Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Pedangdut cantiq Kini Hijrah dan Jadi Petani, Lebih Memaknai Hidup


Wanita bernama Novi Listiana viral di media sosial. Ia membagikan video perjalanan hidupnya yang dulu jadi penyanyi dangdut kini hijrah dan menjadi petani.

"Setelah adanya pandemi siapa nih yang ganti kerjaan #fyp," tulis akun TikTok @novilisty_.

Dalam video tersebut, tampak sebelum pandemi COVID-19, Novi kerap mengenakan baju seksi dan terbuka ketika berada tampil di atas panggung. Setelah pandemi melanda, Novi pun langsung berhenti menjadi biduanita.

Tak hanya berhenti dari penyanyi dangdut, Novi juga hijrah dan mengubah penampilannya. Ia tampak memakai hijab juga baju lengan panjang. Profesinya pun berganti, ia beralih menjadi petani.

Saat dihubungi Wolipop, Selasa (8/6/2021), Novi Listiana mengatakan mendapat banyak pelajaran setelah memutuskan berhijrah. Dia juga menanggapi reaksi netizen di TikTok yang bernada positif.

Baca Juga :

💗 Anak Cucu Tak Bisa Ngaji, Kuburan Orang Tua Dipasang Murottal MP3. Netizen : Piye Iki Tadz ?

💗 Innalilahi Mamah Dedeh Positif COVID-19, Lagi Dirawat di Rumah Sakit

"Kebahagiaan sesungguhnya adalah bersyukur. Yaa Allhamdulilah komentarnya pada baik. Senang sih mereka mendoakan terbaik buat aku," lanjutnya.

Novi Memutuskan Hijrah dan Pakai Hijab

Novi bercerita kalau bekerja sebagai penyanyi dangdut dijalaninya untuk membiayai kebutuhan keluarga. Wanita yang lahir di Selo, Boyolali, Jawa Tengah itu menuturkan ia sudah menjadi penyanyi dangdut sejak SMP pada 2014.

Namun saat pandemi virus Corona melanda Indonesia, permintaan untuk manggung berkurang drastis.

"Awalnya dulu emang jadi penyanyi dangdut ke sana kemari buat mencukupi kebutuhan keluarga. Tapi setelah adanya pandemi job sepi. Bahkan sama sekali nggak ada. Terus bingung mau kerja apa. Soalnya waktu itu cari kerja juga susah," ungkap Novi.

Setelah berhenti jadi penyanyi dangdut, Novi pun memutuskan berhijab dan mencoba usaha jadi petani. Dia mengaku sejak berhijab jadi lebih memaknai hidup.

"Semakin ke sini aku nyaman juga pakai hijab. Nggak lagi dipandang sebelah mata sama orang-orang," ucapnya terharu.

Setelah berhijab, Novi mengungkapkan hatinya lebih damai. Kedua orangtuanya pun takjub melihat perubahan anaknya.

Baca Juga :

💗 Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un, Sudah Jarang Tampil di TV, Ternyata Artis Langganan Peran Pembantu ini Sudah Meninggal Dunia

💗 Walaupun Tangannya Hanya Satu, Remaja ini Tetap Gigih Berjualan Untuk Mencari Rezeki Halal

"Mereka malah heran sih. Kenapa kok sekarang kemana-mana selalu berhijab gitu hehehe. Tapi mereka senang sih," tuturnya.

Awal Ganti Haluan dari Penyanyi Jadi Petani

Awalnya Novi tidak mengerti sama sekali tentang cara bertani yang baik dan benar. Keahlian bertani pun ia dapat dari mertuanya yang memiliki lahan pertanian.

"Aku diajarin mertua. Kebetulan mertua juga punya lahan pertanian. Walaupun nggak luas tapi dibagi dua. Alhamdullilah sekarang punya penghasilan walau nggak sebanyak dulu. Bersyukur aja," ucap Novi.

Kegiatan sehari-hariya kini sibuk bertanam kentang, loncang, bawang merah dan brokoli. Ia dengan tekun menjalani profesinya saat ini.

"Aku mulai berangkat ke kebun jam 05.00 WIBib sampai jam 10.00 - 11.00WIB. Kalau lanjut sore jam 14.00WIB sampai sekitar jam 16.00 WIB," tambahnya.