Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

💗 Jangan Tinggalkan Powerbank di Mobil Maupun Bagasi Motor, Ini Bahayanya! 💗




Kemajuan teknologi memang telah membuat kita tidak bisa lepas dari ponsel. Hal ini mengakibatkan kecemasan ketika baterai ponsel tiba-tiba habis. Maka tak heran jika banyak orang menggunakan powerbank untuk mengisi ponsel mereka ketika tiba-tiba baterainya habis.

Baca juga :

Ini jadi pelajaran bersama, saya juga jadi hati2 nich lebih baik jangan menyimpan power bank di dalam bagasi motor. Tiba2 PB terbakar di dalam jok padahal ada surat BPKB disitu dan akhirnya ikut terbakar juga.

Kenapa power bank tiba2 terbakar ?
  • Jika melihat kondisi power bank terpasang kabel yang tertekuk, bisa jadi kabel sobek karena tertekuk dan akhirnya konslet.
  • Kondisi ruangan di dalam bagasi motor sangat panas.
  • Power bank yang kebetulan rusak.
  • Ada lagi ?
Nach kalau mau menyimpan power bank lebih baik dalam kondisi kabel terlepas, dan pada saat mengecas hp lewat poer bank sebaiknya hp dimatikan agar terhindar dari konslet yang mengakibatkan hp ikut terbakar.

Dilansir dari laman NST, ada sebuah peristiwa mengerikan terkait powerbank. Awalnya, ada seseorang yang menaruh powerbank di dalam mobil ketika cuaca terik. Letak mobil juga berada di lokasi terbuka, tanpa teduh pepohonan.

Salah seorang yang lewat melihat kejadian tersebut mengatakan, ” Saya lewat di depan tempat parkir, saat saya melihat asap tebal di dalam mobil.”

Orang itu mengintip ke dalam mobil, dan melihat powerbank di kursi penumpang bagian depan sudah terbakar.

Baca Juga :

Akibat powerbank yang terbakar tersebut, percikan api sempat membuat kabin mobil ikut terbakar dan mengenai kaca depan hingga retak.

Orang tersebut pun segera meminta orang lain untuk membantu memadamkan api sebelum api membesar.

Orang-orang berkumpul di sekitar mobil dan berhasil menyiram air melalui lubang kecil di dekat jendela. Beruntung, akhirnya api pun bisa dipadamkan.

Tidak berapa lama, tim penyelamat pun datang. Namun api sudah dapat dipadamkan ketika tim penyelamat datang.

Peristiwa ini sendiri terjadi di Negeri Jiran, Malaysia, sekitar pukul 11.53 waktu setempat.

Sementara itu, Direktur Operasi Pemadam Kebakaran Malaysia mengatakan bahwa ada sekitar 10% mobil yang rusak yang diakibatkan karena kebakaran. Untuk kasus ini sendiri, mereka masih menyelidiki penyebab kebakaran.

Namun dari hasil olah TKP, diketahui bahwa pengemudi tengah men-charger powerbank saat kendaraan ditinggal.

Baca Juga :

Dugaan sementara, titik api berawal dari konsleting kabel yang berasal dari accu mobil.