Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Benda Ini Berasal Dari Surga, Salah Satunya Ada di Indonesia

 


Surga adalah tempat terakhir yang ingin dituju semua orang karena semua jenis kenikmatan ada di dalamnya. Walaupun masih menjadi misteri hingga kini, Nabi Muhammad sendiri mengatakan bahwa di surga semua keindahan tak pernah terbayangkan sebelumnya, ada banyak bidadari, serta segala macam jenis buah dan tumbuhan.

Tapi, tahukah kamu jika ada benda yang berasal dari surga terdampar di bumi kita. Bahkan, salah satu di antara 5 item yang akan Boombastis bahas ini bisa ditemukan di Indonesia. Apa saja kira-kira? Agar tak penasaran, mari simak uraian di bawah ini!

Batu hitam ‘Hajar Aswad’ di tanah suci

1. Batu Hajar Aswad 

Orang muslim pasti sangat mengenal apa itu Hajar Aswad, batu hitam yang menempel di salah satu bagian kakbah di tanah suci. Batu ini ternyata mulanya berasal dari surga. 

Dalam satu riwayat hadits, Hajar Aswad dibawa langsung oleh Malaikat Jibril As dan diserahkan kepada Nabi Ismail AS dan Ibrahim AS sewaktu membangun kakbah. Rosulullah juga pernah mengatakan dalam sebuah haditsnya. 

Beliau menuturkan jika Hajar Aswad sebenarnya memiliki warna yang lebih putih daripada salju, lalu dosa para manusialah yang membuat ia hitam seperti sekarang.

Batu maqam nabi Ibrahim di tanah suci

2.Maqam Ibrahim 


Masih berada di tanah suci, maqam nabi Ibrahim ini letaknya ada di salah satu sisi kakbah. Pada maqam ini terdapat bekas tapak kaki nabi Ibrahim. 

Dulunya, maqam yang berbentuk batu ini digunakan sebagai pijakan untuk membangun kakbah. Hebatnya, fungsinya sama seperti katrol masa kini, saat nabi Ibrahim ingin meletakkan batu di tempat yang tinggi ia akan mengangkat sang nabi naik, begitupun setelah selesai ia akan turun dengan sendirinya.

Daun Tin yang menjadi busana nabi Adam

3. Daun dan buah tin 


Pohon Tin adalah salah satu tanaman yang disebutkan dalam Al-quran sebagai tumbuhan yang diberkahi. Saat nabi Adam memakan buah khuldi dan terbuka semua auratnya, ia mencari dedaunan yang bisa menutupi tubuhnya. 

Sayang, ketika hendak diambil daun pun menjauh, hanya ada satu yang merasa iba dan rela diambil oleh nabi Adam yaitudaun pohon Tin. Karena sangat berjasa kepada sang nabi, ketika diturunkan ke bumi Allah anugerahkan kepada pohon Tin ini buah yang manis dan tanpa biji.

Kayu gaharu yang banyak ditemukan di Indonesia

4, Kayu Gaharu 

                                                  

Kayu gaharu adalah salah satu tanaman yang  berasal dari surga dan disebut dalam hadits shohih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori. Gaharu ini banyak ditemukan di Indonesia (Borneo, Merauke, Sulawesi, serta di Pulau Sumatra).

Ia memecahkan rekor sebagai kayu paling mahal di dunia, karena mengandung gupal sehingga bisa dibanderol puluhan juta per kilonya. Dari kayu gaharu juga bisa dihasilkan produk bisa berupa dupa, gelang, kalung dan tasbih gaharu. Selain itu, ia bisa dijadikan sebagai obat-obatan dan kosmetik karena mengandung resin yang berbau harum. Ya iyalah, wong asalnya saja dari tempat paling indah dalam semesta.

5. Cincin manusia terkaya, nabi Sulaiman

Ilustrasi bentuk cincin Nabi Sulaiman 

Seperti yang kita ketahui bahwa nabi Sulaiman adalah orang yang sangat kaya pada masanya berkuasa. Selain itu, ia memiliki mukjizat istimewa di mana bisa berbicara dengan hewan, memerintah jin, dan semua makhluk bisa tunduk kepada perintahnya, termasuk awan dan malaikat. 

Ternyata, apa yang dianugerahkan Allah tersebut berasal dari cincin yang beliau kenakan. Ketika cincin tersebut dikenakan, ia akan mengumpulkan para jin, manusia, burung, angin, setan dan awan. Cincin ini istimewa karena setiap sisinya tertulis pujian yang mengagungkan Allah sang pencipta alam semesta.

wahab bin munabih berkata kalau cincin nabi sulaiman diketahui dengan nama “cincin taat nabi sulaiman” yang diciptakan allah dari sinar yang bersinar amat cerah yang cahayanya mengalahkan tiap sinar berasal dari langit yang mempunyai 4 sisi diantara sisinya tertulis kata :

pada sisi kesatu tertulis “laa ilaha ilallah wahdahu laa syarikalahu muhammadan abduhu wa rasuluhu” maksudnya : tidak terdapat tuhan tidak hanya allah tidak terdapat sekutu menurutnya, muhammad merupakan hamba dan juga rasulnya.

pada sisi kedua tertulis “allahumma malikal mulki tu’til mulka man tasya wa tanzi’ul mulka man tasya wa tu’izu man tasya wa tuzilu man tasya” wahai allah raja yang mempunyai kerajaan, engkau bagikan kekuasaan kepada yang engkau kehendaki dan juga engkau hinakan orang yang engkau kehendaki ”

pada sisi ketiga tertulis “kullu syai’in haalikun illallah” maksudnya : seluruh suatu hendak musnah kecuali allah. .

dan juga pada sisi keempat tertulis “tabarokta ilahiy laa syariika laka” maksudnya : maha suci engkau wahai tuahanku yang tidak terdapat sekutu bagimu.

cincin tersebut mempunyai sinar yang bersinar yang apabila dipakai hingga hendak berkumpul para jin, manusia, burung, angin, setan dan juga awan. di mana angin bagaikan kendaraannya, manusia dan juga jin bagaikan bala tentaranya, burung bagaikan pembantu dan juga sahabat bicaranya , fauna buas bagaikan pekerjanya, dan juga para malaikat bagaikan utusannya.

dia sempat berdoa kepada allah memohon kerajaan yang tidak sempat terdapat yang menyerupai setelahnya. sebagaimana firman allah swt:

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَّا يَنبَغِي لِأَحَدٍ مِّن بَعْدِي ۖ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

“ia (sulaiman) mengatakan: “ ya tuhanku, ampunilah saya dan juga anugrahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dipunyai oleh seseorang juapun sesudahku, sebetulnya engkaulah yang maha pemberi ” (q. s shaad : 35)

Itulah lima benda yang disebut berasal dari surga. Khusus untuk kayu gaharu yang asalnya dari Indonesia mungkin sudah sulit ditemukan karena terus diburu oleh manusia sehingga menjadi langka. Benda yang lain bisa dengan mudah kamu temukan saat berkunjung ke tanah suci Makkah, karena di sanalah tempat mereka diturunkan.