HPK

mesothelioma survival rates,structured settlement annuity companies,mesothelioma attorneys california,structured settlements annuities,structured settlement buyer,mesothelioma suit,mesothelioma claim,small business administration sba,structured settlement purchasers,wisconsin mesothelioma attorney,houston tx auto insurance,mesotheliama,mesothelioma lawyer virginia,seattle mesothelioma lawyer,selling my structured settlement,mesothelioma attorney illinois,selling annuity,mesothelioma trial attorney,injury lawyer houston tx,baltimore mesothelioma attorneys,mesothelioma care,mesothelioma lawyer texas,structered settlement,houston motorcycle accident lawyer,p0135 honda civic 2004,structured settlement investments,mesothelioma lawyer dallas,caraccidentlawyer,structured settlemen,houston mesothelioma attorney,structured settlement sell,new york mesothelioma law firm,cash out structured settlement,mesothelioma lawyer chicago,lawsuit mesothelioma,truck accident attorney los angeles,asbestos exposure lawyers,mesothelioma cases,emergency response plan ppt,support.peachtree.com,structured settlement quote,semi truck accident lawyers,auto accident attorney Torrance,mesothelioma lawyer asbestos cancer lawsuit,mesothelioma lawyers san diego,asbestos mesothelioma lawsuit,buying structured settlements,mesothelioma attorney assistance,tennessee mesothelioma lawyer,earthlink business internet,meso lawyer,tucson car accident attorney,accident attorney orange county,mesothelioma litigation,mesothelioma settlements amounts,mesothelioma law firms,new mexico mesothelioma lawyer,accident attorneys orange county,mesothelioma lawsuit,personal injury accident lawyer,purchase structured settlements,firm law mesothelioma,car accident lawyers los angeles,mesothelioma attorneys,structured settlement company,auto accident lawyer san francisco,mesotheolima,los angeles motorcycle accident lawyer,mesothelioma attorney florida,broward county dui lawyer,state of california car insurance,selling a structured settlement,best accident attorneys,accident attorney san bernardino,mesothelioma ct,hughes net business,california motorcycle accident lawyer,mesothelioma help,washington mesothelioma attorney,best mesothelioma lawyers,diagnosed with mesothelioma,motorcycle accident attorney chicago,structured settlement need cash now,mesothelioma settlement amounts,motorcycle accident attorney sacramento,alcohol rehab center in florida,fast cash for house,car accident lawyer michigan,maritime lawyer houston,mesothelioma personal injury lawyers,personal injury attorney ocala fl,business voice mail service,california mesothelioma attorney,offshore accident lawyer,buy structured settlements,philadelphia mesothelioma lawyer,selling structured settlement,workplace accident attorney,illinois mesothelioma lawyer

Menu Navigasi

💗 Viral, Walau Dengan Keterbatasan Bukan Halangan bagi Pria ini Jalankan Kewajiban Ibadah Sholat di Masjid 💗

 

\Secara bahasa sholat berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti, Ibadah. Sedangkan, menurut istilah, sholat

bermakna serangkaian kegiatan ibadah khusus atau tertentu yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.

Setiap umat muslim diwajibkan menunaikan ibadah sholat lima waktu dalam kondisi apapun.Mereka yang diberi raga yang sehat patut bersyukur.

Baca juga ;

💗 Ekspresi Merengut Wajah Bayi Saat Baru Dilahirkan, Dokter Mati-matian Bikin Bayi yang Lahir dengan Wajah Cemberut ini Menangis 💗

Pasalnya, kewajiban sholat lima waktu bisa dilaksanakan dengan baik.Namun, memiliki cacat fisik juga bukan jadi halangan untuk menunaikan ibadah sholat.

Baru-baru ini akun Instagram @ilmfeed mengunggah video yang memotivasi banyak orang untuk semakin rajin menunaikan sholat.

Akun tersebut mengunggah video yang menampilkan seseorang dengan 2 kaki palsu sedang menjalankan ibadah sholat di masjid.

Video yang diunggah pada 26 September 2019 itu kini telah ditonton lebih dari 66 ribu kali.

"Kita memiliki banyak hal untuk disyukuri. Paling tidak yang bisa kita lakukan adalah menunaikan sholat 5 waktu. Kita tak punya alasan." tulis akun @ilmfeed.

Dalam video berdurasi 25 detik itu, tampak orang itu menunaikan ibadah sholat dengan khusyuk.

Kondisi fisiknya bukan jadi alasan utama untuk tidak menunaikan ibadah sholat.Video tersebut tentu layak jadi motivasi banyak orang untuk lebih taat dalam menunaikan ibadah sholat.

Setelah akun tersebut memposting video itu, banyak netizen mengaku terharu dan kagum dengan orang tersebut.

Baca Juga :

💗 'Bahagia Berubah Jadi Duka', Kisah Menyayat Hati Ibu Muda Pergi Selama-lamanya Susul Bayinya 💗

Beberapa netizen bahkan memberikan doa mereka kepada orang tersebut."Subhanallah. Semoga ini bisa memotivasi kita untuk melakukan shalat yang lebih baik," tulis akun @fatin.zil.

