Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

💥 Ngeri! Kista Sebesar 10 Bayi Baru Lahir Dikeluarkan dari Perut Wanita ini, Begini Ceritanya! 💥




Seorang wanita dengan kista yang diyakini terbesar di dunia berhasil diselamatkan hidupnya.

Wanita berusia 24 tahun yang enggan disebutkan namanya ini awalnya melakukan diet karena kelebihan berat badan. 

Saat itu tangan dan kakinya memang mengecil, tetapi bagian perutnya terus membesar hingga akhirnya beresiko gagal jantung. 

Ternyata setelah diperiksa ada tumor batu berdiameter 157 cm dengan berat 33 kg atau sama dengan 10 kali  berat bayi baru lahir atau berat dari anak berusia 10 tahun.  



Tekanan dari kista itu membuatnya susah  berjalan, bernapas dan makan karena kompresi pada organ tubuhnya.

Dokter akhirnya memutuskan untuk operasi.

Baca Juga :

Wanita asal Meksiko ini pun akhirnya menjalani operasi pengangkatan di rumah sakit umum Meksiko enam bulan lalu.  

Operasi pengangkatan kista



Dr Erik Hanson Viana, 27 dari Rumah Sakit Umum Mexico mengakui kista ini terbesar dari yang pernah dioperasinya.

"Ini adalah kista terbesar yang pernah saya operasi, itu begitu besar sehingga mengambil 95% dari perut pasien. Dari semua penelitian saya diyakini bahwa ini adalah kista ovarium terbesar yang pernah dihapus utuh," katanya.

Dia mengatakan, operasi itu harus dilakukan karena jika tidak dia tidak akan bisa berjalan, mengalami gizi buruk karena  tidak bisa makan.

Baca juga :

"Sulit untuk mengatakan berapa lama ia akan hidup, tapi itu akan menjadi benar-benar berkualitas buruk kehidupan," katanya. 

Setelah enam bulan operasi, wanita ini bisa berjalan seperti orang normal tanpa perlu tongkat atau alat bantu mobilitas lainnya dan perutnya sudah datar.

"Dia punya stretchmark buruk pada perut dan kulit di perutnya keriput, tapi sekarang dinding perut telah kembali ke tempat yang seharusnya," katanya. 

Pasien kini telah kembali ke kehidupan normal di pedesaan Mexico. 


Kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang tumbuh pada indung telur (ovarium) wanita. Kista ini biasanya muncul selama masa subur atau selama wanita mengalami menstruasi.

Tiap wanita memiliki dua indung telur (ovarium), satu di bagian kanan dan satu lagi di sebelah kiri rahim. Ovarium yang berukuran sebesar biji kenari ini merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita.

Ovarium berfungsi menghasilkan sel telur tiap bulan (mulai dari masa pubertas hingga menopause), serta memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Fungsi ovarium terkadang dapat terganggu, kista termasuk jenis gangguan yang sering terjadi.

Gejala Kista Ovarium
Sebagian besar kista berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala. Kista ini biasanya  akan hilang sendiri tanpa pengobatan. Kista baru menimbulkan masalah jika tidak kunjung menghilang atau justru makin membesar.

Dalam kondisi seperti ini, penderita dapat merasakan nyeri panggul atau perut kembung. Kondisi serius dapat terjadi saat kista pecah atau jaringan ovarium terpelintir sehingga memerlukan penanganan secepatnya.

Baca Juga :

Penyebab Kista Ovarium
Terbentuknya kista ovarium tergantung dari berbagai faktor. Bisa terkait dengan siklus menstruasi maupun akibat ada pertumbuhan sel yang tidak normal. Walaupun terdapat pertumbuhan sel yang abnormal, biasanya kista ovarium bersifat jinak.

Penanganan Kista Ovarium
Langkah penanganan terhadap kista ovarium dilakukan berdasarkan usia pasien, jenis, atau ukuran kista. beberapa pilihan penanganan kista ovarium, salah satunya hanya pemantauan rutin saja jika kista masih kecil dan tidak menimbulkan gejala. Namun jika kista membesar, dapat dilakukan tindakan operasi  pengangkatan kista.

Sulit untuk dapat mencegah timbulnya kista. Kendati demikian, pemeriksaan panggul secara teratur dapat memantau jika terjadi perubahan pada ovarium. Pemeriksaan juga perlu dilakukan jika terjadi mengalami menstruasi di luar kebiasaan.