Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lagi Banyak Dicari, Benarkah Susu Bear Brand Bisa Tambah Imun Tubuh dan Tangkal Covid-19?

 


Beneran bisa nambah imun dan tangkal Covid-19 nggak sih?

Bear Brand atau susu beruang dari Nestle baru-baru ini tengah menjadi buruan masyarakat. Susu ini dipercaya banyak orang di Indonesia mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk Covid-19.

Adanya klaim tersebut masyarakat pun ramai-ramai memborong susu tersebut. Susu steril dari Swiss itu, mulai langka di pasaran dan harganya yang melonjak mahal baik di offline maupun e-commerce.

Bila dilihat kandungan gizi yang ada dalam produk susu kemasan di pasaran sama antara satu produk dan lainnya. Kandungan gizi yang ada di dalam susu beruang seperti protein, karbohidrat, kalium, bahkan garam.

Bahkan, beberapa susu kemasan juga mencantumkan kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam produk susu cairnya. Lantas bagaimana sebenarnya khasiat mengonsumsi susu beruang dan benarkah bisa menyembuhkan atau tangkal Covid-19?

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Profesor Zubairi Djoerban membantah susu beruang bisa menyembuhkan covid-19. Meski memeiliki sejumlah kandungan penting, namun kandungan dalam susu disebut tidak cukup memadai utnuk menangkal virus SARS-CoV-2 penyebab covid-19 dalam tubuh. Susu beruang yang

" Susu beruang untuk mengobati covid-19, ya tentu saja tidak bisa, susu beruang tak bisa mematikan virus SARS-CoV-2 penyebab covid-19. Sampai dengan saat ini tidak ada produk yang terbukti ampuh (mencegah Covid-19). Paling ampuh tetap taat prokes (protokol kesehatan) dan konsumsi gizi seimbang," kata Zubairi.

Zubairi menambahkan, mengonsumsi susu memang salah satu hal yang dianjurkan untuk menambah imun. Karena susu memang memiliki kandungan protein hingga mineral yang bermanfaat untuk kesehatan.

" Di susu ada protein, vitamin A dan B12, Zn, selenium, serta mineral lain yang bermanfaaat untuk kesehatan. Tapi sebenarnya mau minum susu beruang atau susu bubuk lainnya itu silahkan saja. Tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk, kecuali susu kental manis yang proteinnya rendah," katanya seperti dikutip dari laman Merdeka.com.

Zubairi juga menjelaskan apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini untuk terlindung dari pandemi tidak hanya konsumsi susu. Dibutuhkan konsumsi sayuran, buah, karbohidrat, vitamin, serta mineral yang didapatkan dengan makan makanan beragam.

" Tapi untuk mendapatkan nutrisi yang baik itu harus makan mengandung sayur, buah, karbohidrat, vitamin, dan mineral, jadi enggak cuman susu," ujarnya lagi.

Sehingga, menjaga imunitas tubuh untuk menangkal Covid-19 tidak bisa hanya mengandalkan merek susu tertentu yang diminum, namun bagaimana seseorang bisa mencukupi kebutuhan gizi seimbang.

Jadi gitu ya guys penjelasannya. Tetap patuhi protokol kesehatan, jaga jarak, minum vitamin dan makan makanan bergizi ya. Stay safe!