HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

💥 Anak yang Tidak Mendapat Ranking Bukan Berarti Anak Bodoh,Berikut Penjelasannya 💥

          

Semua orang yang telah mengenyam bangku sekolah pasti telah mengalami bagaimana rasa tegangnya saat hari pembagian rapot sekolah, bukan? Sekolah di Indonesia dari jenjang SMA, SMP, SD  bahkan TK kebanyakan menggunakan sistem ranking untuk mengurutkan siswa yang memiliki nilai yang baik sampai yang buruk. 

Baca Juga :

Anak yang memiliki ranking pertama dianggap menjadi siswa paling cerdas di kelasnya, hal ini membuat para orang tua beranggapan bahwa anaknya yang memiliki ranking yang tinggi merupakan anak yang sangat pintar dan orang tua yang memiliki anak dengan ranking rendah merasa rendah diri karena menganggap anaknya lebih bodoh dari teman temannya yang lain, karena itu orang tua terus memberikan dorongan agar anaknya selalu menjadi juara di kelasnya.

Ada kejadian saat saya masih duduk di sekolah menengah pertama. Saya memiliki seorang teman, sebut saja B. B merupakan anak yang terlihat biasa saja, tidak pernah masuk dalam peringkat sepuluh besar, pelajaran matematika, fisika, olah raga dan keseniannya juga tidak sebagus anak anak lain di kelas. Terkadang teman teman di kelas selalu mengejeknya karena dia memiliki nilai yang jelek di pelajaran olah raga.

Tapi saat pelajaran sejarah, guru menanyakan pertanyaan kepada semua siswa di kelas, semua anak diam tidak ada yang berani menjawab tapi B mengacungkan tangan dan menjawab pertanyaan sang guru dengan cepat dan tepat. Sejak itu B selalu dipuji karena memiliki ingatan yang kuat, walaupun tidak menonjol dalam semua mata pelajaran. 


Saya melanjutkan SMA dengan B, dan ketika lulus SMA akhirnya B melanjutkan pendidikannya dalam ilmu sejarah di salah satu Universitas bergengsi. Dari pengalaman itu membuat saya teringat penjelasan tentang Multiple Intelligence yang menyatakan bahwa manusia memiliki 8 macam kecerdasan yakni :
  • Kecerdasan Linguistik atau kecerdasan berbahasa
  • Matematika
  • Visual/Spasial
  • Kinestetik/perasa
  • Musikal
  • Interpersonal
  • Intrapersonal
  • Intuisi
Dari pengalaman tentang teman saya sebelumnya, saya mendapatkan contoh langsung bahwa anak yang tidak masuk dalam peringkat ‘anak pintar’ bukan berarti anak itu bodoh, tapi anak itu memiliki kecerdasan yang berbeda dari temannya yang lain. 

Dengan mengasah bakat yang ada pada diri anak akan membuat kemampuan sang anak akan berkembang dan membuat rasa penasarannya bertambah, ia akan terus menggali bakatnya, dari rasa penasaran itu juga akan memunculkan semangat untuk mempelajari pelajaran pelajaran yang berkaitan dengan apa yang ia sukai. Dengan kata lain anak akan terdorong untuk mempelajari mata pelajaran yang lain jika ia juga dapat menyalurkan bakat dan minatnya pada suatu pelajaran dengan baik.

Sebagai calon orang tua, yang insya Allah akan memiliki anak, jangan paksakan anak untuk menjadi anak yang paling pintar di kelasnya dan jangan memberikan cap ‘bodoh’ kepada anak jika mereka tidak dapat menjadi yang terbaik. 

Baca Juga :

Tetapi carilah, ketahuilah bakat apa yang dimiliki sang anak, apa  yang menjadi minatnya. Pujilah, berilah mereka respon yang positif tentang karya karya kecil yang mereka buat dan tunjukkan kepada kita, mungkin kelak dengan bakat yang ia salurkan dengan karya karya kecil itu akan membawanya menjadi orang yang beguna dan sukses di kemudian hari.

Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait