HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

💗 Memang Islam Melarang Nitip Anak ke Orang Tua, Tapi Jika Terpaksa Pertimbangkan Syarat Ini 💗

          

Saat ini para ibu bekerja di luar rumah bukanlah hal yang aneh. Banyak para wanita yang mengejar karir demi alasan ekonomi untuk membantu keuangan keluarga.

Sehingga hal ini tak sedikit para ibu yang akhirnya harus menitipkan anak-anaknya kepada orang tuanya.

Baca Juga :
💗 Bripka Toni Purwanto, Polisi Hebat yang Tak Malu Nyambi Jadi Pedagang Cilok 💗

Dengan alasan sibuk dan bekerja di luar akhirnya anak dititipkan dan meninggalkan kewajiban utama merawat dan mendidik anak. Seharusnya hal seperti ini menjadi bahan renungan  para orang tua khususnya para ibu.

Apakah menitipkan anak merupakan hal yang wajar atau malah menjadi hal yang sebenarnya malah menyita tenaga para orangtua yang kita titipi untuk merawat anak.

Beberapa hal yang harus menjadi bahan renungan dan evaluasi bagi orang tua yang suka menitipkan anaknya terutama kepada ibu sendiri atau ibu mertua:

Bertanyalah kepada diri sendiri, apakah perbuatan kita meringankan beban orang tua  atau malah sebaliknya?

Baca Juga :
💗 Bayi Ini Menangis Peluk Ibunya Yang Sudah Meninggal Dunia, Videonya Jadi Viral 💗

Sudah luruskah niat kita karena semata-mata untuk membahagiakan keluarga atau hanya untuk mengejar karir dunia semata

Apakah orangtua lebih baik dalam mengasuh anak terutama dalam hal perkembangan jaman?

Masih kuatkah orangtua kita yang sudah lanjut usia untuk mendidik anak-anak kita? Sedangkan keaktifan anak kadang membuat kita lelah?

Meskipun kita memberikan imbalan berupa uang, sudah layakkah kita melakukan hal tersebut? Karena orangtua bisa saja tersinggung, imbalan yang kita berikan merupakan gaji karena mendidik anak bukan karena sebagai wujud bakti anak kepada orangtua.

Tanyakan apakah orangtua merasa terhibur dengan kehadiran cucu atau malah sebaliknya

Perhatikan dengan seksama apakah anak-anak yang kita titipkan cenderung nakal dan menyusahkan?

Betulkah hal tersebut dibenarkan oleh syariat agama?

Baca Juga :

💗 Pengakuan Ummu Ahmad Saat Mandikan Jenazah Orang yang Tak Pernah Shalat 💗

Apabila dalam diri kita menitipkan anak karena mengejar kepentingan dunia dan malah membuat orangtua yang kita titipi anak merasa terganggu dan terbebani, sesungguhnya kita telah berbuat aniaya dan dzalim kepada mereka. Jika mereka merasa terbebani maka kita telah melakukan perbuatan dosa.

“Adalah Dosa dan aniaya menitipkan anak kepada orangtua dengan alasan mengejar karier dunia”

Setidaknya kita telah melakukan 2 hal perbuatan salah dan termasuk kategori dosa yaitu meninggakan kewajiban untuk mengasuh dan mendidik anak serta kita telah melakukan perbuatan aniaya dan dzalim kepada orangtua.

Alangkah terpujinya apabila kita bisa meringankan beban orangtua dan membahagiakan mereka dimasa-masa tuanya.

Sebagai bahan catatan untuk para ibu dan ayah sebagai orangtua. Para orang tua memiliki 3 peran utama yaitu:

Merawat fisik anak agar tumbuh kembang dengan sehat Proses sosialisasi anak agar belajar menyesuaikan diri dengan lingkungannya

Baca Juga :

💗 Kisah Inspiratif  Naja, Penghafal 30 Juz Alquran, Meski Menderita Cerebral Palsy 💗

Serta kesejahteraan psikologis dan emosional anak.

Kewajiban dari orang tua yang harus dipenuhi yaitu hak anak untuk hidup, nama yang baik, disembelihkan aqiqahnya, ASI 2 tahun, makan/minum/pakaian, pendidikan agama, pendidikan sholat, tempat tidur terpisah antara pria dan wanita, pendidikan adab, pengajaran Al-quran/baca tulis, perawatan dan pendidikan kesehatan/kebersihan, pengajaran keterampilan, kasih sayang, keamanan, dan perlindungan.

Etika menitipkan anak pada orang tua mungkin bisa dirangkum sebagai berikut:



Awali semua dengan rasa “tidak enak”

Jangan mentang-mentang itu orang tua atau mertua sendiri, lantas kita bisa seenaknya menitipkan anak. Kita sudah jadi orang tua, lho, anak adalah tanggung jawab kita sepenuhnya, bukan orang lain meski itu kakek dan neneknya sendiri.

Penuhi kebutuhan anak agar tidak membebani ortu kita.

Jangan sampai menyusahkan ortu secara fisik dan finansial sekaligus.

Baca Juga :
💗 Viral Video Pemulung Dandani Anaknya sebelum Salat di Masjid, Warganet Terenyuh dan Terharu 💗

Berbeda pola asuh dengan ortu? Terima sajalah. Itu, kan, risiko yang kita ambil saat memutuskan untuk menitipkan anak pada ortu, bukan? Kalau tidak mau, ya, jangan titipkan anak, dong.

Kalau memang ada yang mengganjal sekali, utarakan dengan hati-hati. Kita bisa kan bersikap ekstra hati-hati bahkan memanjakan ART/nanny dengan tujuan agar mereka tidak mudik? Lalu kenapa sama ortu sendiri nggak bisa? Padahal mereka yang melahirkan dan mengasuh kita sejak kecil, lho.

Kasih sayang ibu sepanjang masa, kasih sayang anak sepanjang galah. Ingat pepatah tersebut?

Oleh karena itu, sebanyak apapun saya memberi uang atau harta benda pada ortu dan mertua, tetap tidak akan mampu membalas semua yang pernah mereka berikan.

Apalagi jika ortu kita sehari-hari membantu mengasuh anak. Sebisa mungkin berikan uang bulanan meski hanya sedikit.

Baca  Juga :

💗 Lahir Super Kecil, Bayi Mungil 7 Bulan Ini Cuma Bisa Pakai Baju Ukuran Boneka 💗

Kalau ortu menolak, berikan hadiah-hadiah kecil sebagai kejutan. Entah itu makanan kesukaannya, blus cantik atau pajangan favorit. Minimal, berikanlah perhatian kepada mereka


Sumber: beranihijrah.org

Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait