HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

💗 Waspada Puncak DBD Sepanjang Juli, Yuk Kenali Kenali Gejala DBD 💗




DEMAM Berdarah Dengue (DBD) menjadi satu ancaman penyakit yang harus dikendalikan sepanjang Juli. Karena Juli disebut sebagai puncaknya DBD, sehingga Anda harus mengenali gejala DBD.

Hal tersebut ditandai dari semakin meningkatnya kasus DBD dalam beberapa waktu terakhir. Agar tak mengabaikan gejala DBD, Anda harus mengenali dengan seksama.

Baca Juga :

Untuk menghadapi situasi ini, Juru Bicara Pemerintah Penangan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro mengajak masyarakat Indonesia untuk mengenali gejala DBD. Ada cara mudah untuk mengenali penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti ini.

"Gejala pertama dan paling umum yang harus diketahui masyarakat adalah demam tinggi hingga 40 derajat celcius, disertai tubuh mengigil dan berkeringat," kata Reisa dalam konferensi pers di Gedung BNPB, Jumat (3/7/2020).


Gejala selanjutnya mencakup sakit kepala, nyeri tulang, otot sakit, mual, hingga muncul bintik-bintik merah di permukaan kulit.
Dokter Reisa mengungkapkan, gejala DBD memang tidak langsung terlihat. Biasanya baru akan muncul 4-10 hari setelah digigit nyamuk yang membawa virus dengue.

Efek yang paling berbahaya dari DBD adalah adanya masalah kulit akibat menurunnya trombosit. Lalu pendarahan juga bisa terjadi, yang bisa menyerang hidung dan gusi.

Baca Juga :

Kondisi pasien DBD bisa menjadi berat saat mengalami dengue shock syndrome (DSS). Gejalanya meliputi muntah, nyeri perut, perubahan suhu tubuh dari demam menjadi dingin atau hipotermia, dan melambatnya denyut jantung.

"Bila tidak segera ditangani bisa menyebabkan kematian ketika penderitanya mengalami shock karena pendarahan," ucap Dokter Reisa.
Hingga saat ini, belum ada obat spesifik untuk menybuhkan DBD. Pemberian obat hanya untuk mengurangi gejala dan mencegah komplikasi. Itulah sebabnya pasien DDB dianjurkan untuk banyak beristirahat dan banyak mengonsumsi air putih agar tidak mengalami dehidrasi.

Sebagai informasi, Kementerian Kesehatan RI menyebutkan bahwa kasus DBD sampai minggu ke-27 di tahun 2020 ini, sudah mencapai lebih dari 70.000 kasus. Jumlah ini tersebar di 34 provinsi dan 465 kapubaten kota. Sementara untuk angka kematiannya dilaporkan sudah hampir 500 orang meninggal dunia.

Demam yang disertai nyeri sendi dan muncul ruam di permukaan kulit adalah gejala demam berdarah dengue (DBD) yang paling khas. Meski demikian, masih banyak juga orang yang ragu apakah kondisi yang dialaminya adalah benar gejala DBD atau bukan. Jangan dibiarkan saja, ketahui cara untuk memastikan gejala DBD di sini agar pengobatan bisa dilakukan secepat mungkin.

Demam berdarah dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Dengue. Virus ini bisa masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes albopictus, yang banyak ditemukan di wilayah tropis dan subtropis. 

Baca Juga :

DBD sempat disebut juga penyakit “break bone”, karena terkadang menyebabkan nyeri sendi dan otot yang membuat tulang terasa, seperti mau patah. Pada tahap awal, DBD biasanya menimbulkan gejala berupa demam tinggi, ruam, serta nyeri otot dan sendi. Sedangkan pada kasus yang lebih parah, yang dikenal juga sebagai dengue hemorrhagic fever (demam dengue), gejala yang ditimbulkan juga lebih serius, seperti perdarahan serius, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba, bahkan kematian.

Gejala DBD yang Perlu Diwaspadai
Demam berdarah adalah kondisi yang bisa mengakibatkan kerusakan dan kebocoran pada pembuluh darah, serta membuat trombosit atau sel keping darah menurun. Bila kondisi ini tidak segera ditangani, maka bisa berbahaya hingga menyebabkan kematian.

Gejala DBD yang perlu diwaspadai, antara lain demam, sakit perut, muntah, dan lemas. Pengidap DBD juga bisa mengalami perdarahan pada hidung, gusi, atau di bawah kulit, sehingga tampak, seperti memar. Darah juga bisa terdapat dalam urine, feses, ataupun muntahan. Kamu dianjurkan untuk segera mencari pertolongan medis, bila mulai mengalami sesak napas atau keringat dingin.

Sedangkan pada demam dengue, yang adalah bentuk ringan dari infeksi virus dengue, biasanya dimulai dengan gejala demam. Gejala tersebut baru muncul 4–7 hari setelah gigitan nyamuk dan bisa berlangung selama 10 hari.

Berikut ini beberapa gejala demam dengue:

  • Demam hingga mencapai 40 derajat Celsius atau lebih
  • Sakit kepala berat
  • Nyeri pada sendi, otot, dan tulang
  • Tidak ada nafsu makan
  • Nyeri pada bagian belakang mata
  • Mual dan muntah
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Ruam kemerahan yang muncul sekitar 2–5 hari setelah demam.
Cara Mendiagnosis Demam Berdarah
Mendiagnosis demam berdarah sedini mungkin sangat penting agar bisa diobati segera, sehingga dapat mencegah pengidap mengalami fase kritis yang bisa menyebabkan kematian. Adapun demam berdarah memiliki beberapa fase, mulai dari fase awal yang ditandai dengan demam cukup tinggi hingga 40 derajat Celsius yang berlangsung selama 1 sampai 7 hari. 

Bila pemeriksaan laboratorium dilakukan pada awal fase demam ini, maka akan dijumpai jumlah sel darah putih yang normal. Kemudian, jumlah tersebut akan menurun selama fase demam.

Baca Juga :

Jumlah sel darah merah pada awal demam juga biasanya tetap normal. Namun di antara hari ketiga sampai ketujuh, jumlah tersebut akan mengalami penurunan. Karena itu, pemeriksaan sel darah merah melalui tes darah perlu diulang.

Ada dua pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mendiagnosis demam berdarah, yaitu antigen non struktural-1 dengue (NS1) dan lgG/lgM anti dengue.

Perlu diketahui, pengidap DBD rentan memasuki fase kritis di hari ke-4 atau hari ke-5. Pada fase itu, demam mungkin akan menurun dan pengidap merasa kondisinya sudah membaik. Namun, penurunan suhu tubuh sebenarnya bukan berarti sembuh, melainkan terjadi penurunan trombosit. 

Bila kadar trombosit menurun secara drastis, maka akan mengakibatkan darah menjadi lisis (membran plasma robek hingga sel menjadi rusak) yang dapat menyebabkan fungsi darah dan jantung menjadi terganggu. Tandanya, pembuluh darah sudah pecah adalah pengidap DBD akan mengalami gejala berupa muntah, mimisan, pembesaran organ hati, dan nyeri perut.

Karena itu, tes darah sebaiknya segera dilakukan bila kamu mengalami gejala demam yang disertai dengan beberapa gejala DBD lainnya, seperti yang sudah disebutkan di atas.
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait