Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

💗 Seorang Bayi Perempuan Lahir di India Dengan Tonjolan Di Hidung Yang Mirip Belalai 💗




Seorang bayi perempuan di Aligarh, Uttar Pradesh, India, disembah-sembah seperti halnya dewa, karena dia lahir dengan cacat wajah yang menyerupai belalai gajah. Warga desa di dekat Aligarh berbondong-bondong melihat bayi itu yang mereka yakini sebagai titisan dewa berkepala gajah, Ganesha.
News International Asia melaporkan, warga terus berdatangan ke rumah orang tua bayi itu, padahal dokter sudah menyatakan bahwa kondisi yang diderita si bayi itu kemungkinan mutasi genetik.
Bibi bayi yang baru lahir, Rajani, mengatakan kepada kantor berita: "Adik ipar saya melahirkan seorang gadis dan wajahnya tampak persis seperti Dewa Ganesha. Semua orang mengatakan dia adalah inkarnasi dari dewa. Inilah sebabnya mengapa siapapun yang mendengar tentang dia akan datang ke sini untuk mendapatkan berkah dari bayi dan membuat persembahan," kata Rajani seperti dilansir Mirror.co.uk.

Bayi yang dilaporkan lahir pada Kamis lalu pukul 07.00 itu adalah anak keempat dalam keluarga yang sejauh ini sehat dan sederhana. Benjolan di wajahnya muncul di antara mata dan telah membagi hidung menjadi dua ketika bayi masih dalam kandungan.


Dokter akan memeriksa bayi perempuan itu untuk mengetahui sejauh mana kondisinya dan apakah mereka harus mengoperasinya. Mereka telah memperingatkan kondisi bisa terjadi karena mutasi genetik yang dipicu oleh kekurangan gizi dan meningkatnya polusi, ANI melaporkan.

Sebuah laporan tahun 2003 oleh majalah lingkungan Down to Earth mengatakan pekerja di Aligarh, zona industri, menghadapi limbah yang buruk dan 'kondisi kerja yang bagai mimpi buruk'. Ganesha adalah salah satu dewa yang paling terkenal dalam agama Hindu dan disembah oleh jutaan sebagai dewa kebijaksanaan dan kecerdasan
Ada banyak hal aneh yang terjadi di sekitar kita. Salah satunya adalah kelainan genetik yang menyebabkan seseorang memiliki ‘penyakit hidung’, yaitu bentuk hidung tak biasa. Diktp dari kejadiananeh, ini dia empat bentuk hidung yang disebabkan karena kelainan genetik:

1. Hidung tanduk mirip Pinocchio
Seorang nenek bernama Golda Humphrey memiliki sebuah daging lebih mirip tanduk, yang membuatnya dijuluki sebagai Pinokio. Golda didiagnosis dokter terkena kanker kulit melanoma.

Golda pun harus menjalani beberapa kali operasi bedah sebelum penyakit ini menyebar ke bagian mulut sampai seluruh wajahnya. Usai operasi, Golda harus rela kehilangan hidung yang hanya menyisakan dua lubang saja.

2. Hidung mirip belalai gajah
Desa Aligarh Uttar Prades di India dihebohkan dengan fenomena bayi yang memiliki hidung seperti belalai gajah. Meski terlahir dengan kondisi yang tak biasa, justru kedua orangtuanya menganggap hal itu sebuah anugerah.

Masyarakat di sana berbondong-bondong untuk menyembah bayi berhidung belali gajah tersebut, karena diyakini merupakan titisan dari Dewa Ganesha. Sementara dari segi medis, hidung belalai gajah disebabkan akibat mutasi gen dan bukanlah tumor. Kondisi ini dipengaruhi karena tingkat polusi tinggi ketika si bayi masih dalam kandungan sang ibu.
3. Hidung bulat merah seperti tomat
Saat masih dalam kandungan, bayi bernama Connie Lylod sudah didiagnosis memiliki penyakit tumor jinak. Hal ini terungkap setelah hasil pemeriksaan USG pada saat memasuki usia 26 minggu kehamilan,

Dokter melihat ada pertumbuhan yang tak wajar pada bagian hidung si bayi. Benar saja, setelah lahir, hidung Connie berbentuk bulat, besar dan merah mirip sekali seperti badut.

Mengingat usianya yang belum cukup, dokter belum bisa melakukan operasi pembedahan dan hanya melakukan pengobatan propanolol agar menghentikan pertumbuhan tumor pada hidung Connie Lylod sehingga tidak semakin bertambah besar.

Selama dua tahun kedua orangtua Connie melakukan penjagaan ekstra, karena apabila hidung bayi tadi luka atau terkena benturan, maka akan mengalami pendarahan hebat yang bisa mengancam nyawanya.

4. Hidung membesar akibat benjolan encephalocele
Bayi bernama Ollie Trezise didiagnosis memiliki kelainan aneh pada hidungnya, sejak berusia 20 minggu dalam kandungan sang ibu. Setelah lahir, ia pun harus menjalani scan MRI agar mendapatkan hasil pemeriksaan yang lebih akurat.

Benjolan yang terdapat pada hidung Ollie adalah Encephalocele yang diakibatkan dari gangguan penutupan tabung saraf. Ollie mendapat rujukan pindah ke Rumah Sakit Anak Birmingham agar segera menjalani operasi pembedahan,sebab benjolan Encephalocele ini rawan sekali membahayakan nyawanya.

Dokter membuka tengkorak kepala Ollie untuk menghilangkan kantung yang terendam cairan otak serta memperbaiki kondisi hidung Ollie yang tak normal. Akibat operasi pembelahan tengkorak, sampai sekarang pun masih terlihat jelas bekas jahitan belahan di kepalanya.(ilj/bbs)