Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilu Ibu Bocah Kakak-Beradik Penderita Penyakit Kulit: Dari Lahir Mereka Tak Sembuh-Sembuh

Video bocah kakak-beradik bernama Muhammad Haykal Nasution (8 tahun) dan Habibah Zakira (3 tahun) yang sedang berdoa memohon kesembuhan penyakit kulit yang mereka derita, yang viral di media sosial dalam beberapa hari terakhir, turut menyita perhatian Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Ibu bocah kakak beradik itu, Khairunnisa Rangkuti (27 tahun), mengakui bahwa dirinya memang sengaja mengunggah video tersebut demi mendapat perhatian Edy.

Sebelumnya, ia mengharapkan uluran tangan dari Bupati Mandailing Natal, namun harapannya tak kesampaian.

"Waktu (saya unggah) video Haykal dan Zakira sedang berdoa, baru (dapat) respon dari Bapak Gubernur. Tetapi di bawah postingan itu saya kasih keterangan, 'mudah - mudahan dilihat Bapak Gubernur Sumut'," ujar Khairunnisa saat ditemui Indozone di Rumah Sakit Haji Kota Medan, Senin (5/7/2021).

Berdoa seperti yang tampak dalam video tersebut bukanlah yang pertama kali dilakukan bocah kakak beradik itu. Saban malam menjelang tidur, mereka selalu berdoa, meminta kepada Yang Maha Kuasa untuk mengangkat penyakit mereka.

"Dari kecil memang sudah saya ajari mereka berdoa sebelum tidur. Akhirnya, doa itu pun didengar Tuhan dan video itu sampai ke Bapak Gubernur," kata Khairunnisa.

Dengan bantuan Gubernur Edy, Haykal dan Zakira kini dirawat di Rumah Sakit Haji Medan. Khairunnisa sangat berharap penyakit kulit yang menyerang kedua anaknya bisa disembuhkan.

"Penyakit ini sudah menyerang anak saya sejak mereka bayi. Makin bertambah umur makin parah. Sudah empat rumah sakit yang menangani anak saya, tapi gak sembuh juga," katanya.

Haykal dan Zakira sendiri, menurut ibunya, lahir dan besar di lingkungan yang bersih. Namun entah bagaimana, kedua anaknya itu terserang penyakit kulit yang masih misterius itu.

Yang membuat Khairunnisa bingung dan sedih, setiap rumah sakit yang pernah menangani anaknya, masing-masing memberikan diagnosa yang berbeda-beda.

Sampai saat ini, belum ada dokter ataupun rumah sakit yang bisa menyimpulkan dengan tepat penyakit kulit jenis apa yang menderita kedua buah hatinya.

"Beda dokter beda juga diagnosanya. Ada yang bilang itu karena virus kucing," ujar Khairunnisa dengan mata berkaca - kaca.

Diduga Terpapar Limbah Tambang Emas

Terpisah, Gubernur Edy menduga Haykal dan Zakira terjangkit penyakit kulit langka tersebut karena terpapar limbah merkuri tambang emas ilegal yang ada di Mandailing Natal.

Dugaan tersebut didasarkan pada fakta bahwa tempat tinggal mereka tidak jauh dari lokasi tambang emas.

"Kalau dilihat dari posisi desanya, mungkin itu," kata Edy kepada wartawan, Senin (5/7/2021).

Edy mengatakan, pihaknya telah membentuk tim khusus untuk menangani Haikal dan Zakira.

"Untuk memastikan penanganan kedua ananda ini, saya juga sudah bentuk tim khusus yang dipimpin oleh dokter anak Inke Lubis. Jadi nanti tim ini akan mencari tahu apa penyakit yang diderita anak-anak ini," katanya.