Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

🌺🌺🌺BERBAGI TIPS CARA MEMBUAT LONTONG 🌺🌺🌺



Bahan- bahan

12 porsi

5 cup beras pandan harum mutu bagus

Air isi  buat merebus lontong

seperlunya Daun pisang 

3 lembar daun pandan

1 dua belas buah  lontong stainless steel dimensi 15 cm

Langkah

1. Siapkan daun pisang potong sesuai panjang cetakan, lebihkan beberapa cm agar memudahkan  menarik lontong saat sudah matang. Maafkan saya tidak sempat mengabadikan prosesnya secara detail.

2. Bagian tutupnya dialasi daun pisang yg dipotong bulat2 (bisa diskip).

3. Lap daun pisang satu per satu dengan kain bersih yang sudah dibasahi air.

4. Masukkan daun pisang tadi ke cetakan lontong, sehingga menutupi seluruh dinding dalam cetakan. Tutup dan kunci ujung bawah cetakan dengan tutup yg telah dialasi daun pisang

5. Cuci beras 4-5 kali sampai benar2 bersih.

6. Rendam dalam air beras yang sudah dicuci tadi selama kurleb 1 jam. (Saya cuma 1/2 jam)

7. Masukkan beras yang sudah ditiriskan, ke dalam masing-masing cetakan ya, tapi sampai setengah tinggi cetakan saja. Setelah terisi setengahnya, tutup ujung cetakan yang satunya.

8. Seluruh cetakan yang sudah terisi dan tertutup kemudian ditata di dalam panci yang sudah dialasi oleh daun pisang. Mengapa dasar panci harus dialasi daun pisang ? Supaya tidak gosong jika ada lontong yang kita bikin itu tanpa memakai cetakan. Kebetulan kemarin saya bikin lontong ada yang tidak memakai cetakan.


9. Masukkan daun pandan ke dalam panci lontong. Tuangkan air secukupnya ke dalam panci, sampai seluruh bagian cetakan lontong terendam air. Jumlah air ini juga harus diperhatikan. Seluruh bagian cetakan lontong harus tertutup air agar lontong matang dengan merata. Setelah semua siap, rebus lontong selama kurang lebih 2-3 jam. Jika memakai pressure cooker , hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja.

10. Tiap airnya berkurang selama proses perebusan, tambahkan lagi air panas ke dalam panci/dandang lontong agar lontong tetap terendam sempurna.

11. Setelah direbus selama 2 sampai 3 jam, matikan api dan buang air rebusan lontong sampai habis. Ketika air rebusan dibuang, biarkan lontong berada di dalam panci dulu karena masih cukup panas untuk dipegang.


12. Setelah air rebusan sudah dibuang habis, baru angkat lontong perlahan menggunakan serbet. Buka kedua penutupnya, dan tiriskan dalam posisi berdiri ya. Setelah dirasa cukup dingin, keluarkan lontong dari cetakan.


13. Lontong pun siap dinikmati bersama opor, sayur labu, sate, dan sebagainya. Selamat mencoba ya teman-teman 😊