Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

💛 Pantang Tinggalkan Ibadah, Kakek Tukang Becak Sholat di Teras Toko, Sungguh Bikin Haru 💛

Foto seorang kakek tukang becak yang sedang menjalan sholat di emperan toko menjadi perbincangan di media sosial.

Foto yang diunggah Rizky Dwi Ratna Septinawati di akun Instagram, @erdhe_, membuat pengguna media sosial terharu.

Baca Juga :

💛 Hanya Mampu Belikan Nasi dan Mie Instant Untuk Dua Anaknya, Kisah Ayah Ini Bikin Sedih  💛

Sebab, pengayuh becak yang belum diketahui namanya tersebut tetap menjalankan sholat dalam kondisi apapun. Petang itu, saat hujan mengguyur, sang kakek menyembah Tuhan, dan difoto oleh Rizky. Dia juga menulis kisah mengenai pengayuh becak tersebut.

Menurut Rizky, setiap malam pengayuh becak itu tinggal di emperan Toko Anugerah yang terletak di Jalan Pemuda, Gedongan, Megansari, Mojokerto, Jawa Timur. Ketika toko itu buka, si kakek akan kembali menggowes becak, mencari nafkah.

“Ketika toko anugerah tutup beliau langsung disini tidur, makan, sholat dan lain-lain,” ucap dia.

Kakek pengayuh becak, tulis Rizky, bukan asli Mojokerto. Dia kerap menjumpai si pengayuh becak tersebut lantaran toko tersebut berada tepat di depan sekolahnya, SMA 3 Mojokerto.

Baca Juga :

💛 Pantang Tinggalkan Ibadah, Kakek Tukang Becak Sholat di Teras Toko, Sungguh Bikin Haru 💛

Unggahan di akun Instagram Rizky kembali diunggah oleh Tri Septian Indrianty di grup Facebook Ketimbang Ngemis Jakarta. Berbagai doa dan harapan pun tertuang di komentar para pengguna media sosial.

“Sehat terus ya kek, semoga Allah selalu menjaga, melindungi kakek, dan melancarkan rezeki kakek,” tulis pengguna Facebook, Isty Rachman.

Sebagai seorang muslim, dalam beribadah atau melakukan hal-hal yang baik sesuai ajaran agama Islam. Secara bahasa istiqomah yang berasal dari bahasa Arab artinya lurus, sedangkan menurut istilah istiqomah dapat diartikan sebagai menjaga perbuatannya tetap pada jalan yang lurus dan tidak berubah karena sesuatu.

Istiqomah dalam Islam berarti menjaga segala iman dan taqwa dijalan Allah dengan tetap beribadah menjalani perintahnya dan senantiasa menjauhi larangannya.

Baca Juga :

💗 Jangan sekali-kali meninggalkan Si Kecil tanpa pengawasan, meskipun sedang tidur sekalipun💗

istiqomah dalam Islam memiliki banyak arti. Ada beberapa pengertian mengenai istiqomah menurut beberapa Khulafaur Rosyidin yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Ali Bin Abi Thalib, istiqomah merupakan tindakan melakukan suatu kewajiban.

2. Menurut Abu Bakar Ash-Shiddiq, istiqomah adalah perilaku seseorang yang tidak menyekutukan Allah SWT dengan yang lainnya atau tidak berbuat syirik.

3. Menurut Umar bin Khattab istiqomah yaitu sebagai suatu hal yang harusnya bertahan pada satu perintah dan tidak melakukan suatu apapun yang dilarang.

4. Menurut Usman bin Affan, istiqomah berarti ikhlas.

Dasar hukum istiqomah

Allah SWT menyebutkan perintah untuk beristiqomah dalam Alquran dan begitu juga Rasul yang menyebutkan perintah istiqomah tersebut dalam haditsnya. Diantara dalil-dali mengenai dasar hukum istiqamah adalah sebagai berikut:

Baca Juga :

💚 Inilah Malaikat yang Datang ke Alam Kubur Sebelum Munkar dan Nakir 💚

1. Seluruh umat muslim diperintahkan untuk istiqomah

Allah SWT  berfirman dalam surat Fusilat ayat 30 bahwa muslim yang mau beristiqomah dalam ibadahnya akan dijanjikan surga baginya.

Doa agar istiqomah di jalan Allah SWT  © 2020 brilio.net View Image

Innallaziina qaalu rabbunallaahu summastaqaamu tatanazzalu 'alaihimul-malaa'ikatu allaa takhaafu wa laa tahzanu wa absyiru bil-jannatillatii kuntum tu'adun

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah SWT kepadamu."

Baca Juga :
💚 Cerita Bocah Kangen Ibunya Nangis di Masjid, Diusap Batu Nisan Ibunya 💚

2. Istiqomah merupakan hal terpenting dalam Islam

Firman Allah SWT dalam surat fusilat tersebut diperkuat oleh hadits yang dikemukakan Rasul berikut ini. Dalam suatu hadits seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW:

"Ya Rasulullah SAW tolong ajarkan sesuatu kepadaku yang paling penting dalam Islam dan saya tidak akan bertanya lagi kepada siapapun. Nabi menjawab: Katakanlah aku beriman kepada Allah SWT, kemudian istiqomah (Konsisten menjalankan perintahnya dan mejauhi larangan)."