HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

💗 Mengenal Pica, Kelainan Makan Hal-hal Aneh, Mulai dari Sabun, Tanah Liat, hingga Kotoran, Apa Penyebabnya? 💗



Dalam sebuah video yang viral, seorang gadis memakan sabun mandi layaknya makan es krim saja. Apa yang terjadi pada gadis itu sebenarnya?

Gadis itu mempunyai kelainan makan yang diistilahkan sebagai pica. Pica adalah bahasa latin untuk burung magpie atau burung pemakan segala yang memiliki kebiasaan pola makan yang aneh, demikian dikutip dari Bobo.id.

Baca Juga :

Orang-orang dengan kelainan pica secara kompulsif memakan makanan yang tidak memiliki nilai gizi. Orang yang terkena mungkin makan item yang relatif tidak berbahaya, seperti es.

Atau mereka mungkin makan barang-barang yang berpotensi berbahaya, seperti serpihan cat kering atau potongan logam.

Dalam kasus terakhir, gangguan ini dapat menyebabkan konsekuensi serius, seperti keracunan timbal.

Gangguan ini paling sering terjadi pada anak-anak dan wanita hamil. Biasanya bersifat sementara.

Dalam buku The Handbook of Clinical Child Psychology, diperkirakan tingkat prevalensi pica berkisar dari 4% - 26% di antara populasi yang dilembagakan, menurut Webmd.

Pica juga terjadi pada orang yang memiliki cacat intelektual. Sering kali lebih parah dan berlangsung lama pada orang-orang dengan kelainan perkembangan parah.

Apa gejala Pica?

Makan terus-menerus selama setidaknya satu bulan, zat yang bukan makanan dan tidak memberikan nilai gizi.

Mengonsumsi zat yang bukan merupakan bagian dari praktik yang didukung secara budaya atau normatif sosial (misalnya, beberapa budaya mendorong untuk makan tanah liat sebagai bagian dari praktik pengobatan).

Baca Juga :

Zat yang dicerna cenderung bervariasi sesuai usia dan ketersediaan. Yang mereka makang mungkin termasuk: kertas, sabun, kain, rambut, tali, wol, tanah, kapur, bedak, cat, permen karet, logam, kerikil, arang, abu, tanah liat, kanji, atau es. Bahkan mungkin kotoran, pasir, sisa rokok yang tidak digunakan, abu rokok, lem, atau kapur.

Makan zat-zat ini harusnya tidak sesuai perkembangan. Pada anak-anak di bawah usia dua tahun, benda-benda yang bersuara, atau memasukkan benda-benda kecil ke dalam mulut mereka, adalah bagian normal dari perkembangan, memungkinkan anak untuk mengeksplorasi indera mereka.

Benda-benda yang mereka masukkan ke dalam mulut akhirnya dapat menyebabkan tertelan. Untuk mengecualikan perkembangan mulut yang normal, anak-anak di bawah usia dua tahun tidak boleh didiagnosis dengan pica.

Secara umum, mereka yang memiliki kelainan pica tidak menolak untuk menelan makanan.

Apa penyebab pica?

Tidak ada satu pun penyebab pica. Dalam beberapa kasus, kekurangan zat besi, seng, atau nutrisi lain dapat dikaitkan dengan pica.

Misalnya, anemia, atau kekurangan zat besi, mungkin menjadi penyebab pica pada wanita hamil.

Mengidam yang tidak biasa mungkin merupakan tanda bahwa tubuh Anda sedang berusaha mengisi kembali tingkat gizi yang rendah.

Orang dengan kondisi kesehatan mental tertentu seperti skizofrenia dan gangguan obsesif-kompulsif dapat mengembangkan pica sebagai mekanisme koping.

Beberapa orang bahkan dapat menikmati dan mendambakan tekstur atau rasa dari barang-barang bukan makanan tertentu.

Baca Juga :

Dalam beberapa budaya, makan tanah liat adalah perilaku yang diterima. Bentuk pica ini disebut geofagia.

Diet dan kekurangan gizi keduanya bisa menyebabkan pica. Dalam kasus ini, makan makanan non-makanan dapat membantu Anda merasa kenyang.

Bagaimana pica diagnosis?

Tidak ada tes untuk pica. Dokter Anda akan mendiagnosis kondisi ini berdasarkan riwayat dan beberapa faktor lainnya.

Anda harus jujur ​​dengan dokter tentang barang yang bukan makanan yang Anda makan. Ini akan membantu mereka mengembangkan diagnosis yang akurat.

Mungkin sulit bagi mereka untuk menentukan Anda memiliki pica jika Anda tidak memberi tahu mereka apa yang Anda makan.

Dokter Anda dapat menguji darah Anda untuk melihat apakah Anda memiliki kadar seng atau zat besi yang rendah.

Ini dapat membantu dokter Anda belajar jika Anda memiliki kekurangan nutrisi yang mendasarinya, seperti anemia. Kekurangan nutrisi terkadang terkait dengan pica.

Dokter dapat menggunakan tes tertentu, seperti sinar-X dan tes darah, untuk memeriksa anemia dan mencari racun dan zat lain dalam darah, untuk memeriksa penyumbatan pada saluran usus.

Baca Juga :

Dokter juga dapat menguji kemungkinan infeksi yang disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi bakteri atau organisme lain.

Sebelum membuat diagnosis pica, dokter akan mengevaluasi keberadaan gangguan lain, seperti cacat intelektual, cacat perkembangan, atau gangguan obsesif-kompulsif, sebagai penyebab perilaku makan yang aneh.

Apa komplikasi yang terkait dengan pica?

Mengonsumsi barang-barang bukan makanan tertentu terkadang dapat menyebabkan kondisi serius lainnya.

Barang-barang tertentu, seperti pecahan cat, mungkin mengandung timbal atau zat beracun lainnya, dan memakannya dapat menyebabkan keracunan, meningkatkan risiko komplikasi anak termasuk ketidakmampuan belajar dan kerusakan otak. Ini adalah efek samping pica yang paling memprihatinkan dan berpotensi mematikan.

Makan benda non-makanan dapat mengganggu makan makanan sehat, yang dapat menyebabkan kekurangan gizi.

Makan benda yang tidak bisa dicerna, seperti batu, bisa menyebabkan sembelit atau penyumbatan pada saluran pencernaan, termasuk usus dan lambung.

Juga, benda keras atau tajam (seperti penjepit kertas atau potongan logam) dapat menyebabkan robekan pada lapisan kerongkongan atau usus.

Bakteri atau parasit dari kotoran atau benda lain dapat menyebabkan infeksi serius. Beberapa infeksi dapat merusak ginjal atau hati.

Kecacatan perkembangan yang ada bersama dapat membuat perawatan menjadi sulit.

Baca Juga :

Bagaimana pica diobati?

Dokter Anda mungkin akan mulai dengan mengobati setiap komplikasi yang Anda peroleh dari makan makanan yang bukan makanan.

Sebagai contoh, jika Anda keracunan timbal karena memakan pecahan cat, dokter Anda mungkin akan meresepkan terapi khelasi.

Dalam prosedur ini, Anda akan minum obat yang mengikat dengan timbal. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengeluarkan timbal dalam urin Anda.

Dokter Anda mungkin juga meresepkan obat lain untuk keracunan timbal, seperti asam etilendiaminetetraasetat, atau EDTA.

Jika mungkin pica disebabkan oleh ketidakseimbangan nutrisi, dokter Anda mungkin akan meresepkan suplemen vitamin atau mineral. Misalnya, mereka mungkin menyarankan untuk mengonsumsi suplemen zat besi biasa.

Dokter Anda juga dapat memesan evaluasi psikologis untuk menentukan apakah Anda memiliki gangguan obsesif-kompulsif atau kondisi kesehatan mental lainnya.

Tergantung pada diagnosis Anda, mereka mungkin meresepkan obat, terapi, atau keduanya.

Sampai saat ini, penelitian belum berfokus pada obat-obatan untuk membantu orang dengan pica.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Behavior Analysis menunjukkan bahwa suplemen multivitamin sederhana mungkin merupakan pengobatan yang efektif dalam beberapa kasus.

Baca Juga :

Jika seseorang dengan pica memiliki kecacatan intelektual atau gangguan kesehatan mental, obat-obatan untuk mengelola masalah perilaku juga dapat membantu mengurangi atau menghilangkan keinginan mereka untuk makan makanan yang tidak bergizi.

Kolaborasi yang erat dengan tim kesehatan mental yang terampil dalam merawat pica sangat ideal untuk perawatan optimal dari kasus-kasus kompleks ini.

Apa pandangan untuk penderita pica?

Pada anak-anak dan wanita hamil, pica sering hilang dalam beberapa bulan tanpa perawatan.

Namun, kemungkinan akan lebih sulit untuk mengelola pada anak-anak yang mengalami kelainan perkembangan.

Dalam banyak kasus, perilaku makan menghilang ketika defisiensi diperbaiki. Jika perilaku tidak disebabkan oleh malnutrisi atau tidak berhenti setelah perawatan gizi, berbagai intervensi perilaku bisa dilakukan.

Para ilmuwan di komunitas autisme telah mengembangkan beberapa intervensi efektif yang berbeda, termasuk mengarahkan perhatian orang tersebut menjauh dari objek yang diinginkan dan menghadiahi mereka karena membuang atau meletakkan barang yang bukan makanan.

Baca Juga :

Bisakah pica dicegah?

Perilaku pica tidak selalu hilang. Ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun, terutama pada orang yang memiliki cacat intelektual.

Dokter Anda akan membantu Anda memahami prospek kasus spesifik Anda dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengelola kondisi tersebut.

Tidak ada cara khusus untuk mencegah pica. Namun, perhatian yang cermat terhadap kebiasaan makan dan pengawasan ketat terhadap anak-anak yang diketahui memasukkan benda-benda ke mulut dapat membantu mengatasi gangguan sebelum komplikasi dapat terjadi.
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait