Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

💗 Viral, Kisah Seorang Pemuda yang Paru-Parunya Sudah Tidak Berfungsi Karena Merokok 💗


Dalam unggahan video serta fotonya , pemuda bernama Niko tersebut terlihat sedang terbaring di ranjang rumah sakit RSUD Ahmad Yani Metro, Lampung.

Tidak hanya diinfus, sebuah selang juga terlihat menyambung ke dadanya.

Baca Juga :

💗 Maut bisa datang tiba tiba, Diam dan tak bergerak Ternyata Penjual Es Keliling Ini Meninggal di Atas Motornya 💗

"Minta doanya kawan biar Niko kuat dan cepat sembuh. Buat kalian yang masih merokok, Niko yang udah ngerasain gimana rasanya saat paru-paru kalian enggak berfungsi," tulis Niko.

Ia mengaku sangat kesakitan saat paru-parunya berhenti berfungsi.

"Sumpah rasanya sakit dan cara ngobatinnya bakalan nyiksa kalian berhari-hari. Niko ajak kalian semua hidup lebih sehat. Rokok bener-bener bakalan nyiksa kalian suatu saat nanti," sambungnya.

Melansir NHS, hampir seluruh organ dalam tubuh dapat terkena efek buruk dari merokok. Misalnya otak, jantung, mulut, tenggorokan, ginjal hingga kulit.

Bahkan rokok dapat memengaruhi kualitas sperma yang berujung pada masalah kesuburan.

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan peringatan “dilarang merokok”, bukan? Dua kata itu bisa dengan mudahnya dijumpai di mana saja. Merokok dilarang lantaran banyaknya bahaya merokok yang dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga :

💗 Tega! Anak Dibuang Orang Tua di Depan RSUD, Warga Kerinci Heboh 💗

Setiap rokok yang Anda hisap, meningkatkan risiko Anda terkena penyakit jantung. Diperkirakan, setidaknya sebanyak 20% kematian akibat penyakit jantung terkait langsung dengan kebiasaan merokok.

Segudang Bahaya Merokok terhadap Tubuh 

Kandungan pada Rokok yang Berbahaya

Mengapa rokok begitu berbahaya dan apa saja efek negatif lainnya dari rokok? Bahaya merokok dapat ditimbulkan dari kandungan-kandungan yang terdapat pada sebatang rokok.

Lebih dari 4000 bahan kimia terdapat di dalamnya. Setidaknya, 60 dari bahan kimia tersebut mampu menyebabkan kanker. Bahan-bahan berbahaya pada sebatang rokok, di antaranya:

Karbon monoksida

Zat yang tidak bisa terlihat atau terasa ini, kerap ditemukan pada asap knalpot mobil. Zat ini bisa mengikat diri pada hemoglobin dalam darah secara permanen, sehingga menghalangi suplai oksigen ke seluruh bagian tubuh. 

Baca Juga :

💗 Ganggu Suami Orang, Mahasiswi S2 Dapat Karangan Bunga Dari Istri Sah: “Happy Graduation for Pelakor, dari Istri yang Kau Goda Suaminya” 💗

Karbon monoksida ini cenderung membuat Anda merasa kehabisan napas dan juga menjadi lebih mudah lelah.

Ketika merokok, kandungan tar di dalam rokok akan ikut terisap. Zat ini akan mengendap di paru-paru Anda dan berdampak negatif pada kinerja rambut halus yang melapisi paru-paru. Padahal, rambut tersebut bertugas untuk mendorong kuman serta partikel asing lainnya keluar dari paru-paru Anda. Tar dalam asap rokok mengandung berbagai bahan kimia karsinogen, yang dapat memicu perkembangan sel kanker di tubuh.

Gas oksidan

Gas ini bisa bereaksi dengan oksigen. Keberadaan oksidan dalam tubuh meningkatkan risiko terjadinya stroke dan serangan jantung.

Baca Juga :

💗 Masih Ingat Kisah Dibalik Wafatnya Julia Perez? Pria Dengan Ciri-ciri Inilah Sebarkan Virus Mematikan 💗

Benzene

Zat yang ditambahkan ke dalam bahan bakar minyak ini bisa merusak sel pada tingkat genetik. Zat ini juga dikaitkan dengan berbagai jenis kanker seperti kanker ginjal dan leukimia.