HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

💗 Menderita Kelainan Kulit, Gadis Ini Kesulitan Bergerak dan Duduk 💗




Seorang gadis berusia tujuh tahun menderita kelainan kulit langka. Hal itu membuat kulitnya sangat kering dan gatal.

Hingga keluarganya tidak mampu memberinya perawatan yang diperlukan. Gadis bernama Babita itu tinggal di desa Dumka. Letaknya di Bhagoya di negara bagian Jharkhand, India.

Kondisi kulitnya yang langka membuat melakukan aktivitas fisik normal seperti berjalan dan duduk sangat sulit, dikutip dari Daily Star.

Baca Juga :

Dia tidak dapat bersekolah dan mengunyah makanannya dengan benar ketika kulitnya pecah setiap kali dia mencoba melenturkan ototnya.

Babita telah menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di dalam ruangan karena anak-anak lain di lingkungan itu takut bermain dan berinteraksi dengannya.

Keluarganya bertahan hidup dengan uang yang diperoleh dengan menjual hasil panen dari ladang mereka yang hanya dapat dimiringkan sekali dalam setahun, hanya menghasilkan RS 5000 (£ 54,19) sebulan.

Gaji mereka yang rendah membuatnya sangat sulit untuk menyediakan dana untuk perawatan medis putri mereka, dan ia dibiarkan harus berjuang dengan kondisinya saat mereka mencari penyembuhan.

Orang tuanya telah mengunjungi dokter dari desa mereka dan kota-kota sekitarnya termasuk ibukota negara bagian Ranchi untuk bantuan medis.

Keluarga sangat membutuhkan bantuan karena mereka tidak dapat melanjutkan pengobatan rutinnya, dan menghentikannya bukanlah pilihan karena ini akan menyebabkan kondisinya semakin memburuk.

Babita tidak terlahir dengan kelainan kulit tetapi tanda-tanda pertama penyakit itu muncul ketika dia berusia tiga tahun, kata orangtuanya.

Baca Juga :

Kondisi ini dengan cepat menyebar ke seluruh tubuhnya, membuat kulitnya sangat kering dan bersisik. Dia harus melembabkan beberapa kali sehari.

Aktivis sosial Anjula Murmu secara teratur mengunjungi Babita di desanya setelah bertemu anak itu beberapa tahun yang lalu.

Dia membawa toffee, biskuit, dan mainan untuk anak yang dengan bersemangat menunggu kedatangannya, dan mencoba membantu keluarga keluar di mana pun dia bisa.

Ahli bedah Dr Ananth Kumar, yang bekerja di rumah sakit pemerintah, sedang menangani kasus Babita. Dia mengatakan kondisinya sebenarnya dapat disembuhkan dan memperluas bantuannya kepada keluarga.

Penyakit kulit bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti:

1. Infeksi virus
Infeksi virus adalag salah satu penyebab penyakit kulit yang cukup sering terjadi. Ada tiga kelompok virus yang paling sering menyebabkan penyakit kulit yaitu:

Poxvirus, menyebabkan moluskum kontagiosum dan cacar
Human papillomavirus, menyebabkan kutil kelamin
Virus herpes, menyebabkan herpes kulit dan kelamin
Penyakit yang disebabkan oleh virus ini bisa ringan bisa juga berat. Untuk itu, lakukan pengobatan dini untuk mencegah keparahan penyakit.

Baca Juga :

2. Infeksi bakteri
Selain virus, infeksi bakteri juga menjadi salah satu penyebab masalah kulit yang sangat sering menyerang.

Kulit manusia sebenarnya merupakan hunian bagi banyak bakteri seperti Staphylococcus, Corynebacterium spp., Brevibacterium spp, dan Acinetobacter. Bakteri-bakteri ini tergolong baik dan tidak menyebabkan masalah. Namun, jenis-jenis lainnya bisa menyebabkan penyakit.

Biasanya bakteri masuk ke kulit melalui luka terbuka atau lecet pada kulit. Memiliki luka terbuka atau lecet memang tidak selalu pasti membuat Anda kena penyakit kulit. Namun, tentu saja meningkatkan risikonya. Apalagi jika daya tahan tubuh Anda melemah akibat penyakit kronis yang dimiliki. Selain itu, kondisi ini juga bisa muncul akibat efek samping pengobatan.

Berikut berbagai jenis bakteri penyebab penyakit kulit beserta masalah yang disebabkannya:
  • Staphylococcus aureus
  • Folikulitis (kondisi saat folikel rambut meradang)
  • Bisul
  • Impetigo (infeksi yang menyebabkan ruam merah berisi cairan)
  • Ektima (borok di kulit yang tertutup kerang kuning kecokelatan)
  • Streptococcus pyogenes
  • Selulitis (infeksi kulit dan jaringan lunak di bawahnya)
  • Impetigo
  • Bisul
  • Erisipelas (infeksi akut berupa bercak di kulit)
  • Corynebacterium species
  • Eritrasma (Peradangan kulit yang menyerang area tubuh dengan banyak keringat)
  • Pitted keratolysis (infeksi bakteri di telapak kaki)
3. Infeksi parasit
Parasit menjadi salah satu penyebab penyakit kulit yang perlu diwaspadai. Parasit biasanya berwujud serangga kecil atau cacing yang masuk ke dalam kulit untuk hidup atau bertelur. Selain pada kulit, infeksi akibat parasit juga biasa masuk ke aliran darah dan organ.

Namun tak perlu khawatir, infeksi kulit yang satu ini umumnya tidak mengancam jiwa. Hanya saja memang membuat pengidapnya tidak nyaman. Adapun jenis infeksi kulit akibat parasit, yaitu kutu rambut dan kudis atau scabies.

Baca Juga :

4. Infeksi jamur
Infeksi jamur biasanya menyerang bagian kulit yang cenderung lembap seperti kaki dan ketiak. Pasalnya, jamur sangat mudah berkembang biak di lingkungan yang hangat dan lembap.

Atlet termasuk orang cukup rentan terhadap infeksi jamur. Pasalnya, pakaian yang berkeringat atau basah dan lembap menjadi rumah favorit bagi jamur untuk berkembang biak. Apalagi jika ditambah luka pada kulit yang membuat jamur bisa masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam.

Oleh sebab itu, jangan membiarkan tubuh terlalu lama dalam keadaan lembap atau basah jika tidak ingin terinfeksi jamur. Segera mandi atau keringkan tubuh pasca melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat.

Adapun berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur, yaitu:
  • Kutu air
  • Kurap
  • Ruam popok
5. Gangguan autoimun
Gangguan autoimun adalah kondisi saat sistem kekebalan tubuh keliru dan menyerang sel-sel tubuh yang sehat. Gangguan autoimun bisa menyerang bagian tubuh mana pun seperti organ, persendian, otot, jaringan, termasuk kulit.

Para ahli tidak mengetahui secara pasti mengapa hal ini bisa terjadi.

Penyakit kulit akibat gangguan autoimun umumnya tidak bisa disembuhkan. Namun, pengobatan yang tepat membantu meringankan dan mengendalikan gejala Anda.

Adapun berbagai penyakit kulit yang disebabkan oleh gangguan autoimun yaitu:
  • Skleroderma
  • Psoriasis
  • Dermatomiositis (ruam kulit disertai lemah otot)
  • Pidermolisis bullosa (penyakit yang membuat kulit rapuh dan mudah melepuh)
  • Pemfigoid bulosa (penyakit kulit langka yang diawali dengan ruam dan berubah menjadi lenting berisi cairan)
Baca Juga :

6. Mutasi DNA
Mutasi atau kesalahan DNA bisa menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit kulit. Mutasi menyebabkan sel tumbuh di luar kendali hingga membentuk sel kanker.

Kanker kulit biasanya dimulai di lapisan atas kulit atau epidermis. Epidermis adalah lapisan tipis yang bertugas memberikan perlindungan pada sel-sel dan jaringan kulit di bawahnya.

Epiderms memiliki tiga jenis sel utama yaitu:
  • Sel skuamosa, terletak tepat di bawah epidermis dan berfungsi sebagai lapisan dalam kulit
  • Sel basal, bertugas menghasilkan sel kulit baru dan berada di bawah sel skuamosa
  • Melanosit, penghasil pigmen yang memberi warna pada julit
  • Mutasi DNA bisa membuat sel kanker tumbuh dalam ketiga sel kulit ini.
7. Paparan sinar matahari berlebih
Dilansir dari Mayo Clinic, radiasi berlebih sinar ultraviolet (UV) dari matahari menjadi salah satu penyebab penyakit kulit, yaitu kanker. Ini karena paparan sinar matahari berlebih ternyata bisa memicu kerusakan dan mutasi pada DNA.

