Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Sedih Nakes Pertama Wisma Atlet yang Gugur karena Covid-19, Mengabdi Sejak Awal Pandemi

 


Mendiang sudah menjalani perawatan sejak 3 juni lalu dan meninggal setelah tiga minggu dirawat.

Kisah pilu datang dari Wisma Atlet. Pertama kali terjadi, seorang nakes yang bertugas di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, meninggal dunia terpapar Covid-19.

Adalah Liza Putri Noviana, menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis, 24 Juni 2021 kemarin setelah menjalani perawatan sejak tiga minggu yang lalu.

Nakes sedang Bertugas

Kepergian ibu dua anak ini meninggalkan duka yang mendalam bagi rekan sejawatnya yang sama-sama bertugas di WismaAtlet. Diketahui, Liza telah mengabdi sebagai nakes perawat di Wisma Atlet sejak aal pandemi, yakni Maret 2020 lalu. Kesedihan juga turut dirasakan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

" Saya merasakan duka dan ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Liza Putri Noviana yang telah gugur dalam menjalankan tugas mulia di garda terdepan melawan Covid-19. Semoga Allah SWT menerima amalan almarhumah dan menempatkannya di tempat sebaik-baiknya," ucap Puan, di Jakarta, Jumat (25/6/2021).

Dalam keterangan yang disampaikan Panglima Daerah Militer Jakarta Raya (Pangdam Jaya) Mayjen TNI Mulyo, perempuan kelahiran Surakarta, 8 November 1987 masuk ke UGD Wisma Atlet, pada 3 Juni 2021 lalu.

Karena kondisinya yang menurun, Liza kemudian dirujuk ke RSU Persahabatan pada 8 Juni 2021.

Masuk IGD Wisma Atlet sejak 3 Juni 2021

Liza masuk ke ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSDC Wisma Atlet sejak 3 Juni 2021. Sayangnya, kondisinya terus menurun. Liza mengalami demam, sesak napas, batuk berdahak dan turunnya angka saturasi oksigen. Mendiang juga sempat dirawat di ruangan HCU dan ICU serta dipasangi ventilator.

Pada tanggal 8 Juni 2021, mendiang dirujuk ke RSU Persahabatan untuk mendapatkan perawatan intensif. Sayangnya, mendiang meninggal dunia pada 24 Juni 2021 lalu.

Penghormatan Terakhir


Ilustrasi Nakes Sedang Bertugas

Suasana duka menyelimuti Wisma Atlet menyusul dengan kepergian Liza. Acara penghormatan digelar di di halaman Tower I RSDC Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta pada Kamis malam (24/6/2021), diisi dengan dengan kegiatan salat jenazah dan menyalakan lilin sebagai simbol duka. Panglima Daerah Militer Jakarta Raya (Pangdam Jaya) Mayjen TNI Mulyo Aji hadr sebagai pemimpin upacara.

" Hari ini kita telah kehilangan seorang tenaga kesehatan yang berdedikasi tinggi, saudari Liza Putrie Noviana, AMK. Almarhum lahir di Surakarta, 8 November 1987," kata Mulyo Aji dikutip dari Antara.

Perempuan berusia 33 tahun tersebut merupakan tenaga kesehatan pertama di RSDC Wisma Atlet yang gugur akibat Covid-19. Liza pergi meninggalkan seorang suami dan dua orang anak.

Selepas acara penghormatan, jenazah almarhumah dibawa menggunakan ambulans untuk dimakamkan. Kemungkinan, almarhumah disemayamkan di daerah tempat tinggalnya di Cilacap, Jawa Tengah.

Dikabarkan Sedang Hamil

Liza diketahui pergi bersama dengan janin yang tengah dikandungnya setelah seminggu dirawat di ruang ICU. Seluruh teman sejawat merasakan duka. Saat jenazah almarhumah diantarkan ke tempat peristirahat terakhirnya, mereka menyalakan lilin sebagai tanda berduka.

Semoga seluruh pengabdian almarhumah dapat membuatnya mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.