Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Detik-detik Mobil Tersambar Petir Saat Berhenti di Jalan, Jadikan Perhatian


Sebuah kejadian mengerikan terjadi di salah satu ruas jalan di Amerika Serikat. Sebuah mobil tersambar petir di bagian body-nya, sampai terlihat percikan api.

Peristiwa ini terjadi pada salah satu ruas jalan di Waverly, Kansas, Amerika Serikat, beberapa hari lalu.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @pattrn, mobil tersebut melaju pelan dalam kondisi hujan yang deras. Pemilik mobil kemudian berhenti di sebuah pertigaan untuk belok ke kanan. Tak lama berselang sekelebat kilatan cahaya menyambar mobil tersebut. Itu adalah petir petir menyambar mobil dari sisi kiri.

Kejadian ini berhasil direkam oleh pengguna mobil di belakangnya melalui perangkat dashcam.

“#Petir menyambar sebuah Jeep saat badai di Kansas. Beruntung, kedua pasangan dan tiga anak di dalamnya tidak mengalami cedera,” tulis akun @pattrn dalam unggahan videonya.

Video ini langsung viral di sosial media TikTok dan telah ditonton sebanyak sembilan juta viewers. Beragam reaksi dari netizen menanggapi kejadian tersebut.

“Dulu pas belajar fisika, dijelasin sama guruku kalo kesambar petir di dalam mobil dengan keadaan tertutup semua, orang di dalam gapapa,” tulis pemilik akun @danidonihans

“Ini seperti disambar sebanyak 3 kali. Apa yang dilakukan orang tersebut di dalam?,” ujar akun @shanagen00

“Satu alasan lain kita harus bersyukur ban mobil kita menggunakan karet,” kata pemilik akun @tiktok__moderater di kolom komentar.

Dikutip dari laman Newsweek, salah satu narasumber bernama Hobi, melihat langsung kejadian tersebut di lokasi. Dia menjelaskan bagaimana momen menegangkan usai petir menyambar mobil tersebut.

“Mereka sangat terkejut dan hal pertama yang dilakukan adalah memastikan anak-anak dalam kondisi baik-baik saja. Mereka lega bahwa semua orang dalam kondisi baik-baik saja,” kata Hobi saat ditanya.

Dalam mobil tersebut berisi sepasang suami istri dan tiga anaknya yang berusia 3 tahun, 1,5 tahun, dan bayi delapan bulan. Beruntung kelima penumpang berhasil selamat tanpa mengalami cedera serius. Setelah tersambar petir, mobil tersebut tidak mengalami kerusakan serius. Namun Hobi menjelaskan jika mobil mendadak mati dan persneling tidak bisa pindah gigi.

“Setelah kejadian, mobil itu mati dan persneling tidak bisa dimasukan ke gigi netral untuk bisa melipir ke tepi jalan,” jelas Hobi.

Apa yang Terjadi Jika Mobil yang Kita Kendarai Tersambar Petir?

Lalu muncul pertanyaan, apakah mobil dapat melindungi diri kita dari sambaran petir seperti video di atas?

Menurut Head Product Improvement Technical Service Division Daihatsu, Bambang Supriyadi, sangat berbahaya apabila sebuah mobil tersambar langsung petir bertegangan tinggi.

“Prinsipnya adalah tempat atau sebuah benda tidak aman bila tersambar petir, termasuk juga mobil,” kata Bambang saat dihubungi detikOto, Jumat (2/7/2021).

“Tentunya tidak aman. Tegangan petir itu bisa mencapai 24 ribu Ampere, sedangkan yang bisa ditoleransi oleh manusia tak sampai sebesar itu, hanya beberapa Ampere saja,” jelasnya.

Bambang menambahkan, selain berbahaya bagi penumpang yang ada di dalam mobil, sejumlah komponen mesin dan kelistrikan bisa ikut rusak akibat tersambar petir.

“Mobil yang dekat dengan tegangan petir bisa mengalami kerusakan pada sistem kelistrikan semisal pada ECU (Electronic Control Unit) mesin, abs, airbag, eps dan yang lain, termasuk komponen yang menggunakan IC,” ujar Bambang.

Ketika sudah rusak tersambar petir, tentu ada beberapa komponen yang harus diganti. Menurut Bambang, biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti unit yang baru tergantung dari seberapa besar kerusakan akibat tersambar petir.

“Ini variatif sekali, tergantung dari seberapa besar kecilnya tegangan petir yang menyambar mobil, kena langsung atau dari dekat saja. Tapi jika komponen sudah rusak semisal di bagian ECU, tentu sudah menelan biaya sampai jutaan,” ungkapnya.