Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aung San Suu Kyi Usir Semua Relawan Kemanusiaan yang Membantu Rohingya

Aung san suu kyi berulang menampilkan kalau ia bukan lagi seseorang pejuang ham dan juga demokrasi yang dahulu diketahui dunia. alih - alih menolong etnis rohingya, perempuan yang saat ini berprofesi bagaikan penasihat negeri itu malah mempersulit kerja pbb dan juga lembaga kemanusiaan lain di myanmar.

kantor penasihat negeri yang dipandu suu kyi menuding sukarelawan kemanusiaan di myanmar menolong kelompok militan arakan rohingya salvation army (arsa). penyebabnya merupakan penemuan biskuit dorongan pbb di sarang arsa.
tudingan tersebut tengah diselidiki. tetapi, suasana memanas dan juga jaminan keamanan yang tidak mencukupi membikin pbb dan juga lembaga - lembaga kemanusiaan internasional terpaksa menarik ratusan personel mereka dari myanmar.

sementara itu, dikala ini mereka lagi amat diperlukan oleh etnis rohingya di negeri penggalan rakhine. mengingat semenjak minggu kemudian militer myanmar berulang gencar mempersekusi kelompok tersebut.

cerah aja banyak sukarelawan berang karna tuduhan suu kyi. bagi mereka, statment itu beresiko dan juga tidak pantas.

”tudingan suu kyi pada para sukarelawan amat tidak bertanggung jawab, ” ucap wakil direktur human rights watch (hrw) asia phil robertson.

suu kyi benar semenjak lama dikritik pegiat ham dunia karna memilah bungkam soal isu rohingya. ia terang - terangan tidak ingin mengancam kekerasan yang dicoba tentara myanmar terhadap etnis muslim tersebut.

suu kyi terlebih lagi membantah etnis rohingya dipersekusi. sementara itu, banyak dokumentasi terpercaya yang berkata kebalikannya.

pemimpin spiritual tibet dalai lama mengaku sudah berulang kali memohon suu kyi buat menolong etnis rohingya. tetapi, pemenang nobel perdamaian 1991 itu senantiasa bergeming. (reuters/afp/aljazeera/sha/c21/any/dil/jpnn)



(sumber : hhttp:// www. rakyatsumatera. online/2017/08/aung-san-suu-kyi-usir-semua-relawan. html )