penelitian tentang tikus sebagai sumber makanan.

Jawaban yang dia peroleh memberikan gambaran berbeda tentang hama ini. Para responden mengatakan pada Meyer-Rochow bahwa daging tikus “adalah daging terbaik dan terenak yang bisa mereka bayangkan.”

“Mereka bilang, ‘Tak ada pesta, tak ada kebahagiaan jika tanpa daging tikus: untuk menghormati tamu penting, pengunjung, atau kerabat, untuk merayakan acara khusus; semuanya hanya bisa dilakukan jika ada daging tikus.’”s.

Bukan tanpa alasan, selain bentuknya, tikus juga diketahui hidup di tempat yang kotor dan kumuh. Sehingga tak heran bila hewan ini dianggap hewan yang menjijikkan.

Tapi, bagaimana jadinya jika hewan menjijikkan ini jadi santapan dan menu hidangan utama?

Ya, ternyata di Vietnam, hewan pengerat ini dijadikan menu hidangan utama mereka.

Baca Juga :


Bahkan terkadang warga di sana menjadikannya lauk sehari-hari.



Menurut mereka, tikus merupakan sumber protein yang sangat baik.

Hal tersebut pun dibenarkan oleh Robert Corrigan, ahli binatang pengerat di perkotaan dari RMC Pest Management Consulting.

“Hampir semua jaringan otot mamalia pada dasarnya mengandung protein yang sama, baik dari daging sapi atau bahkan kaki tikus,” tuturnya.

Namun, hanya dua jenis tikus yang mereka konsumsi. Yaitu tikus sawah yang memiliki berat setengah pound, dan bandicoot, yang bisa berkembang hingga dua pound, melansir Intisari.grid.id.

Dan seiring meningkatnya minat konsumsi tikus di sana, harga daging tikus pun ditaksir dengan harga mahal, melebihi harga ayam.

Baca Juga :

Seperti daging-daging pada umumnya, daging tikus juga diolah berbagai macam masakan. Mulai dari digoreng, dikukus, direbus, dibakar atau dipanggang.

Sementara cita rasa dari sensasi memakan daging tikus digambarkan seperti sedang memakan ayam atau daging kelinci.

“Orang asing yang mencicipi daging tikus mengatakan bahwa rasanya seperti ayam,” ungkap penangkap tikus yang disebut sebagai Mr. Thy.

“Namun, hewan ini memiliki daging gelap dengan rasa yang lebih tajam.”

“Menurut saya, itu seperti rasa daging kelinci,” tambahnya.

Saking disukainya, daging tikus bukan hanya menjadi menu. “Hadiah berupa tikus, (yang sudah) mati tentu saja, juga penting untuk memastikan bahwa keluarga mempelai perempuan tetap senang meski anak perempuan mereka meninggalkan keluarga dan bergabung dengan keluarga suami,” katanya.

Di hari pertama festival Unying-Aran, atau Hari Aman Ro, anak-anak akan menerima hadiah dua tikus mati, sama halnya seperti anak-anak mendapat kado Natal.

Masih sedikit informasi tentang bagaimana atau kapan orang-orang Adi menyukai daging tikus, namun Meyer-Rochow yakin tradisi ini cukup panjang, dan bukan karena mereka kekurangan pilihan daging untuk makanan. Di hutan di sekitar desa, ada banyak hewan seperti kijang, kambing, dan kerbau. Namun suku Adi lebih suka pada rasa daging tikus. “Mereka bilang, tak ada yang ‘mengalahkan tikus’,” katanya.

Baca juga ;

Meski seorang vegetarian, namun Meyer-Rochow kemudian mencoba daging tikus, rasanya sama seperti daging-daging lain yang pernah dia coba, hanya baunya yang berbeda. “Saya jadi teringat saat pertama di laboratorium menjadi mahasiswa zoologi, membedah tikus untuk belajar tentang anatomi tulang belakang,” katanya.

Lebih mahal dari ayam
Bukan hanya di Vietnam tikus menjadi menu makanan. Pembawa acara TV Inggris Stefan Gates sudah pergi keliling dunia dan bertemu dengan orang-orang yang menggunakan sumber makanan tak biasa. Di luar kota Yaounde, di Kamerun, dia menemukan peternakan kecil tikus tebu, spesies yang menurutnya, “mirip seperti anjing kecil, pemarah, dan buas”. Buas, tapi juga lezat. Menurut Gates, tikus ini adalah hidangan spesial karena lebih mahal dari ayam atau sayuran.

Dan seperti apa rasanya? “Daging terlezat yang pernah saya makan seumur hidup saya,” katanya. Gates ingat, daging tikus tersebut direbus dengan tomat, dan teksturnya “mirip daging babi, tapi sangat lembut, seperti bahu babi yang dimasak lama.” Luar biasa lembut, empuk dan lezat, sup daging tikus tersebut “sangat kental dan kenyal, dengan lapisan lemak yang lumer dengan pas.”

Tikus tebu kecil adalah salah satu spesies hewan pengerat yang dimakan di Afrika barat dan timur, dan beratnya bisa lebih dari 6kg 

Baca Juga :
Di negara bagian Bihar di India, Gates menghabiskan waktu dengan kasta Dalit, salah satu kasta termiskin di India. Orang-orang yang dia temui, oleh warga setempat, dijuluki ‘pemakan tikus’. Mereka menggarap lahan milik juragan tanah yang kaya dan berasal dari kasta lebih tinggi agar bisa menangkap tikus yang menjadi hama lahan.

Menurut Gates, tikus-tikus kecil ini sangat lembut dan rasanya mirip seperti ayam kecil atau burung dara. Satu-satunya yang kurang mengenakkan adalah bau rambut terbakar — untuk menghindari daging atau kulit terbuang, maka tikus dipanggang secara utuh, untuk membakar bulunya. Dan proses ini menghasilkan “bau yang luar biasa busuk”, kata Gates, dan ada “rasa pahit di bagian kulitnya”. Tapi bagian dalamnya baik-baik saja. “Daging dan kulit di bagian dalam tikus benar-benar lezat,” katanya.
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait