Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curhat Soal Nikah Beda Agama, Bella Saphira Ungkap Alasan Jadi Mualaf

Bella Saphira termasuk salah satu dari sekian banyak selebritis yang memutuskan untuk menikah dengan abdi negara. Sebelum menikah dengan Letnan Jenderal TNI (Purn) H. Agus Surya Bakti, Bella adalah seorang nonmuslim. Seperti apa suka duka Bella Saphira nikah beda agama?

Bella Saphira sudah menjalani asam garam pernikahan selama bertahun-tahun. Mengenang kembali masa lalu, Bella memutuskan untuk berpindah keyakinan menjadi penganut agama Islam sebelum menikah. Kini ia menganut agama yang sama dengan sang suami dan mengungkapkan alasan dibalik keputusannya jadi mualaf.

Artikel Terkait: Suami Bella Saphira Pensiun dari TNI, Anaknya Senang: “Kita Punya Waktu Bersama Sekarang”

Cerita Bella Saphira Nikah Beda Agama, Jadi Mualaf Karena Pikirkan Nasib Anak-Anak

Keputusan Bella Saphira untuk pindah agama sebelum menikah dengan sang suami bukanlah hal yang mudah untuk diambil. Aktris kelahiran Magelang, 6 Agustus 1973 itu menganggap jika dirinya menganut agama yang berbeda dengan suaminya, maka hal tersebut dapat berdampak pada anak-anaknya kelak.

Melalui video Youtube yang diunggah oleh Venna Melinda, Bella Saphira mencurahkan isi hatinya,

“Sebenarnya enggak apa-apa juga berbeda keyakinan, tapi akan menjadi sulit bilamana kita harus bersama-sama, harus menjadi satu, tidak akan semudah itu kita mempertahankan perbedaan.” Ia mengungkapkan.

Perempuan dengan nama lengkap Bella Saphira Veronica Simanjuntak ini mengaku bahwa sejak kecil ia berpegang teguh pada prinsip yang diajarkan ayah dan kakeknya, yakni anggota keluarga harus menjadi satu.

Hal ini juga berkaitan dengan latar belakang keluarganya. Bella adalah anak dari seorang perwira yang menjunjung tinggi persatuan untuk keluarganya.

“Saya lahir, tumbuh besar, dididik oleh seorang perwira. Dalam rumah tangga itu satu kesatuan adalah harus. Ayah jadi nahkoda, ibu jadi navigator.

Kalau rumah, ayah itu atapnya dan ibu tiangnya. Jadi ibu empat kaki harus kuat, ayah yang menaungi kita. Dan itu harus sama, seiya sekata,” ucapnya memberikan perumpamaan.

Selain itu, perempuan berusia 47 tahun itu juga mengatakan bahwa nikah beda agama akan membawa banyak kesulitan. Salah satunya nasib anak-anaknya memilih keyakinan untuk mereka sendiri kelak jika dirinya tidak pindah agama.

“Anak-anak juga menjadi mendua, bingung. Sekarang ini saya baru memahami setelah anak-anak sudah besar. Kalau kita tidak punya pondasi yang kuat sebagai orangtua, enggak satu, mereka belum punya permasalahan seperti kita. Mereka nggak akan menjadi kuat.” Bella menjelaskan.

Bella Saphira Nikah Beda Agama, Sempat Ditentang Orangtua

Keputusan Bella Saphira untuk pindah agama awalnya sempat ditentang oleh kedua orangtuanya. Namun berkat kegigihannya dan sang suami, kedua orangtua Bella perlahan menerima keputusan yang ia ambil tersebut.

“Dimusuhi kan karena situasi ya, tapi kan batin, hati, cinta, kepala, isi kepala orang tua itu kan tidak membenci kita. Cuma pada saat tersebut, saya sudah punya keyakinan 50 persen itu bahwa dalam rumah tangga itu satu, tidak ada perbedaan,” paparnya.

Lewat video tersebut, Bella Saphira ikut menitipkan pesan kepada para muda-mudi yang tengah menjalani pacaran beda agama. Menurutnya jika sudah terlihat hubungan tersebut sulit untuk berlanjut ke jenjang yang lebih tinggi, maka sebaiknya tak perlu dipertahankan.

“Kalau bisa sih jangan cari gara-gara. Kalau memang adik ini berhubungan terus berbeda keyakinan dan sudah terbaca bahwa akan sulit, nggak usah deh. Mendingan kita jangan melawan orangtua,” saran Bella.

Menurut bintang sinetron lawas Dewi Fortuna itu, ucapan orangtua adalah doa. Sehingga akan lebih baik untuk tak mempertahankan yang sia-sia.

“Jangan kita berbantah dengan orangtua. Karena saya merasa yakin bahwa ucapan orangtua itu hampir 99 persen diridhai oleh Allah, dibenarkan oleh Tuhan. Kita jangan menjadi bodoh untuk mempertahankan sesuatu, nanti akan sia-sia. Kalau lagi berantem pasti akan terbawa-bawa.” Ia berkata.

Itulah curhat Bella Saphira tentang nikah beda agama. Apakah Parents mengalami hal yang sama juga seperti Bella Saphira?