Kondisi ini terutama bisa memicu kanker kulit sel basal dan skuamosa. Namun, jika seseorang sering terpapar mahari berlebih sebelum berusia 18 tahun, ia berisiko tinggi terkena kanker kulit melanoma.


Hal-hal meningkatkan risiko terkena penyakit kulit

Selain karena berbagai penyebab di atas, seseorang juga berisiko tinggi terkena atau mengalami keparahan penyakit kulit jika:

1. Terpapar sinar UV berlebih
Tak hanya menjadi bisa menyebabkan penyakit kulit, paparan sinar UV berlebih juga bisa memicu keparahan penyakit.

Psoriasis dan rosacea termasuk penyakit yang bisa muncul akibat paparan sinar UV berlebih. Untuk itu, Anda perlu melakukan berbagai usaha untuk membatasinya yaitu dengan cara:
  • Mengoleskan tabir surya ke seluruh kulit saat berkegiatan di luar ruangan
  • Menggunakan pakaian tertutup agar sinar matahari tak langsung mengenai kulit
  • Menggunakan topi jika panas terlalu menyengat
  • Menggunakan kacamata hitam jika diperlukan
2. Memiliki riwayat penyakit kulit dalam keluarga
Faktor genetik berperan besar meningkatkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit kulit. Jika ada salah satu anggota keluarga yang memiliki penyakit kulit tertentu, Anda juga termasuk yang berisiko.

Biasanya kondisi ini muncul pada berbagai penyakit kulit autoimun seperti vitiligo dan psoriasis. Selain itu, rosacea dan eksim juga termasuk penyakit kulit yang berpeluang besar diturunkan dalam keluarga.

Baca Juga :

3. Dulu pernah mengalami infeksi kulit
Penyakit kulit bisa muncul sebagai akibat atau komplikasi dari masalah kulit tertentu. Misalnya, selulitis merupakan salah satu komplikasi dari impetigo.

Selain itu, Anda juga bisa terkena selulitis jika memiliki masalah kulit lain seperti kutu air, dermatitis kontak, eksim, herpes zoster, dan cacar air.

Oleh karena itu, pastikan untuk mendapatkan perawatan yang tepat hingga tuntas saat terkena penyakit kulit. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemunculan penyakit lainnya untuk masuk dan menginfeksi kulit.

4. Tidak menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan
Kuman termasuk bakteri, virus, dan penyakit menyukai lingkungan yang kotor dan lembap untuk berkembang biak. Orang yang tidak menjaga kebersihan tubuh dan lingkungannya sangat berisiko tinggi terkena penyakit kulit. Hal ini terutama yang disebabkan oleh bakteri, jamur, dan parasit.

Untuk menurunkan risiko ini, mulailah peduli dengan kebersihan diri. Jangan malas untuk mandi setiap harinya. Mandi membantu membersihkan kotoran dan keringat yang menempel di tubuh setelah beraktivitas.

Selain menjaga kebersihan diri, jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan terutama rumah. Usahakan untuk rajin mengganti seprai, membersihkan lantai, dan karpet agar Anda terhindari dari berbagai infeksi kulit.


5. Sistem imun tubuh lemah
Sistem imun memiliki fungsi penting yaitu sebagai pelindung tubuh dari infeksi penyakit. Ini karena sistem kekebalan tubuh memiliki banyak sel putih yang berguna untuk memerangi kuman penyebab infeksi.

Ketika kondisinya melemah, otomatis tugasnya untuk melawan kuman penyebab penyakit kulit menjadi terhambat. Akibatnya, virus dan bakteri dapat dengan mudah masuk dan menginfeksi kulit.

Biasanya sistem kekebalan tubuh yang lemah ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti:
  • Memiliki penyakit kronis seperti HIV/AIDS, diabetes, kanker
  • Sedang menjalani kemoterapi
  • Efek obat seperti kortikosteroid atau TNF inhibitor untuk mengatasi penyakit rematik
  • Orang yang melakukan transplantasi organ
  • Berusia di atas 65 tahun
  • Bayi dan anak-anak


Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait

Tidak ada artikel lain dengan kategori serupa.