HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

Biksu Wirathu: Saya Tidak Mau Myanmar Seperti Indonesia, Dulu Budha Mayoritas, Setelah Islam Masuk, Muslim Jadi Mayoritas

Biksu budha menarik seseorang wanita muslimah muda dan juga meletakkan pisau ke lehernya.

“jika kamu menjajaki kami, saya hendak membunuhnya, ” ejek biksu kepada polisi, bagi saksi mata, massa buddha bersenjatakan parang dan juga pedang mengejar kira - kira 100 muslim yang berposisi di kota ini di pusat myanmar.

pada hari kamis yang kemudian , bertepatan pada 21 maret. cuma dalam sebagian jam, 25 muslim tewas. massa buddha menyeret badan mereka yang berlumuran darah di suatu bukit di area yang diucap mingalarzay yone dan juga mereka bakar jenazah muslim tersebut. sebagian muslim yang lain ditemui telah dibantai dalam rawa. seseorang juru kamera reuters memandang sisa badan 2 anak, berumur 10 tahun ataupun terlebih lagi lebih muda.

kebencian etnis di myanmar tidak terkontrol semenjak keadaan nyaman 49 tahun kekuasaan militer yang berakhir pada maret 2011. dan juga itu menyebar ke segala negara, dan juga mengecam transisi sejarah demokrasi negeri itu. isyarat pembersihan etnis telah jelas, dan juga jelas pula siapa mereka yang menghasut itu.

sepanjang 4 hari, paling tidak 43 orang tewas di kota berdebu dan juga kira - kira 100. 000 penduduknya , cuma 80 kilometer sebelah utara dari ibukota naypyitaw. kira - kira 13. 000 orang, sebagian besar umat islam, diusir dari rumah mereka dan juga bisnis. pertumpahan darah yang dicoba dan juga dipandu oleh biksu buddha yang dengan kekerasan massa , tercantum paling tidak 14 desa yang lain terancam di pusat myanmar dan juga terdapatminoritas muslim di tepi di salah satu negeri asia yang amat bermacam - macam etnis.

bersumber pada wawancara dengan lebih dari 30 saksi mata, mengatakan pembantaian di waktu fajar membunuh 25 muslim di meikhtila dipandu oleh biksu budha – dimana tokoh biksu itu kerap diperuntukan ikon demokrasi di myanmar. pembunuhan terjalin nampak jelas kalau polisi tidak melarang dan juga tiadanya intervensi oleh pemerintah wilayah ataupun pusat. kalimat berbentuk grafiti tertulis di salah satu bilik menyerukan “pemusnahan muslim. ”

kerusuhan yang terjalin di kota - kota lain, cuma berjarak sebagian jam dari ibukota komersial yangon, pembantaian yang terorganisir dengan baik, bersekongkol dengan polisi yang cuma menutup mata. terlebih lagi sehabis pembunuhan pada bertepatan pada 21 maret, menteri utama buat daerah tersebut tidak menghentikan kerusuhan yang berkecamuk. menteri itu cuma menyerahkan kendali kota buat biksu budha radikal. truk pemadam kebakaran di tahan, dan juga petugas penyelamat diintimidasi.

pembantaian yang terorganisir
tetapi, pembantaian meikhtila oleh buddha amat terorganisir dan juga pula kelambanan pemerintah dipantau oleh reuters pada peristiwa di barat myanmar tahun kemudian. kali ini, pertumpahan darah menyerang suatu kota strategis di jantung negeri itu, memunculkan persoalan menimpa apakah reformis presiden thein sein mempunyai kontrol penuh atas pasukan keamanan myanmar hadapi pergantian yang amat dramatis semenjak kudeta tahun 1962.

di negeri mayoritas - buddha diketahui bagaikan “tanah emas” buat pagoda yang berkilauan, kerusuhan tersebut menelanjangi kebenaran yang kerap tersembunyi: biksu budha telah memainkan kedudukan sentral dalam kerusuhan anti - muslim sepanjang dekade terakhir. walaupun 42 orang telah ditangkap sehubungan dengan kekerasan, biarawan terus memberitakan gerakan kilat menyongsong buddhis nasionalis yang diketahui bagaikan “969” yang merangsang banyak permasalahan.

pengecekan pula menampilkan motif ekonomi dan juga agama. di salah satu negeri termiskin di asia, kalangan muslim meikhtila dan juga penggalan lain dari pusat myanmar lazimnya lebih makmur daripada kalangan buddha mereka. di myanmar secara totalitas, muslim menggapai 5 % dari rakyat myanmar. dalam meikhtila, mereka terdiri dari sepertiga. mereka mempunyai real estate utama, toko elektronik, toko - toko baju, restoran dan juga dealer sepeda motor, pemasukan muslim amat baik dibanding kebanyakan buddha, yang cuma bekerja keras sebagian besar bagaikan buruh dan juga orang dagang kaki 5.

aung san suu kyi, pemenang nobel perdamaian yang diam seribu bahasa
kegagalan pemenang nobel perdamaian aung san suu kyi, pemimpin oposisi dikala ini di parlemen, buat meredakan ketegangan lebih lanjut mengganggu citranya bagaikan kekokohan moral pemersatu.

suu kyi, seseorang buddhis yang taat, berkata amat sedikit dan juga kurang berfungsi terhadap kerusuhan ini. dan juga suu kyi menolak buat diwawancarai buat kejadian ini.

kronologi peristiwa kerusuhan
dini kerusuhan sesungguhnya bermula amat simpel. aye aye naing, 45 - tahun perempuan buddha, mau membikin persembahan santapan buat biarawan lokal. tetapi ia tidak memiliki duit, ia ingat, pada dekat 9 pagi pada bertepatan pada 20 maret, satu hari saat sebelum pembantaian, dia bawa jepit rambut emas ke kota. ia itu berupaya menawarkan jepit rambut emas itu dengan harga 140. 000 kyat ($ 160). berbarengan suami dan juga adiknya, dia masuk new waint sein, toko emas kepunyaan seseorang muslim , orang dagang muslim itu menawar 108. 000 kyat nya. lagi aye mau paling tidak 110. 000 kyat buat jepit rambutnya.

pekerja toko emas memandang jepit rambut itu, nyatanya jepit itu sedikit rusak, hingga owner took muslim itu, seseorang perempuan muda berumur 20 - an, karna rusak hingga dia menawar cuma 50. 000 kyat. aye keluhan, menyebut owner tidak masuk ide. karna hinaan aye hingga owner toko muslim itu menamparnya, kata saksi mata. aye aye dan juga suaminya berteriak di toko tersebut dan juga lekas 3 staf toko muslim itu menarik mereka keluar toko, bagi pengakuan sepihak suami isteri budha itu mereka dipegangi dan juga dipukuli oleh 3 staf toko.

akibat itu, massa berkumpul. polisi datang di posisi, menahan aye aye naing dan juga owner toko. massa yang sebagian besar buddha berkumpul dan juga berbeda jadi kekerasan, melemparkan batu, berteriak anti - muslim dan juga penghinaan dan juga mendobrak pintu toko itu, bagi sebagian saksi mata. tidak terdapat yang tewas ataupun terluka, tetapi bangunan perumahan muslim kepunyaan toko emas dan juga sebagian rumah muslim yang lain kira - kira sirna.

“toko ini mempunyai reputasi kurang baik di area, ” kata khin san, yang berkata ia melihat kekerasan dari toko universal nya di seberang jalur. “mereka tidak membiarkan orang memarkir mobil mereka di depan toko mereka”.

setelah itu aroma kebencian dipicu oleh selebaran ditandatangani oleh kelompok yang menyebut pribadinya “umat buddha yang terasa tidak berdaya” yang dibagikan sebagian minggu sebelumnya. dalam lembaran itu dikatakan kalau muslim di meikhtila berkonspirasi melawan umat buddha, dibantu oleh duit dari arab saudi, dan juga mengadakan pertemuan rahasia di masjid - masjid. tulisan itu diperuntukan kepada para bhiksu yang mempengaruhi di wilayah itu.

ketegangan bertambah. dekat 5: 30 pm hari itu, 4 laki - laki muslim lagi menunggu di sesuatu persimpangan. seseorang biarawan lalu di balik dengan sepeda motor, mereka melanda. satu memukul pengemudi dengan pedang, menimbulkan ia terjatuh, kata saksi mata. pukulan kedua di penggalan balik kepala biarawan itu. salah satu pria menyiram ia dalam olahan bakar dan juga buatnya dibakar, kata soe thein, seseorang mekanik yang memandang gempuran itu. biarawan itu wafat di rumah sakit.

soe thein, seseorang buddhis, berlari ke pasar. “seorang biksu telah dibunuh , biksu telah tewas! ” ia menangis. dikala dia berlari berulang, massa menjajaki dan juga kerusuhan mulai. rumah muslim dan juga toko - toko habis dibakar.

soe thein mengenali penyerang dengan nama dan juga berkata dia memandang sebagian hari masih berposisi di desa sehabis si biksu dibunuh. polisi menolak berkata apakah mereka tercantum di antara 13 orang yang ditangkap dan juga diselidiki terpaut dengan kekerasan meikhtila.

“kami cuma mau muslim”
malam itu, api melahap banyak mingalarzay yone, bangsal sebagian besar muslim di timur meikhtila. api meratakan masjid, panti asuhan, dan juga sebagian rumah. ratusan muslim melarikan diri. sebagian bersembunyi di rumah sahabat buddhis ‘, kata saksi mata. dekat 100 muslim lari ke dalam rumah kayu bertingkat kepunyaan maung maung, seseorang sesepuh muslim.

win htein, seseorang anggota parlemen di liga nasional nya suu kyi buat demokrasi, berupaya menahan kerumunan. “seseorang mengambil lenganku dan juga mengatakan hati - hati ataupun kamu hendak jadi korban, ” katanya.

dekat 200 petugas polisi cuma melihat kerusuhan di area tersebut saat sebelum meninggalkan dekat tengah malam, katanya.

dekat jam 4 pagi, orang - orang muslim di dalam rumah maung maung mengaji dalam bahasa arab dan juga setelah itu bertakbir, di tengah kerumunan kira - kira seribu massa buddha yang berposisi di luar rumah.

kala fajar menyingsing, dekat jam 6 pagi, kedatangan polisi di wilayah itu cuma terdapat dekat 10 petugas. terlebih lagi mereka (polisi) lambat - laun mundur, yang membolehkan massa buat melanda, kata hla thein, 48, seseorang sesepuh buddhis.

kalangan muslim melarikan diri lewat samping rumah, dikejar oleh laki - laki dengan pedang, tongkat, batang besi dan juga parang. sebagian dibantai dalam rawa di dekatnya, kata hla thein, yang menggambarkan peristiwa berbarengan 4 saksi mata yang lain, baik buddha dan juga muslim.

yang lain ditebas dikala mereka berlari mengarah jalur puncak bukit. “mereka mengejar muslim serupa mereka hunting kelinci, ” kata anggota parlemen nld win htein.

polisi menyelamatkan 47 kalangan muslimin, sebagian besar perempuan dan juga kanak - kanak, dengan mengepung mereka dengan perisai mereka dan juga menembakkan tembakan peringatan ke hawa, hla thein berkata. “kami tidak mau melanda kamu, ” teriak seseorang biarawan kepada polisi, bagi polisi mereka berteriak, “kami cuma mau umat islam. ”

ye myint, menteri kepala wilayah mandalay yang mencakup meikhtila, berkata kepada wartawan hari itu suasana sudah “stabil. ” namun tampaknya terus menjadi parah. biarawan bersenjata dan juga massa buddha meneror jalan - jalan sepanjang 3 hari selanjutnya, kata saksi mata.

mereka mengecam thein zaw, seseorang pemadam kebakaran berupaya buat memadamkan suatu masjid dibakar. “beraninya kau memadamkan api ini, ” kenangnya satu teriakan biksu. “kami hendak membunuhmu. ” dekat 30 biksu menghancurkan ciri yang bergantung di luar stasiun pemadam kebakaran dan juga berupaya buat memblokir truknya.

“seorang bhiksu dengan pisau berayun ke arah aku, ” kata kyaw ye aung, seseorang petugas pemadam kebakaran.

3 hari setelah itu, di bukit di mana mayat muslim terbakar, reporter ini menciptakan sisa - sisa kombinasi jenazah berusia dan juga kanak - kanak: potongan tengkorak manusia, tulang dan juga tulang yang lain, dan juga ransel anak yang sudah gosong itu.

terdekat dari sana, truk kota membuang mayat di sebidang tanah di sebelah krematorium di pinggiran meikhtila itu. mereka terbakar dengan ban sisa.

gerakan 969
di jalan - jalan meikhtila, saksi mata memandang biarawan dari biara populer. mereka pula memandang biarawan dari mandalay, kota kedua terbanyak di negeri itu dan juga pusat kebudayaan burma dekat 100 mil ke utara. salah satu wisatawan tersebut merupakan wirathu biksu nasionalistis.

wirathu dibebaskan tahun kemudian dari 9 tahun penjara sepanjang amnesti untuk ratusan tahanan politik, di antara reformasi amat populer pasca - kekuasaan militer myanmar. ia dulu dikurung karna menghasut kerusuhan anti - muslim pada kerusuhan tahun 2003.

dikala ini, dia yang berusia 45 tahun merupakan kepala biara di biara masoeyein mandalay, suatu lingkungan luas di mana dia mengetuai dekat 60 biksu dan juga mempunyai pengaruh atas lebih dari 2. 500 umat budha berposisi di situ. dari basis kekokohannya, dia mengetuai suatu gerakan kilat yang diketahui bagaikan “969, ” yang mendesak umat buddha buat memboikot bisnis muslim dan juga warga muslim.

969 , 3 angka mengacu pada bermacam atribut buddha, ajarannya dan juga kerahiban tersebut. dalam prakteknya, no telah jadi merk wujud radikal anti - islam secara nasionalisme yang berupaya buat mengganti myanmar jadi serupa negeri apartheid.

“kami mempunyai slogan: kala kamu makan, makan di 969, kala kamu berangkat, berangkat ke 969, kala kamu membeli, membeli ke 969, ” kata wirathu dalam suatu wawancara di kuilnya di mandalay. terjemahan: bila kamu makan, bepergian ataupun membeli suatu, melaksanakannya dengan seseorang buddhis. menikmati reputasi ekstremis nya, wirathu menggambarkan pribadinya bagaikan “osama bin laden nya burma. ”

ia mulai membagikan serangkaian pidato kontroversial 969 dekat 4 bulan yang kemudian. “tugas aku merupakan buat menyebarkan misi ini, ” katanya. ini amat efisien: stiker 969 dan juga isyarat yang tumbuh biak – kerap diiringi dengan kekerasan.

perusuh mewarnai “969”. gerakan massa anti - muslim berkecamuk di wilayah bago, dekat yangon, meletus sehabis bepergian biarawan berkhotbah tentang gerakan 969. stiker bertuliskan corak pastel disalut dengan angka 969 yang timbul di warung pinggir jalur, sepeda motor, poster dan juga mobil di segala pusat - pusat pusat.

dalam minhla, suatu kota dekat 100. 000 penduduk berjarak sebagian jam dari yangon, 2. 000 umat buddha berdesakan dalam suatu pusat komunitas pada bertepatan pada 26 - 27 februari buat mencermati wimalar biwuntha, seseorang kepala biara dari negeri mon. ia menarangkan gimana biarawan di negeri itu mulai memakai 969 buat memboikot perusahaan - muslim.

sehabis pidato, atmosfer di minhla jadi rusuh, kata tun tun, 26, seseorang owner toko teh - muslim. katanya. sebulan setelah itu, dekat 800 umat buddha bersenjata dengan pipa logam dan juga palu menghancurkan 3 masjid dan juga 17 rumah muslim dan juga tempat bisnis, bagi polisi. tidak terdapat yang tewas, tetapi dua - pertiga dari muslim yang melarikan diri dari minhla belum berulang, kata polisi.

“sejak pidato itu, orang - orang di desa kami jadi lebih agresif , kami ketiadaan pelanggan, ” kata tun tun, yang tokonya dan juga rumah yang kira - kira sirna oleh buddha pada 27 maret. salah satu penyerang bersenjata dengan gergaji mesin, katanya.

seseorang pejabat polisi setempat membikin konvensi dengan massa: para perusuh diizinkan 30 menit buat merampok suatu masjid saat sebelum polisi hendak membubarkan kerumunan massa, bagi 2 orang saksi mata. polisi setempat membantah telah membikin konvensi serupa kala ditanya oleh reuters.

2 hari sebelumnya di gyobingauk, suatu kota dari 110. 000 orang di utara minhla, massa menghancurkan suatu masjid dan juga 23 rumah sehabis 3 hari dari pidato oleh seseorang biksu berkhotbah 969. saksi mata mata berkata mereka timbul terorganisasi dengan baik, meratakan sebagian bangunan dengan buldoser.

wirathu membantah mengorganisir para biarawan di meikhtila dan juga di tempat lain. ia mengakui cuma menyebarkan 969 dan juga memperingatkan kalau muslim menipiskan bukti diri negeri buddhis. itu merupakan pendapat yang telah dicoba berulang - ulang dalam pidato dan juga media sosial dan juga lewat telepon dalam sebagian minggu terakhir.

“dengan duit, mereka jadi kaya dan juga menikahi perempuan budha burma dan juga alihkan ke islam, menyebarkan agama mereka. bisnis mereka jadi lebih besar dan juga mereka membeli lebih banyak lahan dan juga rumah, dan juga itu berarti tanah ini hendak lebih sedikit kuil buddhanya, ” katanya.

“dan kala mereka jadi kaya, mereka membangun masjid yang tidak terbuka, tidak serupa pagoda dan juga biara - biara, ” tambahnya. “mereka serupa stasiun basis musuh untuk kita. masjid lebih berarti markas musuh, jadi itu sebabnya kita wajib menghindari terdapatnya markas musuh lebih banyak. ”

biksu budha kawatir burma jadi serupa indonesia
wirathu cemas myanmar hendak menjajaki jalur serupa indonesia sehabis islam masuk ke nusantara pada abad ke - 13. pada akhir abad ke - 16, islam telah mengambil alih hindu dan juga buddha bagaikan agama dominan di pulau - pulau utama indonesia.

wirathu mulai memberitakan 969 hendak kepercayaan pribadinya pada tahun 2001, kala kementerian luar negara as mengatakan “peningkatan tajam dalam kekerasan anti - muslim” di myanmar. sentimen anti - muslim didorong pada bulan maret tahun kemudian kala taliban hancurkan arca buddha di bamiyan, afghanistan.

biarawan itu kesimpulannya ditangkap pada 2003 dan juga dihukum 25 tahun penjara karna menyebarkan pamflet anti - muslim yang menghasut kerusuhan komunal di tempat kelahirannya dari kyaukse, suatu kota dekat meikhtila. paling tidak 10 muslim tewas dalam kyaukse oleh gerombolan buddha, bagi kabar kementerian luar negara as.

wirathu membagikan pendapat terhadap pemicu dini kerusuhan tersebut , menimpa perempuan buddhis yang berupaya buat menjual jepit rambut. “dia sepatutnya tidak melaksanakan bisnis dengan muslim. ”






( sumber: eramuslim. com )
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait