Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Dzikir Pagi Dari Hadits Rasulullah yang Perlu Dihafal

Rutinitas apa yang teratur kita jalani pada pagi hari? memasak, cuci, ataupun mensterilkan rumah? sudah biasa! kemudian, perihal apa yang kesatu diingat dikala bangun pagi? permasalahan pekerjaan, anak, ataupun tarbiyah? hmmm allahnya kapan? ayo mulai mengingat allah dikala kesatu kali membuka mata dengan teks zikir di dasar ini.

1. membaca ayat sofa (al - baqarah ayat 255)
ayat sofa dipercaya bagaikan ayat - ayat jitu buat mengusir setan. tidak hanya itu, khasiat apa lagi yang dapat kita miliki dikala membaca ayat sofa? dalam suatu hadits diriwayatkan khasiat membaca ayat sofa pada pagi ataupun sore hari.

“barangsiapa membacanya di pagi hari hingga hendak dilindungi dari (kendala) jin hingga sore, dan juga barangsiapa yang membacanya di sore hari hingga hendak dilindungi dari kendala mereka (jin). ” (hr. al - hakim 1/562 dan juga dishahihkan asy - syaikh al - albaniy dalam shahih at - targhiib wat tarhiib 1/273)

2. membaca tulisan al - ikhlaash, al - falaq, dan juga an - naas
“barangsiapa yang membacanya 3 kali kala pagi dan juga kala sore hingga ia hendak dicukupi dari seluruh suatu. ” (hr. abu dawud 4/322, at - tirmidziy 5/567, amati shahih at - tirmidziy 3/182)

ketiga tulisan di atas terhitung surat - surat yang pendek dan juga gampang dihapal. nyatanya faedahnya amat banyak ya, terlebih lagi allah menjanjikan bermacam kebutuhan kita terpenuhi bila membaca ketiga tulisan ini. masyaallah

3. membaca sayyidul istighfar
dari syaddad bin aus radhiyallahu ‘anhu, dari nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dia bersabda, “penghulu istighfar merupakan apabila engkau mengucapkan:
“allahumma anta robbi laa ilaha illa anta, kholaqtani wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. a’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu - u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu - u bi dzanbi, faghfirliy fainnahu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta”

terjemah : “ya allah! engkau merupakan rabbku, tidak terdapat rabb yang berhak disembah kecuali engkau. engkaulah yang menciptakanku. saya merupakan hamba - mu. saya hendak setia pada perjanjianku dengan - mu semampuku. saya berlindung kepada - mu dari kejelekan yang kuperbuat. saya mengakui nikmat - mu kepadaku dan juga saya mengakui dosaku, oleh karna itu, ampunilah saya. sebetulnya tiada yang mengampuni dosa kecuali engkau]. ” (hr. bukhari nomor. 6306)

ada juga khasiat dari membaca zikir di atas diperkuat dalam hadits riwayat bukhari yang maksudnya:

“barangsiapa mengucapkannya pada siang hari dan juga meyakininya, kemudian ia mati pada hari itu saat sebelum waktu sore, hingga ia tercantum penunggu surga. dan juga barangsiapa mengucapkannya pada malam hari dalam kondisi meyakininya, kemudian ia mati saat sebelum waktu pagi, hingga ia tercantum penunggu surga. ” (hr bukhari)

alangkah baiknya bila kita mengawali hari dengan suatu yang baik dan juga berguna untuk diri kita pada spesialnya. terlebih lagi allah juga menjanjikan bermacam pahala atas amalan - amalan yang nampak sepele di mata kita. mudah - mudahan kita tercantum hamba - nya yang bersyukur. aamiin







( sumber: ummi - online. com )