Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ganjaran Besar dari Allah SWT untuk Orang Tua yang Merawat Anak Perempuan

Dulu, anak perempuan dianggap aib 

Kemudian Rasulullah SAW mengajarkan bahwa anak perempuan adalah anugerah dan keberkahan yang diberi oleh Allah SWT. Berikut adalah ganjaran besar yang dihadiahkan Allah SWT kepada orang tua yang merawat dan mendidik anak perempuannya dengan baik.

Baca Juga :

💗 Sudah Siapkan Kain Kafan, Umi Pipik Ternya Sudah 3 kali Dapat Firasat Meninggal Dunia

Di jaman jahiliyyah dulu, memiliki anak perempuan seringkali dikaitkan sebagai sumber aib. Bahkan tidak sedikit orang tua yang kemudian tega mengubur hidup-hidup anak perempuannya. 

Kemudian Nabi Muhammad datang untuk meluruskan kesalahan besar ini dan menyebut berbagai kelebihan yang didapatkan oleh orang tua saat merawat anak perempuan. 

Dalam berbagai hadist Nabi Muhammad bahkan menjelaskan anak perempuan datang dengan pahala dan berkah yang sangat besar. 

Berikut beberapa keutamaan merawat dan mendidik anak perempuan dalam Islam:

1. Diberi Jaminan Surga 

Salah satu keutamaan bagi orang tua yang merawat dan mendidikan anak perempuannya dengan baik adalah jaminan Surga di akhirat kelak. Hal ini berbagaimana bunyi hadist yang diriwayatkan Abdullah ibn Abbas, 

Baca Juga :

💗 Kisah Viral, Bocah Jalan Kaki Garut-Bandung Demi Cari Kerja, Tak Pernah Lepas Baca Al Quran

Nabi Muhammad bersabda yang artinya:

"Jika seseorang memiliki anak perempuan, dan tidak menguburkannya hidup-hidup, atau merendahkannya, atau lebih memilih anak laki-laki daripada dia, Allah akan membawanya ke surga."  (Ahmad, disahkan oleh Al-Hakim, dinilai Hasan oleh Ahmad Shakir)

Jabir ibn Abdullah meriwayatkan Nabi Muhammad bersabda yang artinya:

"Siapa pun yang memiliki tiga anak perempuan dan dia menampung mereka, menunjukkan belas kasihan kepada mereka, dan mendukung mereka, Surga pasti dijamin untuknya,"

Karena itu, seseorang bertanya kepada Nabi, bagaimana jika mereka hanya memiliki dua anak perempuan. Dia menjawab, "[Dia mendapat pahala itu,] meskipun mereka [hanya] dua."

Beberapa dari mereka yang hadir percaya bahwa jika Nabi ditanya tentang hanya satu anak perempuan, dia akan menjawab bahwa pahala itu juga tetap berlaku. (Disahihkan juga oleh Al-Albani)

Baca Juga :

💗 Kisah Viral, Bocah Jalan Kaki Garut-Bandung Demi Cari Kerja, Tak Pernah Lepas Baca Al Quran

2. Perlindungan dari Api Neraka

Selain itu, keutamaan merawat dan mendidik anak perempuan ialah mendapatkan perlindungan dari api neraka. Sebagaimana bunyi hadist berikut ini, Aisyah RA mengatakan:

"Seorang wanita mendatangi saya dengan dua putrinya. Dia meminta saya (untuk amal) tetapi dia tidak menemukan apa pun dengan saya kecuali satu buah kurma, jadi saya memberikannya kepadanya,"

Dia [menerimanya dan kemudian] membaginya di antara kedua putrinya dan tidak memakan apa pun darinya. Kemudian, dia bangkit dan keluar. Saat Rasulullah SAW masuk, dan saya menceritakan kepadanya kisah itu

“Dia yang diuji dengan anak perempuan ini, dan dia baik hati terhadap mereka, mereka akan menjadi perlindungan baginya dari api Neraka”. (HR. Muslim)

Uqbah ibn Aamir meriwayatkan, saya mendengar Rasulullah berkata:

“Siapapun yang memiliki tiga anak perempuan dan sabar terhadap mereka, dan memberi mereka makan, memberi mereka minum, dan mendandani mereka dari kekayaannya; mereka akan menjadi perisai baginya dari api pada Hari Kebangkitan.” (Disahihkan oleh Al-Albani)

Baca Juga :

💗 Reaksi Irwansyah Saat Rasakan Tendangan Calon Bayinya, 'Nikmat yang tak tergantikan'

3. Nikmati Persahabatan Nabi

Selain dijamin surga dan dilindungi dari api neraka, orang tua yang merawat anak perempuannya dengan bagik juga akan diberikan kenikmatan kedekatan persahabatan dengan Rasulullah SAW. 

Hal ini sebagaimana yang diriwayatkan Anas, bahwa Nabi Muhammad berkata:

“Siapapun yang mendukung dua gadis sampai mereka mencapai kedewasaan, dia dan aku akan datang pada hari kiamat (dekat satu sama lain) seperti ini - Rasulullah bergabung dengan jarinya untuk menggambarkan kedekatan.” (HR. Muslim)

Dari berbagai dalil diatas maka bisa disimpulkan bahwa memiliki anak perempuan adalah anugerah yang diberikan oleh Allah SWT. Alih-alih aib, anak perempuan justru menjadi jalan pembuka bagi orang tua untuk meraih surga. 

Untuk itu, sudah sepatutnya bagi orang tua yang mendapatkan anak perempuan berbangga dan bersuka cita. 

Baca Juga :

💗 Alhamdulillah, telah lahir anak keempat Oki Setiana Dewi  ,Semoga Jadi Anak Sholeh

Sebab hal itu menjadi tanda, bahwa Surga sudah menantinya, asalkan dia bisa istiqomah mendidik dan merawat anak perempuan tersebut dengan baik.