HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

Tak Punya Kaki, Kakek 70 Tahun Ini Tanam Pohon Sendirian demi Hijaukan Bukit


Tak sedikit yang menjadikan keterbatasan fisik sebagai alasan untuk menyerah. Tapi pada kenyataannya masih banyak orang-orang   dengan    keterbatasan fisik yang bisa bangkit dan mengisi hari-hari mereka dengan hal-hal yang positif.

Baca Juga :

Seperti kisah seorang kakek di China yang telah kehilangan kedua kaki berjuang menanam pohon demi menghijaukan bukit. Perjuangan seorang kakek dari China bernama Ma Sanxiao yang patut mendapat apresiasi yang sangat luar biasa.

Selama 19 tahun terakhir, pria 70 tahun ini telah menanam ribuan pohon di bukit-bukit tandus sekitar desanya sendirian. Keterbatasan fisik tak membuat kakek ini menyerah untuk melakukan kebaikan seperti yang Liputan6.com lansir dari Metro UK, Senin (1/7/2019).

Ma Sanxiao adalah mantan tentara veteran dari Jingxing, Provinsi Hebei, China Utara. Sanxiao didiagnosis keracunan darah pada 1974, saat bertugas di Angkatan Darat Tiongkok. Kondisinya semakin memburuk setelah ia pensiun, dan akhirnya kedua kakinya diamputasi. 

Baca Juga :

πŸ’–πŸ’– Gara-gara Janda Bolong, Abubakar Tersesat di Hutan dan Makan Indomie, Diselamatkan Pembuat Jembatan πŸ’–πŸ’–

Pertama, dia kehilangan kaki kanannya pada tahun 1985, dan yang kiri pada tahun 2005. Namun keterbatasan fisik tak membuatnya menyerah.

Mendapatkan Inspirasi dari TV

Sebagai mantan tentara, Sanxiao merasa tidak bisa hanya tinggal diam di rumah. Satu hari di tahun 2000, Sanxiao menyaksikan kisah seorang penanam pohon di TV. Acara itu ternyata menginspirasi Sanxiao. Dia pun mulai menanam pohon di bukit-bukit tandus di sekitar desanya, dengan tujuan awal hanya ingin menjual kayunya.


"Jujur saja, ide awal saya adalah mencari nafkah dengan menanam pohon. Anda tahu, saya bisa menjualnya untuk menghasilkan uang dan mandiri secara finansial," kata Sanxiao.

Namun, ketika pohon-pohon itu tumbuh membesar, Sanxiao menjadi ragu dengan niatnya yang semula.

"Pohon-pohon itu tidak hanya cantik, tetapi juga penting bagi bukit-bukit itu karena mereka dapat menahan tanah," tambahnya.

Baca Juga :

πŸ’–πŸ’– Tinggal di Tenda Kecil, Ayah Ini Bisa Besarkan 3 Anak Hingga Sarjana πŸ’–πŸ’–

Hal itulah yang membuat Sanxiao berubah pikiran. Dia tidak akan menjual pohon-pohon tersebut sampai akhir hayatnya.

"Saya tak akan pernah menjualnya. Ini adalah sebuah tugas besar untuk menanam pohon hingga akhir hayat dan mewariskan alam yang hijau ini untuk generasi mendatang," katanya.

Menanam Pohon Sendirian

Sanxiao setiap hari bangun jam 5 pagi dan memulai pekerjaannya sebagai penanam pohon. Setelah mengemasi pakaian dan mempersiapkan peralatan, dia menuju bukit-bukit sekitar desanya dengan menggunakan tongkat kruk.

Dia bahkan jarang sarapan di rumah untuk menghemat waktunya. Sanxiao akan membungkus sarapannya dan memakannya di saat-saat istirahat dari menanam pohon.

Walaupun telah kehilangan kedua kakinya, hal itu justru bukan menjadi penghalang bagi Sanxiao. Setiap harinya Sanxiao bekerja sendiri menanam satu bibit pohon dengan bantuan sekop, Sanxiao akan merangkak ke sungai terdekat untuk mengambil air dan menyiram bibit tersebut. Menanam pohon bukan pekerjaan yang mudah bagi orang dengan kondisi fisik seperti Sanxiao.

Baca Juga :

πŸ’– Dulu Jadi Tukang Parkir Dan Badut, Anak Kuli Bangunan Ini Lolos Jadi Anggota Polri. πŸ’–

"Kesulitan-kesulitan ini tidak menghalangi saya, karena saya adalah seorang prajurit. Tapi saya harus meminjam uang untuk membeli bibit pohon dan alat-alat. Bahkan saya tidak bisa menghitung berapa sekop yang rusak yang saya gunakan selama bertahun-tahun," kata Sanxiao.

Mendapatkan Apresiasi dari Pemerintah

Kehidupan Sanxiao berubah ketika media China meliput kisahnya dan para sukarelawan mulai muncul untuk membantunya. Pemerintah Cina juga mengakui kontribusinya kepada lingkungan dan mulai menawarkan bantuan keuangan kepadanya.

Sanxiao bisa saja berhenti karena banyak orang berbadan sehat bersedia melanjutkan pekerjaannya, tetapi menanam pohon adalah hal yang membuatnya bahagia, jadi dia terus melakukanya setiap hari.

Sejak tahun 2000, Ma Sanxiao telah menghabiskan hampir setiap hari di hutan belantara di Gunung Taihang. Dan sekarang ia telah memiliki sekitar 17.000 pohon yang telah menjadi hutan.

Baca Juga :

πŸ’– Perjuangan Berat Efi Bani: Melahirkan 3 Bayi Kembar, Suami Menghilang Tak Ada Kabar πŸ’–

"Bagiku, itu bukan pohon. Aku menganggap mereka sebagai prajurit yang aku perintahkan. Mereka membuat aku merasa sangat puas," ujar Sanxiao.

Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait