Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tak Sengaja Tanam Mangga Termahal di Dunia, Petani Ini Gegerkan Media Sosial

Salah satu hal yang mencolok dari mangga Miyazaki ini adalah memiliki kulit luar berwarna merah tua. Mangga yang juga disebut “Egg of the Sun”. Lantas apa yang membuatnya mahal?

Seorang pria bernama Sankalp Singh Pariha dari India menjadi buah bibir warganet karena ia tak sengaja menanam buah mangga yang mahalnya minta ampun. Bagaimana tidak, buah yang ditanam pria tersebut harga per bijinya bisa hampir menyentuh angka satu juta rupiah. Gokil nggak tuh?

Berawal dari Penasaran

Melansir dari laman Vice.com, kisah peia yang menanam buah mangga termahal ini berawal dari ketidak sengajaan. Awalnya pria tersebut ingin membeli benih kelapa hibrida untuk ia kembangkan di lahan pertaniannya. Tapi, saat diperjalanan ia ditawari pohon mangga khusus kepadanya seharga 2,5 ribu rupee (Rp488 ribu) oleh orang.

Saat itu, ia tidak tahu jika pohon mangga yang ditawarkan orang tak dikenal itu adalah varietas yang harganya cukup mahal di dunia. Ia tidak tahu pohon jenis apa yang ia beli. Ia hanya penasaran dengan pohon tersebut dan ia pun membelinya dan kemudia ia menanamnya seperti menanam pohon mangga pada umumnya.

Hingga kemudian setelah beberapa bulan terlewat, ia meliha pohon mangga tersebut memiliki warna yang berbeda.

" Beberapa bulan kemudian, saya melihat bahwa itu (pohon) telah mengembangkan warna merah yang indah," ujar Sankalp Singh Pariha seperti dikutip dari Vice.com.

Egg of the Sun atau Mangga Miyazaki

SANKALP SINGH PARIHAR

Kabar tentang adanya pria asal India yang menanam pohon mangga termahal ini pun kemudian menyebar dengan cepat. Sankalp Singh mengatakan jika sempat ada pengusaha yang hendak membeli pohonnya tersebut lebih dari 21 ribu rupee atau sekitar Rp4,1 juta. Tapi ia memutuskan untuk tidak menjuannya karena ia merasa ada sesuatu yang berbeda dari pohon mangganya tersebut.

Ternyata pohon mangga tersebut adalah Mangga Miyazaki. Mangga yang berasal dari Jepang ini adalah varietas mangga termahal yang ada di muka bumi. Bahkan, pada tahun 2019, media lokal Jepang memberitakan jika sekotak mangga yang berisi dua buah Miyazaki dijual seharga setengah juta yen atau sekitar Rp66 juta.

Salah satu hal yang mencolok dari mangga Miyazaki ini adalah memiliki kulit luar berwarna merah tua. Selain itu, mangga yang juga disebut “ Egg of the Sun” juga memiliki tekstur yang lumer di mulut serta rasa yang sangat legit.

Tidak Menjualnya dan Dikembangkan

Meskipun sudah mengatahui jika buah yang ditanamnya itu memiliki harga selangit, memutuskan untuk tidak menjualnya. Bahkan saat ini ia sudah memiliki total 52 pohon yang sudah ia kembangkan. Namun, untuk tetap menjaga tanamannya tersebut, ia menyewa beberapa penjaga di kebunnya.

Di Jepang sendiri Mangga Miyazaki ini ditanam dalam kondisi yang ketat dengan kontrol kualitas untuk memastikan kandungan gula 15 persen, serta berat minimum 350 gram. Petani Jepang biasanya menangguhkan mangga di jaring kecil dalam pengaturan rumah kaca yang suhunya dikontrol.

Ini memastikan bahwa mangga mendapat sinar matahari yang cukup untuk mengembangkan kulit merahnya yang khas. Juga, memungkinkannya jatuh secara alami ke dalam jaring saat matang dan manis.

Wah bakal jadi crazy rich India nih Sankalp Singh Pariha kalau harga Mangga Miyazaki ini tetap mahal dalam eberapa waktu ke depan. Gimana menurutmu guys?