Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

💗 Tak Banyak yang Tahu! Ikan Teri Pendongkrak Kecerdasan Otak Si Kecil 💗

Memiliki Si Kecil yang cerdas merupakan harapan semua Moms dan Dads. Untuk mewujudkan hal tersebut, berbagai upaya pun dilakukan.

Mulai dari mendukung secara akademis, hingga memberikan Si Kecil asupan makanan yang bergizi.

Ternyata Moms, tak banyak yang tahu teri memiliki manfaat seperti ikan salmon yakni meningkatkan kecerdasan Si Kecil. 

Baca Juga :

💗 Foto Mirip Penampakan Arwah, Pria ini Wujudkan Permintaan Terakhir Istri hingga Viral di Facebook 💗

Kok bisa ya Moms?

Ikan teri mengandung asam lemak seperti omega-3, yang sangat bermanfaat bagi otak Si Kecil.

Bahkan, kandungan omega-3 di ikan teri, 10 kali lebih banyak dibandingkan dengan tuna.

Tingkat omega-3 yang tinggi selama kehamilan dan masa kanak-kanak, penting untuk kecerdasan intelektual (IQ) anak nantinya.

Selain itu, omega-3 juga bisa meningkatkan suasana hati, kekebalan tubuh, dan bersifat antiinflamasi.

Nah Moms untuk mendongkrak kecerdasan otak anak, ikan teri bisa menjadi alternatif nih.

Ikan teri merupakan salah satu jenis dari keluarga ikan anchovy. Ukurannya tergolong mini, hanya berkisar antara 2-4 cm, tapi ikan teri memiliki karakteristik cita rasa yang unik. Yang paling terkenal di kalangan para mama adalah teri Medan (warna putih kecil mirip beras) dan teri Jengki Medan (berukuran lebih besar, panjang 3-4 cm). 

Baca Juga :

💗 Suami Meninggal Ketika Jenazah Istri Dimandikan, Kapolres Nangis Gendong Bayinya Yang Berusia Satu Bulan.💗

Ikan teri seharusnya layak masuk ke dalam golongan superfood, karena mempunyai banyak sekali manfaat kesehatan dan bisa dikonsumsi oleh bayi dan orang tua sekalipun.

Ikan teri sering sekali diolah dengan cara dikeringkan dan diasinkan. Meski tinggi kandungan garam, ikan teri asin ini cukup banyak dikonsumsi oleh keluarga Indonesia. Inilah yang perlu Mama waspadai. Konsumsi garam yang berlebihan sangat tidak disarankan, terutama untuk anak-anak dan orang-orang yang menderita penyakit tertentu, seperti gagal jantung dan hipertensi.

Yang terbaik adalah membeli ikan teri segar dan tawar. Biasanya warnanya kuning kecokelatan dan kering. Tapi jika Anda hanya bisa menemukan ikan teri asin, yang berwarna putih susu dan basah, tidak apa-apa juga. Cukup rendam ikan teri di dalam air matang selama beberapa jam hingga kadar garamnya berkurang atau hilang. Kemudian, jangan lagi menambahkan garam ke dalam masakan yang menggunakan ikan teri asin ini.

Baca Juga :

💗 Foto Mirip Penampakan Arwah, Pria ini Wujudkan Permintaan Terakhir Istri hingga Viral di Facebook 💗

PENTING UNTUK OTAK. Ikan teri mengandung asam omega-3 esensial, baik untuk kecerdasan otak si kecil.

TINGGI KALSIUM UNTUK KESEHATAN TULANG DAN GIGI. Termasuk bahan makanan dengan kandungan kalsium tertinggi (972 mg/100 g). Kalsium sangat diperlukan si kecil untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Sedangkan bagi orang dewasa, kalsium dibutuhkan untuk menjaga tulang tetap kuat dan mencegah osteoporosis.

KAYA PROTEIN. Ikan teri segar memiliki kandungan protein yang tinggi, sekitar 10.3 g/100 g. Protein dibutuhkan si kecil untuk masa pertumbuhannya, menambah kekuatan dan daya tahan tubuhnya.

MENCEGAH ANEMIA. Kaya akan zat besi, kandungannya mencapai 3.9 mg/100 g. Selain mencegah anemia akibat kekurangan sel darah merah, zat besi dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dari luka.

Baca Juga : 💗 Semewah Apapun Gaya Hidup Kita, Kelak Tanahlah Tempat Kita Kembali.💗

MENJAGA KESEHATAN JANTUNG. Ikan teri setara dengan ikan tuna, makarel, salmon, dan sarden yang mengandung minyak ikan yang kaya asam lemak omega-3. Nah, omega-3 ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung.