Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

🍃 WASPADA untuk Orangtua, Permen Jelly Berbentuk Stik jajanan Anak-Anak, Ternyata Ada Kandungan Beracun 🍃




Puluhan siswa di SD Negeri 1 Ngadiwarno Ikut, Dusun Ngadiwongso, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal mengalami keracunan akibat mengkonsumsi permen Jelly Bentuk Stik, 

Kisah tersebut dibagikan oleh Facebook Yuni Rusmini .

Awalnya sekira pukul 08.30 WIB saat jam istirahat siswa-siswa (korban) tersebut bersama-sama membeli permen 'Jelly bentuk stik' di kantin sekolah.

Baca Juga :

Usai mengkonsumsi permen tersebut mereka merasa lemas, pusing dan perut mual.

"Berdasarkan hasil pengecekan laboratorium kesehatan bahwa kandungan Permen Jelly tersebut terbukti dan positif mengandung racun," papar Budi Ardiyanto selaku Kabid P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Dinkes Bandar Lampung saat ditemui diruang kerjanya, .


"Artinya itu mengandung racun di dalam permen jelly Bentuk Stick tersebut, dan kami juga sudah berkordinasi dengan BBPOM Kabupaten Kendal untuk bersama-sama pastikan kandungan di dalam minuman tersebut," katanya.



"Jadi bisa juga ditanyakan kepada BBPOM terkait uji laboratorium mereka hingga sampai ke mikro pemeriksaannya," tambah dia.

Guru sekolah yang mendapat laporan tersebut lantas membawa siswa-siswa tersebut ke petugas medis Puskesmas Sukorejo 2.

Petugas memeriksa 14 siswa yang diduga keracunan, sedangkan enam siswa di antaranya dirujuk ke puskesmas Sukorejo 1 untuk dapatkan perawatan intensif.

Baca Juga :


Kemudian pihak Puskesmas Sukorejo 2 bekerjasama dengan petugas Polsek Sukorejo untuk menangani lebih lanjut kasus ini.

Hal serupa juga dialami oleh siswi SD Sidakaya Bandengan Cilacap berinisial Na, bahkan ia sampai meninggal akibat konsumsi permen ini.

Na membeli permen lipstik, di sekitar sekolahnya. Sesaat setelah itu, dia justru muntah-muntah dan kemudian dinyatakan keracunan oleh pihak rumah sakit.

Na lalu dinyatakan meninggal dunia sekitar pukul 20.00 WIB. Permen lipstik yang dibeli Na diduga mengandung zat kimia berbahaya.

Atas kejadian itu, penggungah pun meminta agar orangtua lebih berhati-hati dan selalu mengawasi anaknya.(*)

Artikel ini telah tayang di tribunbatam.id dengan judul Sejumlah Siswi SD di Kendal Keracunan Permen Jelly Bentuk Stik,