"mashaAllah apa kita yang punya perasaan fisik tak malu melihat ini?" tulis akun @syrrfhd.

"Mashaa Allah, karena selama kita hidup, tidak ada alasan bagi kita untuk meninggalkan Sholat hingga ajal menjemput." tulis akun @syaefulrizal.

"Semoga Allah swt selalu melindunginya.. Amin .." tulis akun @norhazira_

Sebagian dari mereka juga merasa terinpirasi dan termotivasi setelah melihat video itu.

Melalui video tersebut, mereka mengungkapkan bahwa mereka ingin menjalankan ibadah sholat dengan lebih baik. 

Sholat adalah ibadah wajib yang sangat penting bagi umat Islam. Karena amalan yang pertama kali dihisab adalah sholat.

Lalu bagaimana dengan orang yang sedang sakit, apakah tetap wajib melaksanakan sholat?  Ustaz Ahmad Sarwat Lc dalam buku 'Sholat Orang Sakit' yang diterbitkan Rumah Fiqih Publishing menjelaskan hukum sholat bagi orang sakit. 

Baca Juga : 💗 Ajaib! Bayi Ini Hidup Meski Lahir Saat Kecelakaan 💗

Dia menjelaskan bahwa pada prinsipnya orang sakit tidak dicabut kewajiban sholatnya. Namun mendapatkan beberapa keringanan  Untuk itu dalam menetapkan bentuk-bentuk keringanan sholat ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan.

1. Sakit tidak menggugurkan kewajiban sholat 

Ini adalah prinsip yang paling dasar dan sangat penting. Sebab banyak sekali orang yang keliru dalam memahami bentuk-bentuk keringanan. Sehingga terlalu memudah-mudahkan sampai keluar batas. Artinya tidak mentang-mentang seseorang menderita suatu penyakit, lantas boleh meninggalkan sholat seenaknya.

Kalau pun terpaksa harus meninggalkan sholat, karena alasan sakit yang tidak mungkin bisa mengerjakan sholat. Tetap saja sholat itu menjadi hutang yang harus dibayarkan di kemudian hari.

2. Lakukan yang bisa dilakukan

Seseorang yang sakit tetap diwajibkan untuk mendirikan sholat. Caranya dengan melakukan gerakan dan posisi-posisi sholat semampu yang bisa dilakukan, meskipun tidak sampai sempurna. Hal ini ditegaskan dalam Alquran dan hadits.

فَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ مَا ٱسْتَطَعْتُمْ "Dan bertaqwalah kepada Allah semampu yang kamu bisa." (QS  At-Taghabun: 16)

وَمَا أَمَرْتُكُمْ بِهِ فَأْتُوا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ "Dan apa yang aku perintahkan kepada kalian, maka kerjakannya semampu yang bisa kamu lakukan." (HR. Bukhari)

Baca juga ;

💗  13 Tahun Berlalu Pria Pertama yang Bisa Hamil & Melahirkan, Kini Anak-anaknya Sudah Besar 💗

Prinsipnya, apapun gerakan dan bacaan sholat yang masih bisa dikerjakan, maka tetap wajib untuk dikerjakan. Apa yang sudah mustahil untuk dilakukan, barulah boleh untuk ditinggalkan. Prinsipnya, apa yang tidak bisa didapat secara keseluruhannya, bukan berarti harus ditinggalkan semuanya.

3. Keringanan sholat tidak boleh mengarang sendiri

Tidak mentang-mentang mendapatkan keringanan sholat, lantas seseorang boleh mengarang-ngarang sendiri bentuk keringanan sholat seenak seleranya. Keringanan yang Allah SWT berikan kepada orang sakit bukanlah cek kosong yang boleh diisi seenaknya. Karena tetap ada banyak batasan syariah yang mengiringinya. 

Misalnya, orang sakit tetap wajib sholat sejumlah rakaat yang telah ditetapkan dan tidak boleh mengurangi jumlah rakaat. Maka yang tadinya sholat Zhuhur empat rakaat, tidak boleh tiba-tiba dikurangi jadi tinggal satu rakaat dengan alasan sedang sakit.

Begitu juga yang seharusnya sholat lima waktu dalam sehari semalam, tidak boleh diubah jadi cuma tiga waktu saja. Maka keringanan sholat yang dijalankan harus bentuk-bentuk keringanan yang ada dalilnya dan tidak boleh keringanan yang seenaknya sendiri.

Baca Juga : 💗 Heboh Lafal `Allah` di Telinga Bayi Baru Lahir 💗

Keringanan yang ada dalilnya di antaranya, wudhu atau mandi janabah boleh diganti dengan tayamum, dan bila tidak bisa berdiri maka boleh sholat sambil duduk atau berbaring. Kemudian keringanan sholat lainnya bisa tidak menghadap ke kiblat, gugur kewajiban sholat berjamahnya dan gugur kewajiban sholat Jumat.  


Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait