Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

๐ŸŒบ Mana yang Lebih Tinggi: Kalori Nasi Putih atau Kalori Mie Instan? ๐ŸŒบ



Banyak orang beranggapan kalau nasi putih lebih“ kejam” dari mie instan

Belum sah jadi orang Indonesia rasanya bila tidak memasukkan nasi putih dalam menu penting di masing- masing agenda makan. Apalagi kadangkala komsumsi mie praktis juga wajib ditambahkan nasi putih supaya afdol! Tetapi coba kita telusuri dahulu, berapa kalori nasi putih?

Bisa jadi tingginya kalori nasi putih pula yang membuat gaya santapan segar pengganti nasi putih saat ini terus menjadi terkenal. Mulai dari nasi shirataki, nasi kongbap, quinoa, serta pula oats. Menu- menu ini diseleksi sebab senantiasa mengenyangkan tetapi mempunyai kandungan kalori kecil apalagi tidak terdapat serupa sekali!

Baca Juga


Nasi putih vs mie praktis, mana yang buat kilat besar perut?

Sehabis menyamakan kalori nasi putih dengan sebagian menu penggantinya dengan kandungan kalori lebih kecil, saat ini waktunya memandang gimana perbandingannya dengan mie praktis? Menu yang satu ini pula jadi salah satu kesukaan orang Indonesia.

Mie praktis gampang terbuat, biayanya terjangkau, serta rasanya juga enak. Cuma dalam sebagian menit saja mie praktis telah matang serta dapat diseleksi rasanya cocok dengan hasrat.

Kala ditelusuri lebih jauh, kalori mie praktis dalam satu jatah 70 gr merupakan 370 kalori. Sebaliknya kalori nasi putih dengan berat yang serupa cuma memiliki 91 kalori.

Maksudnya, asumsi kalau komsumsi nasi putih lebih mengenyangkan sebaliknya mie praktis rasanya tidak lumayan cuma satu jatah, dapat jadi cuma bisikan semata. Buktinya dari enumerasi kalorinya tiap- tiap, kalori mie praktis jauh lebih besar dibanding nasi putih.

Memanglah terdapat sebagian merk mie praktis yang merendahkan kandungan kalori sampai 180 kalori tiap porsinya. Tetapi serupa saja sebab kandungan protein serta serat dari mie praktis sedang kecil. Sementara itu kedua isi itu amat berarti buat mereka yang tengah berdiet melindungi pola makan.

Menghitung kalori nasi putih

Dalam satu mangkok nasi putih, isi kalori nasi putih dekat 204 kalori. Nilai ini penuhi 10% keinginan nilai berkecukupan vitamin setiap hari. Bila dalam satu hari komsumsi nasi putih paling tidak 3 kali, maksudnya kalori dari nasi putih saja menggapai 600 kalori. Belum ditambah dengan menu- menu yang lain.

Bandingkan dengan menu yang saat ini gaya jadi pengganti nasi putih, semacam:
  • Beras shirataki= 0 kalori
  • Mie shirataki= 15 kalori
  • Beras merah= 110 kalori
  • Roti gandum= 259 kalori
  • Nasi kongbap= 100 kalori
  • Oatmeal= 160 kalori
  • Kentang= 89 kalori
  • Buah bit= 100 kalori
Serta sedang banyak lagi tipe santapan lain pengganti nasi putih dengan isi kalori lebih kecil. Sering- kali orang tidak senantiasa mengubah nasi putih dengan materi lain buat diet saja, tetapi dapat pula buat estimasi kesehatan. Misalnya, pengidap diabet memilah buat komsumsi pengganti nasi putih dengan kandungan gula lebih kecil.

Beras shirataki, pengganti pengganti nasi putih

Bersamaan dengan terus menjadi maraknya pemahaman pola makan segar, saat ini nasi putih tidak lagi jadi menu harus yang wajib terdapat di meja makan tiap kali durasi makan datang. Terlebih, telah banyak gaya santapan segar yang diseleksi bagaikan pengganti pengganti nasi putih.

Umumnya, pengganti yang diseleksi ini yang besar hendak serat. Sia- sia saja bila suatu tipe santapan besar protein tetapi kecil serat sebab cuma hendak membuat gampang lapar lagi serta lagi.

Salah satu yang menarik buat diulas lebih jauh merupakan beras shirataki. Walaupun terkini terkenal belum lama ini, warnanya beras shirataki sudah lama dipakai di Asia, dekat 2000 tahun dahulu.

Beras shirataki dibuat dari sayur- mayur serta umbi. Wujudnya semacam nasi cuma saja lebih ceper serta rupanya tidak sepekat nasi putih melainkan mengarah tembus pandang.

Gimana dengan rasanya?

Biasanya, orang Indonesia dapat menyambut rasa beras shirataki yang diolah jadi nasi sebab tidak sangat berlainan dibanding nasi putih lazim. Apalagi nasi shirataki mengarah terasa payau serta tidak meninggalkan rasa semacam nasi putih.

Tidak hanya dalam wujud nasi, olahan shirataki pula sering- kali diolah dalam wujud mie yang elastis serta payau.

Pastinya nasi shirataki bertambah terkenal sebab isi seratnya yang besar tetapi kalorinya senantiasa kecil. Olahan beras shirataki pula pas untuk pengidap diabet sebab nyaman buat kandungan gula dalam badan.

Bisa jadi salah satu yang membuat nasi shirataki belum sepopuler nasi putih merupakan sebab biayanya yang sedang besar, dekat Rp25. 000 ke atas satu porsinya, lebih dari 2 kali bekuk harga beras.

Terbebas dari gaya pengganti nasi putih, pasti senantiasa boleh- boleh saja bila Kamu mau komsumsi nasi putih tiap kali makan. Hal kesehatan tidak cuma didetetapkan dari apakah terdapat nasi putih ataupun tidak di piring Kamu, tetapi lebih banyak lagi semacam sayur- mayur serta lauknya, kerutinan berolahraga, serta style hidup segar yang lain.